Sumpia Keju



resep sumpia keju

Nah sumpia adalah jenis makanan atau cemilan yang buatnya lama tapi makannya sekejap mata saja, he he he... Setelah dulu pernah buat yang versi sumpia abon, hmmm kali ini buat sumpia keju, walaupun saya buat yang versi abon juga sih. 

Permintaan Sophie sih buat yang coklat juga, tapi saya malas, jadinya bujuk Sophie supaya tidak usah yang coklat ya, yang keju saja, lain kali baru buat yang versi coklat. Kalau buat 3 versi pakai yang coklat juga bisa bosan sekali saya. Ini saja mengerjakan 2 jenis ini yang tidak terlalu banyak cukup bosan dan menyita waktu.

Tapi hasilnya hmmm boleh tahan, rasanya enak. Kalau beli yang versi enak begini, wah bisa mahal tuh, kalau mau yang murah rasanya sedikit aneh dan tidak memuaskan. Padahal sumpia ini sih bahannya tidak banyak, hanya memang membuatnya itu yang cukup lama. Tapi kalau tiap hari buat beginian, misalnya yang punya usaha snack sumpia ini tentu bukan hal yang susah ya, membuatnya pasti lebih cepat.

Oh iya, kemarin sempat ke swalayan, nah mulai deh melihat-lihat trend kue kering dalam toples yang dijual di sana. Wuihh banyak sekali deh jenisnya, sebut saja kue yang tak pernah lekang oleh waktu, nastar, kastengels, putri salju, kue kacang, ada juga yang baru saya lihat, tahun lalu tidak ada, palm sugar cookies. Lalu ada juga coklat cornflakes yang harganya cukup mahal kalau menurut saya, hmm coba buat sendiri kan lebih mudah, lalu ada juga chocoball, ada kukis donat juga lalu tentu ada kacang-kacangan dan ada sumpia abon...

Pokoknya kalau melihat toples-toples berisikan aneka macam kue kering dan snack tersebut, lapar mata... nah karena saya paling malas buat kacang-kacangan, dan bapaknya Sophie hobi makan kacang, jadilah kami membeli kacang 3 jenis, kacang thailand, kacang telur dan kacang bawang.

Nah yang mau mempersiapkan sajian di toples untuk hari raya nanti, bisa donk kalau ada waktu membuat sumpia keju atau abon ini. Itu kalau tidak malas ya... daripada beli, lebih baik buat, rasanya lebih enak. Hanya memang harus menyediakan waktu yang cukup banyak ya, tapi kalau ada tenaga bantuan dan mengerjakannya keroyokan malah lebih enak tuh.

Okey deh, saya tampilkan resep sumpia keju ini ya, siapa tahu bisa menginspirasi yang mau membuat sendiri sumpia keju ini, atau malah membuat sumpia abon, beda di isi saja. Untuk kulitnya sih bisa menggunakan kulit lumpia bundar yang ada di pasaran, atau kalau mau lebih praktis, gunakan kulit spring roll pastry atau kulit popiah, banyak dijual di swalayan di bagian makanan beku, atau ada juga di pasar. Yang saya gunakan kali ini yang ukuran kecil, 12.5cm x 12.5cm, dan 1 lembar saya bagi 4 bagian.

Nah karena kulitnya ini beku, jadi kalau belum mau diolah, masukkan ke dalam freezer ya, begitu akan diolah, keluarkan dari freezer, biarkan hingga kulit mulai melunak. Supaya mudah membagi menjadi 4 bagian, ambil beberapa lembar kulit spring roll ini yang masih menempel, lalu bagi 4 bagian menggunakan gunting, baru deh satu persatu dilepaskan.

sumpia abon dan sumpia keju

Yuk mari, ini dia resepnya...

Sumpia Keju

Bahan :
  • kulit popiah/spring roll ukuran kecil 12.5cmx12.5cm secukupnya
  • keju cheddar parut, secukupnya
  • air untuk merekatkan
  • minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
Keluarkan kulit spring roll dari freezer, biarkan lunak, ambil beberapa lembar sekaligus, potong 4 bagian dengan gunting, lepaskan kulit satu persatu. Isi dengan keju parut di salah satu ujung kulit, gulung sedikit, lipat amplop dan gulung hingga habis, rekatkan ujungnya dengan menggunakan air. Lakukan sampai selesai, goreng hingga garing dan kuning kecoklatan dengan api kecil, angkat dan tiriskan, dinginkan dan simpan di wadah kedap.

cara membuat sumpia



Nah semoga resep yang sangat mudah ini yaitu sumpia keju bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya..

Silakan juga lihat resep sumpia abon dengan menggunakan kulit spring roll ukuran besar

resep sumpia keju praktis

Selamat mencoba....




NewerStories OlderStories Home

14 comments:

  1. Eh mbak, Sumpia dengan lumpia itu beda ya?
    Hahaha, kalau enak ya mahal mbak,,, Apalagi ini masaknya yang memerlukan waktu yang cukup lama.... Enyak - enyak, ting

    ReplyDelete
    Replies
    1. sumpia itu lumpia mini mas, isinya juga ga basah kayak lumpia..
      iya mas..beneran enak ini..ting..

      Delete
  2. waaah idenya briliaaaan! kebetulan punya spring rolls, nanti mau buat juga aaah tfs ya Moniiic ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Puji sama-sama, selamat mencoba ya...

      Delete
  3. Mbak Monic,enak mana isi abon atau isi keju.Ngiler liatnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. dua2nya enak mba Yuyu... tapi kalau anakku Sophie, sukanya keju secara dia suka keju, begitu sudah digoreng kan tercampur tuh, tau aja dia mana yang keju mana yang abon he he he..

      Delete
  4. Hi Monica,
    waduh rajinnya buat cemilan yang halus2 ni..
    memang betul nak buatnya lama baru siap makannya tak samapi 1 minit sudah hilang..heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih kak, kalau sedang rajin ya begini ini, tahan membuat cemilan yang lama dibuat tapi cepat habis ini...he he he..

      Delete
  5. Hai mba monic. . .mau nanya dong ini kan di goreng ya sumpianya. Gimana sih tipsnya biar sumpianya g trll berminyak bgt dan awet lama? Makasii^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Oseana, supaya ga terlalu berminyak gunakan tisu atau kertas yang menyerap minyak mba, lalu gunakan minyak yang baru, nah ada lagi yang pakai minyak padat, mirip mentega putih, tapi ini belum pernah saya coba, mba boleh tanya di toko bahan kue terdekat, biasanya ada yang jual minyak padat ini, selain gorengan tidak terlalu berminyak juga bisa tahan lama kriuknya dengan minyak padat ini
      semoga membantu ya jawaban saya..terima kasih sudah mampir ,mba..

      Delete
  6. Mbk, itu kejunya enak yg pakai keju parut atau keju leleh??

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak semua mba Siti... pemakaian keju sesuai selera saja, kalau menggunakan yang leleh tentu saja kalau masih panas kejunya bisa ngaret begitu

      Delete
  7. Mbak Monic,

    saya sudah coba nih resepnya. Bener-bener butuh kesabaran bikinnya. Saya ada beberapa pertanyaan nih, Mbak.
    1. Tip menggunakan kulit lumpia gimana ya, Mbak? Saya kan pakai kulit lumpia beku merk Finna. Pas beku, ditunggu "mencairnya", malah kulit lumpianya kering. Untuk menghindari hal ini gimana ya mbak?
    2. Tip menggoreng sumpianya. Saya goreng ga terlalu gosong, eh dalamnya masih putih gitu. Parahnya, pas dimakan besoknya jadi alot. Adakah tip menggoreng yang benar?

    Terima kasih banyak Mbak Monic. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Yenni, benar banget mba, butuh kesabaran tingkat tinggi, buatnya lama, eh makannya sekejap saja ha ha ha..
      1. Ketika proses thawing itu, biarkan kulit lumpia di dalam kemasannya mba supaya tidak terkena udara langsung, kalau terkena udara langsung jadinya kering malah susah dipakai dan retak2 deh, atau kalaupun masih kering basahi tangan dengan sedikit air, tepuk-tepuk perlahan kulit lumpia atau oles air dengan kuas
      2. Gorengnya menggunakan api kecil saja mba, jadi bagian luar tidak gosong tapi bagian dalam pun sudah cukup garing. Biasanya kalau sudah garing luar dalam tidak akan alot kalau sudah besoknya karena sudah garing, oh iya penyimpanan begitu sudah dingin masukkan ke dalam wadah kedap

      kurang lebih seperti itu mba Yenni, maaf agak lama ya saya balas komentar mba Yenni, semoga membantu ya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.