Nasi Goreng Tom Yam



nasi goreng tom yam

Yuhu... edisi postingan malam hari neh, secara kalau pagi sampai sore selalu sibuk, sok sibuk sih tepatnya, selain kerjaan biasa di rumah, menyibukkan diri dengan hal-hal tidak penting, he he he, nah walaupun sudah cukup banyak resep antri di draft tapi belum dibuat intronya, nah setelah melihat draft resep, pilihan hari ini adalah nasi goreng tom yam saja.

Kalau bicara nasi goreng, halah, ini memang banyak jenisnya, dan rata-rata suka dengan nasi goreng kan, walaupun untuk beberapa orang tidak suka nasi goreng karena identik dengan nasi sisa, hayo siapa yang begini, colek dulu mas Cumi Lebay...he he he..

Kalau saya, walaupun dengan nasi sisa atau nasi masih kondisi bagus baru dimasak, semua suka, begitu sudah diolah menjadi nasi goreng ya rasanya tetap nikmat. Tapi kalau menggunakan nasi baru dimasak, biasanya saya ambil dulu di piring, diamkan beberapa waktu, 30 menit sampai 1 jam, baru deh diolah biar lebih keras teksturnya, dan mantap kalau digoreng. 

Kalau bicara mengenai tom yam, tentu sup seafood tom yam adalah makanan yang segar ya, asam pedas dan pastinya saya suka dengan rasanya. Hanya kalau masalah bumbu tom yam, saya menyerah kalau buat sendiri, saya pernah coba, tapi rasanya tidaklah seenak kalau menggunakan bumbu pasta tom yam. Ada rasa yang kurang... aih aih...

Jadi ceritanya, untuk pasta tom yam ini saya selalu gunakan merk Mak Nyonya, pasta yang memang selalu ada di swalayan dan beberapa toko sembako tertentu. Pasta ini menurut saya selain enak juga terjangkau harganya. Jadi kalau mau ber-tom yam ria, saya selalu pilih pasta tom yam Mak Nyonya ini, uppss bukan postingan berbayar..

Nah dulu karena iseng, saya posting resep sup tomyam, di sana saya perjelas tentang pasta tom yam Mak Nyoya ini, dan saya katakan kalau mau order silakan hubungi saya melalui email, hmmm ini sih hanya iseng ya, siapa yang berminat coba bumbu ini, bisa order, beberapa memang ada yang menanyakan dan ada yang sudah order juga. Tapi ini bukan jualan saya ya... jadi hanya bagi mereka yang berminat saja. Siapa tahu suka juga dengan bumbu ini.

Hmmm ceritanya ada yang order neh, sudah saya siapkan tapi tidak kunjung deal kapan dikirim, secara tidak ada pembayaran, sudah saya katakan kalau mau order, silakan transfer, begitu transfer, barang saya kirim. Nah untungnya memang saya tangguhkan pengiriman karena memang belum ada juga transfer pembayaran. Ya akhirnya setelah sekian lama, ya sudah tanpa info batal, tidak ada kabar, saya anggap batal transaksi, jadi bumbunya saya pakai donk. 

Ya pas juga kebetulan ada stok daun ketumbar, jadi kali ini saya tidak akan mencoba sup tom yam, atau mie tom yam, jadilah saya coba nasi goreng tom yam ini. 

Okey deh, berikut langsung ke resep saja ya, silakan...


Nasi Goreng Tom Yam

Bahan :
  • 2 piring nasi putih dingin
  • 200 gr fillet ikan dori, potong-potong
  • 10 buah udang ukuran sedang, buang kepala dan kulit serta kotorang di punggung, sisakan sedikit ekornya
  • 10 buah bakso ikan, potong 2
  • 1 genggam sayuran beku campur
  • 5 siung bawang putih, memarkan lalu iris
  • 3 sendok makan pasta tomyam (bumbu instan tomyam, saya gunakan merek Mak Nyonya)
  • 2 batang daun ketumbar, iris kasar
  • 2 sendok makan kecap ikan
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
  1. Dengan api besar, tumis bawang putih sampai harum dan kuning keemasan, masukkan fillet ikan dori, bakso ikan dan udang serta sayuran beku campur, masak hingga ikan dan udang berubah warna, tambahkan pasta tomyam, aduk rata
  2. Masukkan nasi, beri kecap ikan, merica bubuk dan irisan daun ketumbar, masak hingga benar-benar matang dan tercampur dengan baik
  3. Cicipi rasanya, angkat dan hidangkan, beri taburan bawang goreng dan irisan daun ketumbar

resep nasi goreng tom yam

Nah semoga resep nasi goreng tom yam ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya... 


Selamat mencoba...


NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Nasi goreng mah selalu disuka bund...
    Heheeh... apalagi diberi pelengkapnya yg maknyus gitu, org bikin pk telor ajah udah enak...
    Heheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mba Lina, bener, nasi goreng itu, mau nasi goreng apa aja enak ya... toss ah sama2 suka nasgor

      Delete
  2. wiiiih kaya nya enak bingit tuh chef boleh nyobain ga ? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya enak banget ini, silakan dicoba... upss dipanggil chef, jadi ga enak, secara saya bukan chef loh, hanya suka masak saja..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.