Memasak Dengan Bumbu Dasar : Ayam Masak Kemangi



resep ayam masak kemangi

Okey deh masih dengan tema bumbu dasar, menerapkan penggunaan bumbu dasar dalam masakan sehari-hari dan sangat cocok digunakan ketika Ramadhan yang membutuhkan proses cepat dalam memasak. Kali ini saya coba membuat ayam masak kemangi, dan bumbu dasar yang digunakan adalah campuran bumbu dasar kuning dan bumbu dasar merah, setelah sebelumnya membuat sambal goreng kentang dan telur puyuh.

Resepnya ya mirip dengan resep ayam kemangi yang pernah saya posting di sini ya, dan selalu samalah untuk ayam kemangi yang saya buat. Dengan tambahan serai, daun jeruk, tomat, daun bawang dan tentu saja kemangi. Hanya bedanya di sini, tidak perlu mempersiapkan bumbu halus, tinggal menyendokkan bumbu dasar saja.

Setelah saya posting resep 4 macam bumbu dasar, ada neh pertanyaan, tahan berapa lama, di kulkas, di suhu ruang dan di freezer. Nah yang saya bisa jawab sekarang, kalau di kulkas tahan kurang lebih selama 1 minggu, itu berdasarkan hasil googling di sana sini, tetapi untuk lebih jelasnya tentu menunggu ya, sembari bumbu dasarnya saya pakai tiap hari, he he he... semoga belum habis bumbunya sebelum tahu tahan berapa lamanya.

Untuk di suhu ruang, saya belum coba ya, karena memang setelah dingin bumbu-bumbu ini saya masukkan ke dalam toples kaca, saya tutup rapat dan masukkan ke dalam kulkas. Begitu saya butuh, saya keluarkan, saya ambil secukupnya dan saya simpan kembali di dalam kulkas.

Untuk penyimpanan di freezer, saya belum coba juga, tahan berapa lama, apakah mengubah rasa, jadi ke depan, saya akan coba juga ketahanan di suhu ruang dan di freezer. Nah yang punya pengalaman, boleh donk sharing di sini, dan pasti berguna juga buat yang lain.... jadi ceritanya saya berharap neh ada yang mau kasih unjuk pengalaman tentang bumbu dasar ini.

Nah untuk mengambilnya saya menggunakan sendok kering dan bersih, untuk satu bumbu dasar ya satu sendok, tidak saya gunakan sendok yang sama. Tujuannya memang untuk mencegah terkontaminasi.

Membuat masakan dengan bumbu dasar, tentu sedikit lebih cepat, terasa lebih ringan sedikit. Jadi kalau saya boleh katakan memang membuat perkerjaan kita di dapur lebih cepat kita kerjakan. Tapi bagi yang suka menikmati proses kupas mengupas bawang dan bumbu, seperti halnya saya kalau saya sambil menonton serial CSI, maka tentu proses ini tidak ada ya....hanya di awal saja, jadi puas-puaskan mengupas bawang sambil menonton TV, he he he...

Bicara tentang CSI (Crime Scene Investigation), ada juga tidak emak-emak yang doyan nonton CSI ya? kan emak-emak rata-rata sukanya drakor, yang sampai saat ini saya tidak pernah satu kali pun menonton drakor sampai habis. Hanya sesekali lihat di TV, dan ikutan nebeng nonton, jadi kalau ditanya drakor ya tidak tahu, he he he...

Nonton CSI itu seram-seram tapi membuat penasaran, neh karena dari dulu saya suka hal-hal yang berbau kasus pemecahan pembunuhan, jadi selalu tertarik dengan cerita-cerita begini, bagaimana para detektif mengumpulkan data, menganalisa sampai akhirnya ketahuan siapa yang bertanggung jawab. Jadi, sebut saja CSI Miami, dengan kepala crime labnya Horatio McLane, CSI New York - Mac Taylor, CSI Las Vegas - DB Russell, yang sebelumnya Gill Grissom. Semua saya suka....  dan senangnya kalau ada season terbaru, belum juga sampai saat ini, masih mentok di season 15... duh bertahan lama ya... tokoh-tokohnya pun bertambah usia...

Ahai...cukup deh cerita CSI-nya...kembali lagi kepada resep ayam masak kemangi ini, nah di resep ini saya tambahkan sedikit air saja, yang suka lebih berkuah, silakan ya disesuaikan jumlah airnya sesuai selera, jangan lupa dirasa lagi garamnya, karena tentu semakin banyak air, ya semakin hambar donk kalau takaran garam tidak ditambah.

Yang suka gula, silakan tambahkan gula sesuai selera, karena selera kami di rumah, masakan begini selalu tanpa gula. Monggo, resep begini tidak pakem, kembali lagi selera yang bicara.

Yuk, langsung ke resep sekarang....silakan...

Ayam Masak Kemangi
silakan lihat resep bumbu dasar di 4 bumbu dasar

Bahan :
  • 500 gr ayam, potong-potong sesuai selera (saya gunakan bagian paha atas dan tanpa kulit)
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 buah tomat ukuran sedang, masing-masing bagi 6
  • 1 batang daun bawang, iris tebal kurang lebih 1-2cm
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 genggam kemangi
  • 20 butir cabai rawit hijau, utuh
  • 250 ml air
  • 3 sendok makan bumbu dasar kuning
  • 1 sendok makan bumbu dasar merah
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
  1. Cuci bersih ayam, kucuri dengan air jeruk nipis, aduk rata dan diamkan selama kurang lebih 15 menit, bilas, sisihkan
  2. Tumis daun jeruk dan serai sampai berubah warna dan harum, masukkan bumbu halus, aduk rata dan tumis kembali sampai harum
  3. Masukkan potongan ayam, aduk rata dan masak hingga berubah warna, tambahkan air, masukkan cabai rawit utuh dan tomat, masak hingga ayam matang, tambahkan daun bawang dan garam, aduk rata kembali, cicipi rasanya
  4. Sesaat sebelum diangkat, tambahkan kemangi, aduk rata
  5. Siap dihidangkan

bumbu dasar ayam kemangi

Nah semoga resep ayam masak kemangi dengan bumbu dasar ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera....


Selamat mencoba....


NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Mbak Monica kayaknya gemar banget masak masakan tentang daun kemangi. Aku suka mbak, apalagi masaknya pakai serai. Kayak apa tuh rasanya? enak pasti....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, hobi neh pakai daun kemangi, habis enak mas, harum khas kemangi itu loh..
      pakai serai mas...makin mantap rasanya he he he

      Delete
  2. Penasaran rasanya mbak, belum pernah nyobain kalau ayambdi tumis kamangi..bisanya cuma ayam lalap kemangi aja.

    Oh ya, mbak aku selalu suka sama foto2nya...coba bumbunya kapan2 juga di foto dong. Pasti tambah keren. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, ini masakan khas dari daerah Indonesia bagian timur neh, jadi memang jarang ada di daerah jawa, walaupun ada sih beberapa kalau ketemu, he he he...
      di surabaya ada kok mas warung makan ayam kemangi ini, dulu sering makan di sana, tapi ga tau masih ada pa ga sekarang

      he eh mas, kapan2 tak foto bumbu2nya...he he he terima kasih sarannya mas Inggit

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.