Mini Sponge Cake (Tanpa Emulsifier)



mini sponge cake tanpa emulsifier

Beberapa hari lalu buat sponge cake mini buat bekal Sophie, dan buatnya tanpa emulsifier. Hmm ceritanya beberapa hari sebelumnya lagi, saya membeli cetakan silikon di hypermart, biasa ya barang diskon, jadi kalau lihat ada peralatan baking atau cooking yang diskon, mata langsung tuink-tuink. Nah beberapa cetakan silikon ini sedang diskon, wah mumpung ya, kapan lagi punya cetakan silikon begini.

Apalagi ketika Sophie lihat emaknya pegang-pegang cetakan, menimbang mana yang mau dibeli, aih mulai deh berisik, Pipi mau yang gingerbread man, Pipi mau yang egg yellow, Pipi mau yang cupcake..duh semua mau. Akhirnya saya putuskan beli yang gingerbread man dan telur. Begini penampakan cetakannya.

cetakan silikon

Dan ternyata memang cetakan silikon ini memudahkan kita dalam memanggang, aih tidak perlu alas paper cup, tidak perlu olesi mentega dan taburi tepung di cetakan tapi dengan mudahnya cake keluar dari cetakan. Selain itu motifnya juga aneka ragam. Nah jadi puas deh menggunakan cetakan ini. Oh iya spesifikasi produk cetakan silikon ini tertera di kemasannya, berapa dejarat ketahanan panasnya di oven, dll. Selain buat cake, tentu bisa juga buat puding, nah ini nanti saya mau coba juga.

Percobaan pertama saya buat mini sponge cake ini, resepnya modifikasi dari resep cake tabur keju, buat setengah resep saja, nah kali ini saya buat maunya motif marmer, tapi ternyata adonan coklatnya terlalu kental, jadinya mengumpul di bawah, feeling sudah ada kalau neh terlalu kental, tapi tetap lanjut he he he...akhirnya begitu deh...

Untuk membuat cake ini, saya menggunakan metode mengocok telur di mangkuk yang direndam dengan air panas, jadi telur bisa mengembang tanpa menggunakan emulsifier, alhasil teksturnya juga lembut dan berpori. Nah cara ini merupakan pilihan kalau ingin membuat sponge cake tanpa menggunakan emulsifier.

gingerbread man sponge cake

Nah gambar di atas adalah gingerbread man sponge cake yang dibawa Sophie ke sekolah. Wuih senangnya dia dengan gingerbread man cakenya ini, walupun ada totol-totol coklat yang cukup mengerikan he he he...

Okey deh, sekarang lanjut ke resep ya, yang mau intip-intip resepnya, ini dia, silakan...

Mini Sponge Cake

Bahan :
  • 3 butir telur ukuran sedang
  • 100 gr gula pasir
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 75 gr tepung terigu protein rendah, misal merk kunci biru (atau bisa juga gunakan tepung terigu protein sedang, misal merk segitiga biru atau bola salju)
  • 25 gr tepung maizena
  • 50 gr margarin, saya gunakan blueband cake & cookie (lelehkan jangan sampai mendidih, gunakan api sangat kecil)
  • 2 sendok makan coklat bubuk

Cara membuat :
  1. Siapkan cetakan silikon, atau gunakan loyang yang sudah dioles mentega dan ditaburi tepung tipis, atau gunakan paper cup
  2. Panaskan oven, set di suhu 175 derajat Celcius
  3. Campur tepung terigu dan tepung maizena, aduk saja dengan balloon whisk, sisihkan
  4. Siapkan mangkuk berisi air panas (ukuran mangkuk lebih besar dari ukuran mangkuk untuk mengocok bahan cake). Letakkan mangkuk pengocok di dalam mangkuk berisi air panas, masukkan telur.
  5. Dengan menggunakan mixer kecepatan tinggi kocok telur setengah mengembang (kurang lebih selama 3 menit, tergantung mixer masing-masing), kemudian masukkan gula pasir dan vanili bubuk, kocok lagi hingga adonan kental berjejak (kurang lebih 3-5 menit tergantung mixer masing-masing), kurangi kecepatan mixer di kecepatan rendah, tambahkan campuran tepung, kocok sebentar hingga rata, matikan mixer.
  6. Ambil sedikit adonan, kurang lebih 3 sendok sayur, masukkan ke dalam mangkuk berisi margarin leleh, aduk hingga rata dan tercampur baik dengan menggunakan balloon whisk, lalu tuangkan ke dalam adonan cake, aduk rata secara perlahan dengan spatula, gunakan teknik lipat, adonan bagian bawah diaduk ke arah atas, seperti cara melipat.
  7. Ambil kurang lebih 3 sendok sayur adonan, campur dengan coklat bubuk, aduk rata
  8. Masukkan adonan polos ke dalam cetakan jangan sampai penuh, sisakan jarak kurang lebih 1cm dari bagian atas cetakan, beri adonan coklat secukupnya, gunakan tusuk sate untuk membuat motif. Panggang selama kurang lebih 20-25 menit sampai permukaan cake sudah mulai kering dan kuning kecoklatan (sesuaikan dengan oven dan besar kecil cetakan)
  9. Test kematangan dengan menggunakan tusuk sate, keluarkan dari oven dan dinginkan, begitu sudah dingin, keluarkan cake dan cetakan

resep mini sponge cake tanpa emulsifier

Nah semoga resep mini sponge cake tanpa emulsifier ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. wah boleh juga nih di rekomendasikan ke mamah saya buat bikin spong cake kaya gini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mas Effendi, minta buatin mamah..he he he..
      terima kasih ya sudah berkunjung

      Delete
  2. rajinnya beli cetakan macem-macem gitu. Aku kok males yah sekarang mau koleksi cetakan. Ada tuh cetakan pai nganggur di gudang lebih dari setahun hihi....masih gress belum pernah dipake. beberapa bulan lalu juga beli cetakan lagi sampai sekarang belum dipake juga. Dassaarr hahaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba gitu deh kalau beli-beli ginian mesti krucil yang ribut minta beli, ke tbk juga gitu, lihat cetakan lucu-lucu mesti minta dibeliin, trus hiasan cake-cake juga gitu minta dibeliin juga, hadeuh..
      ha ha ha iya mba..kadang ya gitu ya.. demen beli cetakan tapi belum dipakai juga he he he...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.