Roti Goreng Pandan Selai Srikaya



roti goreng pandan srikaya

Ini ceritanya saya buat roti goreng pandan dengan isian selai srikaya, nah rasanya memang pas kalau pandan itu disandingkan dengan srikaya, halah..itu menurut saya loh ya. Jadilah untuk melengkapi bahan pembuatan roti ini, saya beli dulu selai srikaya, secara sampai saat ini saya masih belum mood mencoba membuat sendiri selai srikaya, entah kapan moodnya datang.

Hmmm sejak dapat email dari mas Firman dari Primera Panko, yang menawari saya untuk mencoba tepung roti dari primera, wah tentu saja saya terima donk ya, setelah pastinya baca-baca dulu produknya di website  Primera Panko.

Primera Panko sendiri diproduksi oleh PT. Primera Panca Dwima. Nah Tepung roti PRIMERA PANKO adalah Japanese breadcrumb bermutu tinggi yang cocok digunakan untuk Industri, Retail dan Horeka (hotel, restoran kafe).
 
Proses Teknologi dengan oven elektroda menghasilkan tepung roti dengan karakter khas Tepung Roti Jepang atau Japanese Breadcrumb (JBC). Serat roti yang halus, berbentuk memanjang atau dikenal dengan istilah 'needle shape', serta struktur yang berongga, hmmm jadi penasaran ingin menjajal tepung roti Primera ini. Oh iya sekedar informasi, Primera Panko ini sudah mengantongi label halal MUI ya, jadi no worry ya...
 
primera panko breadcrumbs
 
Kebetulan sudah cukup lama tidak menyetok tepung roti, dan biasanya saya beli tepung roti di toko bahan kue, tepung roti orange, tapi sampai saat ini saya lupa tanya merknya apa ke si koko di tbk. Sebelum tahu kalau tepung roti ada dijual di tbk, saya selalu beli tepung roti di swalayan dan biasanya merk mamasuka saja yang ada, nah barusan kemarin malam, saya lihat di swalayan dekat rumah ada juga yang merk kobe.

Nah begitu tepung rotinya datang, ternyata ada 3 jenis yang dikirim dari Primera, yaitu yang berwarna putih, orange dan hijau, masing-masing kemasan 250gr. Wah baru ini saya lihat tepung roti hijau, wah jadi teringat ebi furay-nya chef Martin Yan, hijau cantik karena tepung rotinya warna hijau. Jadinya tepung roti hijau ini yang pertama kali saya coba. Lain kali saya coba yang orange dan putih, secara sudah banyak resep menggunakan panko ini yang ingin saya coba, hmmmm semoga tidak malas...

Untuk roti goreng ini, saya masih suka dengan tekstur roti goreng yang sudah beberapa kali saya buat, misalnya roti goreng luti gendang atau roti goreng isi kari ayam sayuran. Nah resep roti kali ini kurang lebih sama, hanya sedikit modifikasi. Mengenai rasanya..enak, lembut dan yang pasti tidak perlu sampai mengulen, jadi roti yang tanpa ulen begini yang saya sukaaaa...pakai banget..

Untuk rasa pandan dan warna hijaunya, saya menggunakan pasta pandan, hmmm karena ini tidak menggunakan air di resepnya, jadi kalau mau digantikan air perasan daun pandan sepertinya susah ya, perlu dimodifikasi lagi resepnya, misalnya gunakan saja kuning telurnya saja dan berat putih telur diganti dengan air pandan. Walaupun belum pernah coba, saya rasa inilah modifikasi resep yang bisa jadi altenatif jika ingin menggunakan air perasan daun pandan. 

Nah bagaimana kalau panko hijau tidak ada? kalau tidak ada, sah-sah saja kok menggunakan panko putih atau orange, jadi tidak menutup kemungkinan mencoba resep roti ini tanpa panko hijau, ya kan... penggunaan tepung roti hijau ini hanya untuk mendongkrak  penampilan, he he he....

Kalau menggunakan panko hijau, harus lebih hati-hati menggorengnya, tidak boleh menggunakan api besar dan tidak boleh terlalu lama, kalau terlalu lama, warnanya akan coklat, ya percuma donk ya tepung roti warna hijau juga. Jadi kalau menggoreng roti dengan tepung panko hijau, harus stand by depan kuali, he he he...mata tidak boleh berkedip, ha ha ha... bercanda dink...

Tadinya, di awal menggoreng, saya coba satu buah, nah masih menyesuaikan panas, ternyata api yang saya gunakan masih terlalu besar, jadinya sempat kecoklatan tuh rotinya, hijaunya jadi samar, hmmm jadi atur api lagi pakai yang kecil, supaya selain warnanya tetap cantik hijau, bagian tengah roti pun akan matang, dan berhasil...jadi gunakan api kecil saja ya untuk menggoreng roti ini.

Okey deh, lanjut ke resep sekarang ya, ini dia...silakan...

Roti Goreng Pandan Selai Srikaya
untuk 7 buah roti ukuran sedang

Bahan roti :
  • 100 gr tepung terigu protein tinggi (saya gunakan merk cakra kembar)
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh ragi instan
  • 1/8 sendok teh garam
  • 1 butir telur
  • 30 ml santan instan
  • 1/2 sendok makan margarin
  • 1/4 sendok teh pasta pandan

Bahan isian :
  • selai srikaya secukupnya, kurang lebih 7 sendok teh

Bahan pencelup dan pelapis :
  • 300 ml air
  • 50 gr tepung roti Primera Panko (atau gunakan tepung roti lainnya)

Cara membuat :
  1. Di mangkuk, campur tepung terigu, gula pasir, garam dan ragi instan, aduk asal rata dengan sendok, tambahkan telur dan santan instan, aduk dengan tangan dialasi plastik atau tangan bertabur tepung tipis hingga tercampur rata (kurang lebih 1 menit), masukkan margarin, aduk hingga adonan tercampur dan lembut (kurang lebih selama 2 menit), tambahkan pasta pandan, aduk lagi hingga tercampur rata (kurang lebih selama 2 menit), bulatkan dan tutup adonan, diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga mengembang kurang lebih 2x semula (catatan : adonan sangat lembut dan cukup lengket, taburi tangan dengan tepung tipis)
  2. Kempiskan adonan, bagi menjadi 7 bagian, berat kurang lebih 30gr, bulatkan masing-masing adonan di alas bertabur tepung tipis, letakkan bulatan di wadah bertabur tepung tipis, lakukan sampai selesai
  3. Ambil satu bulatan yang pertama kali dibulatkan, pipihkan dengan tangan, isi dengan selai srikaya kurang lebih sebanyak 1 sendok teh, tutup dengan hati-hati supaya selai tidak keluar, bulatkan lagi perlahan, celupkan ke dalam air lalu balurkan ke dalam tepung roti, letakkan di wadah, lakukan sampai selesai dan beri jarak masing-masing, diamkan selama kurang lebih 20 menit
  4. Siapkan penggorengan, panaskan lalu isi dengan minyak cukup banyak, kecilkan api lalu goreng roti hingga mengembang dan kelihatan garing tetapi masih kehijauan, balik dan goreng sebaliknya sampai kehijauan, angkat dan tiriskan, lakukan sampai selesai
  5. Siap dinikmati hangat
    cara membuat roti goreng pandan


Nah semoga resep roti goreng pandan selai srikaya ini bisa bermanfaat ya, silakan  mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


resep roti goreng pandan


Selamat mencoba....



NewerStories OlderStories Home

10 comments:

  1. Hi monica,
    wah cantik banget ya rupa rotinya..
    kemas aje outcomenya ..kayaknya seperti pau goreng
    tapi yang ini versi isinya kaya...memang sedap rasa pandan dan kaya..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak Ayu,
      iya kak cantik rupanya ya...hijau...he he he...
      benar kak, ini versi isi kaya, memang sedang kaya dan dan pandan..pasangan serasi, he he he..

      Delete
  2. Hmmm... looks so yumm...
    P kbr bunda shofie...?

    Klihatan mnggoda skl roti'y ya...
    Sy setuju kl pandan ya jodohnya selai sarikaya... klop bgt...
    Hehe...
    Ini bs smp kriuk gitu ya bund?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo tante Lina, lama tidak muncul neh...gimana kabar dede Fabi, wah pasti sudah gede ya...

      iya mba Lina, memang pandan dan kaya itu klop, he he he.. iya mba..roti ini lembut di dalam tapi kriuk di luar, jadi seru makan roti gini..trus kegigit lelehan selai srikaya, nyam2...

      Delete
  3. Wah, kalau ini bener - bener membuatku penasaran mbak,,, soalnya saya belum pernah makan yang beginian,,,, Kalau buah srikaya tow biasa tak konsumsi dalam bentuk buah dan itu rasanya enak banget,,,, lalu kalau pandan itu biasa untuk ngolak, wanginya ituloh mbak,sungguh enak sekali,,,, pernah kemarin menanam di pinggir rawa, tapi tumbuhnya sangat banyak sekali dan mudah tumbuh,,,, hmmmm rotinya enak pastinya,,, :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mas ini enak rotinya, tapi yang dimaksud selai srikaya ini bukan selai dari buah srikaya, tapi dari paduan telur dan santan yang dimasak, nah sudah kebayang enaknya kan... selai srikaya ini biasa disebut hanya kaya...nah enaknya memang dipadukan dengan roti, dipadukan dengan roti pandan...makin sipppp

      wah mantap mas kalau tanam srikaya dan tumbuhnya banyak gitu, kalau panen enak ya...banyak, he he he

      Delete
    2. Eow gitu tow mbak? tak kira dari buah srikaya ew, hehehe...
      Bukan tanaman Srikayanya mbak yang banyak, tapi tumbuhan pandannya, hehehe

      Delete
    3. wakakak...kirain srikayanya yang jadi banyak....salah tanggap..

      Delete
  4. Halo mbak, rotinya sangat cantik sekali warna hijaunya, kebetulan saya suka warna hijaunya. Dan dimana supermarket yg jual tepung panko yg warnanya hijau itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Siska, terima kasih mba.. he eh mba saya juga suka dengan warna hijaunya

      tuh dia mba, saya belum pernah lihat di supermarket ada jual tepung panko ini, sepengetahuan saya di Batam tidak ada, nah entah kalau di daerah lain

      kalau mba mau, coba mba lihat link website primera panko di postingan saya di atas, di sana ada kontak yang bisa dihubungi, atau kalau mba mau, coba mba tanya mba Diah Didi, buka saja blog www.diahdidi.com, disana ada kontak mba Diah..sepengetahuan saya mba Diah jual tepung panko ini

      semoga membantu ya mba dan semoga ada pankon hijau ini

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.