Bento #4 : Smiley White Bear & 2 Chicks



bento white bear and chicks

Masih edisi ngebento ya, kali ini sudah masuk Bento #4 : Smiley White Bear & 2 Chicks. Sempat bingung saya, ini si white bear ini sebenarnya tidak mirip beruang ya, he he he. Nah tadinya saya ini rencana mau buat koala, hanya saja ternyata waktunya mepet mau membentuk hidung khas koala. Ya sudah cepat saja, pakai nori punch. Ai ai untung kemarin sudah beli si nori punch ini, terselamatkan juga.

Memang kalau ada nori punch cukup enak ya, tidak butuh waktu lama dan jadilah bentuk mata dan hidung atau mulut tanpa harus repot menggunting satu persatu. Tapi ya itu dia, kalau ngebento seperti ini butuh modal memang ya ha ha ha....

Jadi ceritanya, di Batam ini, dari beberapa mall yang ada swalayannya, hanya ada satu yang baru saya temui menjual peralatan ngebento, tapi tentu tidaklah selengkap kalau beli online lah ya. Jadi untuk nori punch ini hanya ada 3 jenis yang dijual di sana, nah karena ceritanya masih mencoba ngebento tentu saya tidak beli semua nori punch ini, lalu kalau beli 3 sekaligus, terasa sekali mahalnya ha ha ha.. Oh iya.. yang mau coba lihat-lihat bento tools ini boleh datang ke OG Home Supermarket di Harbour Bay Mall. 

Untuk bento kali ini saya buat pendampingnya adalah jagung rebus, brokoli rebus (TETAP, ha ha ha, belum ada variasi yang lain..), chicken katsu dengan panko hijau, bakwan jagung wortel dicampur dengan ayam cincang, lalu dipermanis dengan telur puyuh rebus yang berwarna kuning dan dibentuk seperti anak ayam. Dan karena mulutnya terlalu besar, kata Sophie malah bukan anak ayam, itu bebek ha ha ha... kasihan deh emaknya sudah capek buat mulutnya seimut mungkin ealah malah dower seperti mulut bebek. Namanya juga usaha ya... belum rapi juga bentuknya... masih tidak imut he he he...

Nah untuk membentuk si koala tidak jadi ini seperti biasa ya, hanya menggunakan plastik wrap. Jadi siapkan plastik wrap, isi dengan nasi dari rice cooker, tutup dan bentuk bulat lalu padatkan. Ada 3 bagian ya, 1 bagian besar untuk kepala dan 2 bagian kecil untuk telinga. 

Untuk membuat anak ayamnya, rebus dulu telur puyuh, kemudian kupas, lalu siapkan panci, isi air yang sudah dicampur dengan kunyit bubuk (saya gunakan air 300ml + 1 sendok teh kunyit bubuk), rebus hingga mendidih, masukkan telur puyuh rebus dan masak hingga telur puyuh berwarna kuning, angkat dan bilas dengan air matang. Lalu untuk membentuk mulutnya dan jambulnya gunakan wortel rebus. Matanya gunakan wijen yang sudah disangrai sebentar. Kalau ada nori punch yang bisa untuk membentuk mata ukuran kecil bisa gunakan nori.

Membuat mulut dan jambul anak ayam ini, dibutuhkan bahan berupa 1 buah irisan wortel dengan ketebalan 1mm untuk jambul, dan 1 buah irisan wortel ketebalan 4mm (untuk jaga-jaga kalau salah potong, boleh lebihkan jumlahnya). Lalu ambil irisan tipis, potong seperti memotong pizza, potong tengahnya, lalu bentuk rapi sisa potongan atasnya. 

Untuk membentuk mulutnya, ambil wortel irisan tebal, bagi menjadi 4 bagian, ambil bagian tengahnya, potong 2, lalu di bagian tengah dipotong sedikit supaya seperti mulut membuka. Kecilkan bagian di belakangnya dengan cara memotongnya, usahakan tipis supaya telur puyuhnya tidak rusak, karena wortel ini akan diselipkan di telur puyuh.

Tusuk telur puyuh dengan pisau di bagian depan untuk mulut, tusuk kurang lebih sebesar mulut wortel tadi, lalu bagian atas sebesar jambul wortel. Selipkan mulut wortel dan jambul wortel, beri mata dengan wijen hitam atau nori.

how to make simple chicks for bento

Hmmm untuk resep, kali ini saya tampilkan resep chicken katsu yang saya buat untuk bento kali ini ya, versi sangat sederhana. Untuk resep bakwan jagung, boleh lihat di resep bakwan jagung yang pernah saya posting di bento #1 : Baymax Superhero. Kali ini tanpa sawi hijau tapi tambahkan sedikit irisan daun seledri.

Berikut resep chicken katsunya...silakan...

Chicken Katsu

Bahan :
  • 50 gr dada ayam, iris lebar panjang ketebalan kurang lebih 5mm
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/8 sendok teh merica bubuk
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 30 gr tepung terigu serbaguna
  • tepung panko (tepung roti/tepung panir) hijau atau orange atau putih secukupnya

Cara membuat :
Lumuri potongan dada ayam dengan garam dan merica bubuk, siapkan 3 mangkuk, satu berisi telur kocok, satu berisi tepung dan satu berisi tepung panir. Lapisi potongan ayam dengan tepung terigu, celupkan di telur kocok, lalu lumuri dengan tepung panir, jika suka tebal, celupkan lagi ke telur kocok lalu lapisi lagi dengan tepung panir, lakukan hingga selesai, goreng hingga matang, garing dan terlihat mulai kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.


Setelah semua bahan tersedia, mulai tata semua bagian makanan di wadah, susun sesuai selera. Percantik dengan daun selada, nah kalau ada bisa juga percantik dengan food picks, ini juga biasanya macam-macam bentuknya dan lucu-lucu, duh kalau sudah mulai ngebento, rasanya kok ingin beli macam-macam ya, ha ha ha... eh ya kemarin sudah beli juga food picks tapi lupa deh dimasukkan juga di wadah...ealah..

bento smiley bear and 2 chicks

Nah semoga postingan kali ini Bento #4 : Smiley White Bear & 2 Chicks bisa bermanfaat dan memberikan inspirasi ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba....




NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. Salam kenal mbak Monic.Aduh cantik sekali segala bentuk bentuk bento yg di buat mbak. Saya uda buat doggy sausage bun contek dr mbak.Thanks mbak.Uda bnyk jg ide n resep yg saya contek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Sunarty, salam kenal juga mba.. aih aih terima kasih mba sudah dibilang cantik bentonya, he he he..
      Wah sudah buat ya doggy sausage bunnya, gimana berhasil kan? terima kasih kembali mba, wah wah senang saya kalau banyak yang dicontek..
      terima kasih ya mba sudah mau meluangkan waktu menulis komentar di sini, sering-sering mampir lagi ya he he he..

      Delete
  2. Saluuut liat mama nya Sophie. Makin kreatif ajeee...hehe. Klo aq jgn di suruh mba bikin bento gini. Gak bakal ada ide hahahaaa. Mba...bikin serabi donk. Aq bikin serabi gk pernah sukses. Gk tau salahnya dmn. Bantet abisss...padahal dah ikutin cara2 nya dengan bener. Hi mba Rina Audi...aq penggemar rahasiamu dr Medan.~Rini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiahhh ini juga dipikirin mba idenya trus liat-liat sana sini..trus mulai beraksi deh dengan gaya sendiri yang belum keruan ini.. oh ya belum pernah sukses ya bikin serabi, iya neh mba belum niat bikin serabi, cetakannya ga ada, hmmm nanti kalau mood pakai teflon aja, semoga bisa..he he he..
      mba Rina Audie... ini ada mba Rini dari Medan di sini..

      Delete
  3. Cute mbak monic.. Bebeknya 😁😁😁
    Tapi buat usaha dn niat ngebento nya patut diacungi jempol..ehehe 😊😊😊

    Keep writing ya mbak.. Ditunggu selalu


    Ummu Ghazi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha terima kasih Ummu Ghazi, iya ya malah bener mirip bebek daripada anak ayam..

      terima kasih jempolnya Ummu, semoga tetap semangat menulis neh sayahnya... yipiii

      Delete
  4. Sophie pinter banget ya, mba? Jadi komentator setia mba Monic sekaligus testernya. 😃
    Komentator ya gitu, mba. Salah sedikit ya dikritik dan dikoreksi. 😀😀😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mba Imma, bisa aja neh si Sophie, jadi komentator dan tentunya tester..
      kalau sedang mood bagus, dia akan bilang gini neh... enak sekali ini ibu...
      tapi begitu ditanya mau lagi.. ga katanya ha ha ha..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.