Cheddar Garlic Knots (Tanpa Ulen)



cheddar garlic knots tanpa ulen

Jiah.... roti lagi...roti lagi... upsss maaf ya, secara pemilik blog sedang keranjingan membuat aneka roti, mumpung sedang ada tepung dan bahan-bahan lain dan yang penting sedang mood memanggang. Nah kali ini adalah resep cheddar garlic knots yang saya buat tetap tanpa ulen. Kalau dalam bahasa kita sih ini roti keju bawang putih yang berbentuk simpul. Jadi bolehlah ya pakai istilah asing, biar menyingkat kata, halah....

Tadinya saya tidak mau membuat bentuk simpul begini, saya berpikir akan lama, timbang-timbang, bentuk bulat atau knots ya, tapi kalau bentuk bulat, ya itu-itu lagi deh. Hmmm akhirnya saya putuskan bentuk knots saja, dan ternyata tidaklah susah kok.

Kalau menurut saya, kejunya tidak begitu berasa, secara saya ini suka yang ngeju-ngeju, tapi rasa kejunya sudah ada sih, hanya tentunya lebih enak kalau pakai keju edam kali ya...hanya sayang sudah lama sekali tidak menyetok keju edam. Tapi tenang walaupun begitu dengan keju cheddar sudah cukup enak untuk kategori garlic cheese bread.

Oh iya, membuat roti ini juga sempat bingung, kasih topping lagi tidak ya? secara kan bawang putih dan irisan daun seledri serta keju sudah dicampur di adonan, terlalu berlebihan tidak ya kalau diberi topping lagi, sudah siap dengan keju, parutan keju, bawang putih kupas dan daun seledri, tapi setelah saya pikirkan lagi, tidak perlu topping lagi deh.

Yang mau mencoba resep roti knots ini, silakan saja ya menambahkan topping sesuai selera, sepertinya lebih mendrongkrak penampilan. Tapi yang suka simple, monggo tanpa topping lagi seperti yang saya lakukan.

Nah setelah sebelumnya coba beberapa resep roti tanpa ulen dengan tambahan telur ataupun kuning telur, hmmm saya belum bosan lagi membuat roti beginian. Tadi saya sempat tanya Sophie, suka mana roti garlic ini dibanding roti yang bulat buat burger, nah ini jawaban Sophie, Pipi suka roti buat burger. Ya mungkin karena ada bawang putihnya kali ya, memberi rasa tajam dan bau menyengat bawang putih. Tapi bagi saya yang suka aroma bawang putih, enak nih roti...he he he... malah lain kali kalau buat lagi bawang putihnya mau saya perbanyak, mabok bawang...mabok deh..

Untuk tekstur roti, sama lembutnya, jadi yang membedakan hanya di rasa saja. Oh iya kali ini saya bagi adonan menjadi 10 bagian dengan berat kurang lebih 45 gr, besar kecil ukuran roti sesuaikan saja dengan selera ya. 

Yang tertarik membuat cheddar garlic knots yang sangat mudah ini, berikut resep cheddar cheese garlic knots no knead ya... silakan...

Cheddar Garlic Knots
untuk 10 buah

Bahan :
  • 125 ml susu cair hangat
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 150 gr tepung terigu protein tinggi, misal merk cakra kembar
  • 50 gr tepung terigu protein rendah, misal merk kunci biru (masih kehabisan, jadi saya pakai tepung terigu protein sedang, misal merk segitiga biru)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 butir kuning telur
  • 1 sendok makan margarin, lelehkan
  • 5 siung bawang putih, cincang
  • 3 batang seledri, iris halus
  • 50 gr keju cheddar, parut

Bahan olesan  :
  • 1 kuning telur + 1/4 sendok teh madu
Cara membuat :
  1. Di mangkuk cukup besar, tuang susu cair hangat, beri gula, aduk sampai gula larut. Taburkan ragi instant, tunggu sampai ragi instant larut kurang lebih 5 menit, lalu aduk dengan sendok sampai tercampur rata (kalau saya diamkan dulu lagi kurang lebih 5 - 10 menit sampai mucul gelembung-gelembung di permukaan yang menandakan ragi masih aktif)
  2. Di mangkuk yang lain campur terigu, gula dan garam, masukkan ke dalam larutan ragi instan, tambahkan kuning telur, aduk hingga membentuk adonan yang kenyal (saya gunakan sendok kayu)
  3. Beri mentega/margarin cair, aduk kembali dengan sendok kayu sebentar, lalu supaya rata saya aduk dengan tangan (mirip menguleni hanya tetap di dalam mangkuk dan hanya sampai tercampur rata, kira-kira selama kurang dari 1-2menit saja)
  4. Masukkan bawang putih cincang, keju cheddar parut dan irisan daun seledri, aduk rata kembali
  5. Bentuk bulat adonan, tutup dengan plastik wrap (saya tutup dengan piring plastik saja), diamkan selama kurang lebih 20 menit
  6. Setelah 20 menit, kempiskan adonan, bulatkan kembali adonan dengan cara menarik bagian atas ke bawah sehingga membentuk bola. Lalu fermentasikan lagi selama 20 menit. Lakukan sampai 3 x proses ini, jadi total waktunya 1 jam ya
  7. Setelah proses 3x fermentasi, kempiskan adonan, bagi menjadi 10 bagian, dengan berat kurang lebih 45 gr, bentuk panjang kurang lebih 20cm, lalu simpulkan. Letakkan di dalam loyang bersemir margarin, biarkan selama kurang lebih 15-20 menit hingga mengembang
  8. Sementara itu panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius. Olesi permukaan roti dengan bahan olesan
    cara membuat cheddar garlic knots
    gbr kiri atas, adonan setelah selesai diaduk rata, siap didiamkan
  9. Panggang selama kurang lebih 12- 15 menit atau sampai permukaan roti kecoklatan
  10. Angkat dan dinginkan, siap disajikan

Catatan : adonan cukup lengket, taburi tangan dan meja kerja atau alas dengan sedikit tepung

resep cheddar cheese garlic knots no knead

Nah semoga resep cheddar garlic knots tanpa ulen ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera...


Selamat mencoba....



NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Biyuh biyuuuhhh bikin ngeces. Asli drooling diriku liat tekstur rotinya. Keliatan lembut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. alooo mba Rina.... bener mba lembut ini rotinya he he he...

      Delete
  2. Hmm... Terbayang bau harum garlic dan gurihnya keju ��
    Jadi ingin coba!! Btw, roti ini rasanya lebih ke arah gurih atau manis?

    - E.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba E, ini rotinya cenderung gurih rasanya, karena selain menggunakan keju, adonan rotinya juga tidak menggunakan banyak gula, hanya 1 sendok makan

      Terima kasih sudah mampir mba...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.