Puding Lumut



resep puding lumut

Masih edisi puding-pudingan dulu ya, setelah coba resep puding rintik pandan, nah kali ini saya tampilkan hasil percobaan saya yaitu puding lumut. 

Tak afdol rasanya kalau tidak ikutan latah mencoba resep puding kekinian, yups apalagi kalau bukan puding lumut atau agar-agar lumut ini. Penasaran apa saya bisa ya membuat puding lumut yang cara dan bahan-bahannya sangat mudah ini, dan ternyata bisa saudara-saudara, percobaan pertama langsung sukses.

Pada dasarnya memang puding lumut ini mirip agar-agar santan gula merah, nah karena eh karena sudah lama sekali tidak buat puding yang berpisah begini, makanya cari contekan dulu ya... nah beberapa hari yang lalu lihat mba Rina Audie posting resep puding lumut ini, ya sudah daripada bingung pakai resep yang mana, pakai resep puding lumut-Dapur Manis saja deh. Terima kasih resepnya ya mba...

Membuat puding kali ini tetap dengan sedikit modifikasi dari saya, ya menyesuaikan bahan yang ada saja di dapur, walaupun beda tipis tapi tetap bisa donk membuat puding lumut ini. Untuk hijaunya saya gunakan pasta pandan saja, secara lihat stok daun pandan tinggal 3 lembar, tidak punya daun suji lagi, hmmm penyelamat, pasta pandan. Jadi jus pandan dan daun suji saya ganti dengan air yang diberi pasta pandan.

Santan yang saya gunakan adalah santan instan saja, jadi tinggal campur santan instan kemasan 65 ml sebanyak 2 buah lalu dicampur air hingga takaran sesuai resep.

Untuk takaran gula di resep menurut saya pas, tidak begitu manis, nah kalau manis ini sesuai selera ya, silakan kurangkan atau tambahkan gula di resep sampai sesuai dengan selera. 

Nah untuk cetakan, silakan gunakan cetakan yang ada, saya gunakan cetakan silikon dan beberapa saya tuangkan ke dalam cup plastik kecil.  Menghasilkan 6 buah puding cetakan silikon dan 9 buah puding cup.

Yukkk... mari langsung ke resep ya...

Puding Lumut

Bahan :
  • 200 ml jus pandan (dari 10 lembar daun suji dan 5 lembar daun pandan, yang ini saya gunakan 200 ml air + 1/4 sendok teh pasta pandan)
  • 1 bungkus agar-agar bubuk plain, kemasan 7gr
  • 125 gr gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 700 ml santan dari 1/2 butir kelapa parut (saya gunakan 2 sachet santan instan @65ml + air hingga menjadi 700ml, aduk rata)
  • 1 butir telur, kocok asal rata dengan garpu


Cara membuat :
  1. Siapkan cetakan atau cup plastik yang akan digunakan, sisihkan
  2. Di panci, masukkan agar-agar bubuk, garam, gula, dan jus pandan, tuangkan santan, aduk sampai rata, masukkan telur, aduk kembali sampai rata
  3. Nyalakan api kompor dan masak hingga mendidih sambil diaduk supaya tidak meluap, begitu sudah mendidih tidak perlu diaduk lagi (pada tahap ini sudah terlihat lapisan lumutnya, terpisah dari lapisan bening)
  4. Tuangkan ke dalam cetakan, bekukan

cara membuat agar-agar lumut


resep puding lumut cup

Nah semoga resep puding atau agar-agar lumut ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera...


Selamat mencoba....



NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. waaah kemarin juga latah bikin ini, nanti deh di postingan selanjutnya tayang hehehe... haloooh Monik ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga mba Puji, wah dirimu mampir ke sini mba... jadi tersanjung... he he he..
      ai ai... ternyata mba Puji latah juga dengan puding lumut ini, okeh mba ditunggu tayangannya..

      Delete
  2. mbak Monic, aku udah coba resepnya. dimodif dikit....makasih ya mbak. Aku ngelink ke blog mbak Monic:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah akhirnya mba Yuyu buat juga neh puding lumutnya, wah pasti lebih yummy modif mba Yuyu, pake skm juga...nyam2 ngiler lihatnya
      thanks ya sudah nyoba n ngelink ke sini..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.