Roti Bakar Abang-abang : Cinnamon Toast



resep cinnamon toast

Kalau sudah pakai roti tawar kotak begini, pasti saya beri judul roti bakar ala abang-abang, secara roti tawar begini identik dengan roti bakar yang biasa dijajakan oleh penjual roti bakar, yang umumnya dijual sore dan malam hari. Nah kali ini saya buat yang versi cinnamon toast. Bagaimana rasanya? wuenak tenan le leduk... pinjam istilahnya mas Anis Hidayah dulu.

Tentu bagi penggemar rasa dan aroma kayumanis, roti dengan tambahan campuran gula dan kayumanis, rasanya pasti enak kan ya, begitu juga menurut saya. Nah apalagi kalau penggemar bumbu spekuk, makin mantap rasanya kalau ditambahkan bumbu spekuk juga. Kali ini saya tambahkan sedikit campuran bumbu spekuk, rasanya makin mantap.

Biarpun roti begini bahan-bahannya simple, cara membuatnya sangat mudah, tapi serius ini enak sekali, dan pastinya tidak butuh waktu lama untuk membuatnya. Kalau saya punya usaha roti bakar, tentu varian ini akan saya tambahkan juga ke roti bakar yang saya jual, ha ha ha...

Jadi ceritanya, kalau saya sudah mampir ke salah satu toko bahan kue yang ada menjual roti tawar kotak begini, saya pasti beli nih roti tawar ini. Selain kalau sudah dibakar, dengan variasi rasa baik gurih dan manis, hasilnya selalu memuaskan saya, harganya juga cukup murah, walaupun sudah lewat Lebaran, harganya tidak naik.

Jadi bicara kenaikan harga setelah Lebaran, ini yang pasti naik, harga nasi padang. Dan memang setelah saya perhatikan, di beberapa rumah makan padang, setelah Lebaran pasti harganya mulai naik, tidak ketinggalan rumah makan padang favorit saya, rumah makan sederhana, halah...

Lalu tidak jauh-jauh dari Sumatera Barat juga, harga kerupuk-kerupuk dari sana juga naik. Jiah.. bicara tentang kerupuk-kerupuk ini, di Batam ini memang sudah sangat umum banyak kerupuk-kerupuk khas Sumbar yang dijual, baik itu kerupuk mentah ataupun kerupuk yang sudah siap santap. Sebut saja opak, dengan berbagai ukuran, dari yang kecil sampai yang besar, lalu keripik ubi ungu, keripik singkong, dll. Atau juga jagung siap santap, yang istilahnya marning, kerupuk ganepo (singkong dadu yang berwarna kuning dari kunyit, rasanya renyah dan enak pakai banget) dan kerupuk kuning angka 8 yang saya tidak tahu namanya.

Duh ngelantur deh ya saya... kembali ke resep cinnamon toast ini ya, nah campuran gula, kayumanis dan bumbu spekuk itu, rasionya sih terserah selera ya, yang suka dengan rasa kayumanis dan spekuk yang kuat boleh tambahkan lagi takarannya, atau malah kalau tidak suka bumbu spekuk, boleh skip saja, karena memang tidak semua suka. Untuk roti tawarnya sendiri, silakan gunakan roti tawar biasa kalau tidak ada roti tawar begini.

bumbu spekuk dan kayumanis
 

Nah berikut resep cinnamon toast dengan roti tawar kotak ala abang-abang ya...

Cinnamon Toast

Bahan :
  • 1 buah roti tawar kotak, bagi 8 bagian melintang
  • 3 sendok makan mentega/margarin, saya gunakan blueband cake & cookie
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok teh kayumanis bubuk
  • 1/2 sendok teh bumbu spekuk

Cara membuat :
Di mangkuk, campur gula pasir, kayumanis bubuk dan bumbu spekuk, aduk rata. Olesi permukaan roti dengan mentega/margarin, taburi dengan campuran gula pasir, kayumanis dan spekuk. Panaskan teflon, beri sedikit margarin/mentega, panggang roti dengan api kecil hingga permukaan bawah garing dan kecoklatan dan permukaan atas mulai terlihat basah/berwarna gelap. Angkat dan lakukan sampai habis. Siap disajikan hangat.


cara buat roti bakar cinnamon toast

Nah semoga resep sangat mudah ini roti bakar abang-abang versi cinnamon toast ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera...

Tertarik dengan roti bakar abang-abang dengan versi yang lain, silakan klik link roti bakar abang-abang ya....


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. wahh enak nih kayaknyaa mbaa, ini aku baru tau kalo ada resep roti bakar pake kayu manis, biasanya aku cuma pake palem suker hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, enak ini... enak loh pakai kayumanis begini.. rasanya gimana gitu, he he he
      terima kasih sudah mampir ya mba...

      Delete
  2. Roti Bakar Abang-abang, ini kalau dibahasa jawa artinya roti bakar merah-merah mbak, hehehe.... Weih, aku jadi penasaran mbak kalau ada kata Wuenak tenan, le leduk.... Tanggungjawab, tanggungjawab, hehehehe. Ada kayu manisnya lagi, hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha, iya mas, abang kan merah ya... he eh mas ini wuenak tenan le leduk pokoke..

      Delete
  3. Jadi kangen makan roti bakar juga nih kalau begini mah, wadaw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo kang buruan beli roti bakar, kalau ga buat sendiri aja, mudah..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.