Roti Pisang Keju Coklat (Tanpa Ulen)



resep roti pisang keju coklat

Halu-halu... masih tetap belum bosan dengan roti-rotian, nah kali ini saya share resep roti pisang keju coklat, secara sepertinya memang saya belum pernah buat roti pisang, nah mumpung masih semangat ngeroti, jadi coba buat roti pisang keju coklat saja.

Sebelum saya lanjut ke resep, saya mau beritahu neh, kalau roti yang saya buat kali ini tidaklah memuaskan, overbaked kalau istilah kerennya. Jadi permukaan roti terlalu gelap, walaupun dari segi tekstur tetap lembut. Ceritanya roti ini terlalu lama di oven, nah kan karena roti masih di dalam oven dan saya harus menjemput Sophie, jadi saya titip bapaknya Sophie, jam 10 pas matikan oven ya, jangan lupa. Pergilah saya menjemput Sophie.

Begitu pulang ke rumah, langsung lihat roti di dalam oven, alamak, rotinya gelap semua..langsung curiga neh jangan-jangan kelupaan mematikan oven jam 10 pas, tapi bapaknya katakan kalau jam 10 kurang 1 menit sudah dimatikannya ovennya. Tetapi tetap terlalu gelap permukaannya, ya memang sih saya lupa pesan kalau loyang rotinya keluarkan dari oven, jadi rotinya masih terpanggang dengan sisa panas oven... hadeuh..

Bapaknya Sophie sesekali tertawa, bagaimana rotinya enak? bagus? lalu dia ikutan cicip rotinya, diambil satu buah, lalu komentarnya, tidak apa-apa kok, rotinya enak kok, kalau istilah-istilah masak di TV itu crunchy... crunchy di luar lembut di dalam, begitu lagi katanya. Hmmm lebih enak begini kok, saya malah suka yang begini, katanya lebih lanjut, berkata sambil senyum-senyum. Duh yang tadinya kesal, muka merengut karena tidak sesuai dengan yang saya harapkan, akhirnya saya tertawa juga, ya sudahlah...ambil yang sedikit lebih terang dari yang lain buat difoto.

Tetapi memang rotinya tetap empuk kok, hanya memang ada bagian yang sedikit gelap agak renyah crunchy. Ya sudahlah, yang penting masih bisa dimakan, dan rasanya tetap enak. Beginilah ya yang namanya memanggang, memasak, jangan pernah ditinggalkan dan dititipkan, syukur-syukur kalau hasilnya bagus, kalau tidak, bawaan kesal... he he he...

Oh iya, walaupun neh di Batam hujan dan keadaan cukup gelap di dapur, tapi tadi sempat saya foto-foto proses membentuk rotinya, supaya ada bayangan sedikit bagaimana membentuk roti yang saya buat kali ini. 

Nah membentuk roti pisang ini, terutama yang seperti irisan di permukaannya, mirip dengan salah satu roti unyil yang salah satunya isi meses yang sebelumnya saya posting, jadi cara membentuk roti meses tersebut bisa lihat di cara membentuk roti pisang kali ini, sama saja, isi saja yang beda. 

Untuk bentuk roti pisang yang lain, caranya mirip dengan membentuk roti sosis goreng yang pernah juga saya posting resepnya. Jadi kalau bicara bentuk roti, masih begitu-begitu saja bentuk roti yang saya buat.


roti pisang keju meses


Okey deh, sekarang daripada kelamaan, lanjut ke resep ya... oh iya di resep ini resep roti masih sama ya, masih roti tanpa ulen tetapi dengan telur, roti yang menurut saya cukup lembut untuk kategori roti tanpa ulen dan merupakan resep roti favorit saya sejauh ini.

Berikut resepnya, silakan...

Roti Pisang Keju Coklat
untuk 8 buah roti
Bahan :
  • 125 ml susu cair hangat
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 150 gr tepung terigu protein tinggi, misal merk cakra kembar, golden eagle (saya gunakan merk golden eagle dari bungasari)
  • 50 gr tepung terigu protein rendah, misal merk kunci biru (masih kehabisan, jadi saya pakai tepung terigu protein sedang, misal merk segitiga biru, bola salju, saya gunakan bola salju)
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 butir kuning telur
  • 1 sendok makan margarin, lelehkan

Bahan isi :
  • 8 buah pisang berangan, masak sampai sedikit kecoklatan dengan 1 sendok makan margarin
  • keju parut secukupnya, kurang lebih 30gr
  • meses secukupnya, kurang lebih 2 sendok makan

Bahan olesan dan taburan :
  • 1 kuning telur + 1/4 sendok teh madu
  • keju parut secukupnya, kurang lebih 15 gr

Cara membuat :
  1. Di mangkuk cukup besar, tuang susu cair hangat, beri gula, aduk sampai gula larut. Taburkan ragi instant, tunggu sampai ragi instant larut kurang lebih 5 menit, lalu aduk dengan sendok sampai tercampur rata (kalau saya diamkan dulu lagi kurang lebih 5 - 10 menit sampai mucul gelembung-gelembung di permukaan yang menandakan ragi masih aktif)
  2. Di mangkuk yang lain campur terigu, gula dan garam, masukkan ke dalam larutan ragi instan, tambahkan kuning telur, aduk hingga membentuk adonan yang kenyal (saya gunakan sendok kayu)
  3. Beri mentega/margarin cair, aduk kembali dengan sendok kayu sebentar, lalu supaya rata saya aduk dengan tangan (mirip menguleni hanya tetap di dalam mangkuk dan hanya sampai tercampur rata, kira-kira selama kurang dari 1-2menit saja)
  4. Bentuk bulat adonan, tutup dengan plastik wrap (saya tutup dengan piring plastik saja), diamkan selama kurang lebih 20 menit
  5. Setelah 20 menit, kempiskan adonan, bulatkan kembali adonan dengan cara menarik bagian atas ke bawah sehingga membentuk bola. Lalu fermentasikan lagi selama 20 menit. Lakukan sampai 3 x proses ini, jadi total waktunya 1 jam ya
  6. Setelah proses 3x fermentasi, kempiskan adonan, bagi menjadi 8 bagian, dengan berat kurang lebih 50 gr, bulatkan masing-masing. Letakkan di wadah bertabur tepung tipis.
    adonan roti pisang
  7. Ambil satu buah adonan dimulai dari adonan yang pertama kali dibulatkan, gilas di alas bertabur tepung (beri tepung juga di penggilas/rolling pin), gilas bentuk oval, untuk bentuk pertama, letakkan pisang di salah satu ujung, beri keju parut, beri meses, buat garis dengan pisau di ujung yang lain, lalu gulung adonan dari tepi yang berisi pisang. Letakkan di dalam loyang bersemir margarin, lakukan sampai bejumlah 4 buah
  8. Untuk bentuk kedua, gilas bentuk oval, letakkan pisang di tengah, beri keju parut, meses, gulung satu ujung hingga menutupi pisang, lalu gulung ujung lainnya menutup bagian yang pertama, rekatkan ujung tersebut dengan cara mencubitnya, pastikan benar-benar mencubitnya supaya ketika adonan roti mengembang tidak terlepas.
    cara membentuk roti
  9. Letakkan kembali di loyang bersemir margarin, biarkan selama kurang lebih 15-20 menit hingga mengembang
  10. Sementara itu panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius. Olesi permukaan roti dengan bahan olesan, taburi dengan keju parut
  11. Panggang selama kurang lebih 12- 15 menit atau sampai permukaan roti kecoklatan, keluarkan dari oven, dinginkan sejenak, siap disantap

Catatan : adonan cukup lengket, jadi selalu taburi tangan, alas/meja kerja dan rolling pin dengan tepung tipis saja

resep roti pisang keju meses coklat

Nah semoga resep roti pisang keju coklat ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...


NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Ini judulnya tanpa ulen lagi ya mbak ya? enak deh,,,, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Anis, tanpa ulen lagi... masih suka dengan resep roti yang mudah dulu he he he

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.