Bento #1 : Baymax Superhero



membuat bento baymax

Jiahhhh...akhirnya saya membuat bento juga, edisi pertama dan sangat dimulai dari awal, dan jadilah bento #1 ini adalah Baymax. Percobaan pertama walaupun belum bagus tapi yang penting Sophie suka, tersenyum lebar ketika saya tunjukkan apa yang dia bawa ke sekolah hari ini.

Baymax ini memang sempat booming ya, mulai banyak pernak-pernik baymax, mulai dari tas, tempat makan, tempat minum bahkan boneka. Ingat dulu Sophie suka sekali menonton baymax ini, sampai menonton filmnya beberapa kali, bisa sampai 6 kali, begitu habis minta ulang lagi. Besoknya minta nonton lagi. Sampai tossnya baymax dia hafal. Termasuk semua superhero lainnya dia hafal, sebut saja gogo, honey lemon, fred, wasabi dan tentu saja hiro hamada.

Ya begitu deh, dulu saya sama sekali tidak berminat urusan bento-bento-an ini, jadi ketika beberapa kali blogwalking di beberapa food blog yang ada bento juga, hmmm cuma berkomentar, wah lucu juga ya..tapi sama sekali tidak terbersit keinginan mau buat bento. Waktu itu saya berpikir, terlalu banyak detail, sepertinya saya malas deh buat yang beginian. Itu dulu...

Nah entah kenapa, selama seminggu ini, Sophie kan tidak masuk sekolah, jadinya kok ada sedikit waktu luang untuk melamun..ha ha ha... jadilah muncul ide, hmmm bagaimana kalau coba sekali-sekali buat bento. 

Okeh deh yang pertama kali saya lakukan adalah berselancar di beberapa blog yang ada bentonya, lalu tidak lupa menonton youtube sampai beberapa kali, mencoba melihat cara menyiapkan bento dengan berbagai karakter. Hmmm jadilah untuk percobaan pertama ini saya membuat bento yang menurut saya cukup mudah untuk permulaan, bento baymax. Hanya butuh membuat bentuk-bentuk yang sekiranya mirip dengan bentuk baymax.

Nah karena saya membuatnya pagi hari, buru-buru jadinya saya tidak sempat foto-foto, jadi yang mau ada bayangan boleh langsung ke youtube ya... cari saja bento for kids, begitu banyak tutorialnya. Untuk bento baymax ini, tidak membutuhkan cetakan, hanya butuh plastik wrap yang digunakan untuk menekan nasinya mengikuti bentuk baymax. 

Yang dibutuhkan adalah satu badan, satu kepala, dua tangan dan dua kaki. Yang saya lakukan adalah siapkan plastik wrap, secukupnya saja, lalu letakkan secukupnya nasi yang diambil langsung dari rice cooker, bungkus dengan plastik wrap, padatkan dan bentuk badannya dulu. Oh iya ukuran disesuaikan dengan besar kecil wadah makanan ya...

Setelah membentuk badan, ambil lagi plastik wrap, ambil nasi lebih sedikit dari yang pertama, bentuk bulat dan padatkan menyerupai kepala baymax. Begitu seterusnya untuk kaki dan tangan. Lalu masih dalam keadaan terbungkus, susun bagian tersebut di wadah makanan, supaya ada gambaran meletakkannya di mana, dan bisa ada gambaran juga meletakkan makanan pendamping lainnya, seperti sayuran dan lauknya atau malah buahnya.

Oh iya untuk lauk pendamping kali ini saya hanya membuat bakwan jagung dengan campuran dada ayam cincang, wortel parut dan irisan sawi hijau yang dibumbui dengan garam merica serta bawang putih cincang. Lalu saya buat juga telur gulung jepang tamagoyaki, yang kemudian saya potong dan bentuk heart. Untuk membuat tamagoyaki boleh lihat link berikut ini, tamagoyaki telur dadar jepang. Untuk membuat heartnya, silakan tonton juga youtube ya... maaf  saya belum ada kesempatan foto-foto, lain waktu saya usahakan.

Untuk sayurannya saya hanya menggunakan brokoli yang direbus dan wortel yang direbus juga. Wortel dikupas, dicuci, diiris melintang setebal kurang lebih 2mm, lalu baru direbus sampai lunak tapi tidak terlalu lunak, angkat dan tiriskan. Begitu sudah dingin baru deh dibentuk dengan cookie cutter. Kalau yang ini sangat mudah kan prosesnya.

Sebagai bahan pendamping lainnya saya siapkan irisan pepaya. Nah sepertinya untuk permulaan masih cukup sederhana ya bento yang saya buat. Namanya juga masih belajar kan ya.. suatu saat semoga bisa membuat bento lagi dengan berbagai bentuk dan variasi makanan pendampingnya.

Okey deh, untuk resep, mungkin yang bisa saya tampilkan adalah bakwan jagungnya ya... secara tamagoyakinya hanya telur dadar yang dibumbui garam dan merica saja. 

Sipp berikut resep bakwan jagungnya ya... silakan...


Bakwan Jagung

Bahan :
  • 1 buah jagung ukuran kecil-sedang, sisir
  • 1 batang sawi hijau, iris halus
  • 1/4 buah wortel, parut halus
  • 50 gr dada ayam, cincang
  • 3 siung bawang putih, cincang
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/8 sendok teh merica bubuk
  • 1 butir telur
  • 60 gr terigu protein sedang (sesuaikan dengan besar kecil telur, jika dirasa adonan terlalu padat bisa tambahkan sedikit air)

Cara membuat :
Campur semua bahan, panaskan minyak cukup banyak, ambil sedikit adonan, goreng dan cicipi rasanya. Setelah pas baru mulai menggoreng adonan, sendokkan adonan, goreng hingga garing dan  kekuningan, balik dan goreng hingga bagian sebaliknya garing dan kekuningan, angkat dan tiriskan.


Menyusun bento :
Lepaskan plastik wrap satu persatu bagian badan baymax, susun di wadah. Gunting nori untuk membentuk mata berupa 2 bulatan kecil dan garis panjang penghubung mata. Letakkan di bagian wajah. Susun bahan lainnya di sekeliling nasi. Susun sesuai selera, lalu letakkan buah di wadah terpisah. Beri food pick jika suka.



cara membuat bento baymax

Nah semoga cara membuat Bento #1 : Baymax ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga bisa memberi inspirasi...


Selamat mencoba...




NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Syukurlah, mba Monic akhirnya bisa masak dan nulis lagi.

    Wah... Bentonya bagus sekali lho, mba. Saya juga cuma suka liatnya, kalau mau bikin sendiri, kok kayaknya ribet banget deh, hehehe.
    Mungkin kalau sudah berkeluarga dan punya anak baru saya coba membuatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Ima, sudah bisa masak dan nulis lagi he he he... terima kasih ya...

      iya mba kalau belum ada mood memang kelihatannya ribet nah tapi kalau sudah mood baru deh kok kayaknya dinikmati malah yang ribet-ribet begini ha ha ha...
      he eh mba kayaknya kalau sudah berkeluarga dan punya anak yang sudah mulai sekolah kayaknya bakalan kepikiran buat bento he he he..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.