Ontbijtkoek Tanpa Emulsifier



ontbijtkoek

Sudah pada tahu belum dengan cake yang satu ini? ontbijtkoek..tahu kan dari penulisannya saja ini adalah bahasa Belanda dan cake ini adalah merupakan cake rempah. Nah saya tahu ada cake begini sudah lama sekali mungkin ketika SD kali ya, saya ingat di salah satu majalah yang dibeli ibu saya yaitu majalah Kartini ada resep cake ini, hanya yang di resep menggunakan kacang kenari sebagai toppingnya. 

Hmmm ingat juga kalau tidak salah sepupu saya yang kala itu sudah kuliah pernah mempraktekkan resep di majalah ini dan rasanya saya ingat kalau saya suka dengan cake ini. Dan entah sudah berapa lama setelah itu tidak pernah makan cake ini lagi.

Eits beberapa hari yang lalu saya beli cake di Holland bakery nah, saya lihat neh ada cake dengan topping almond dan warnanya agak gelap. Tanya penjualnya dan dijawab kalau itu cake kayumanis, hmmm ternyata begitu saya coba, loh ini kan ontbijtkoek itu, rasanya lebih dari sekedar cake kayumanis, lebih kaya rasa rempah.

Nah jadilah kemarin saya buat cake ini, pakai resep sponge cake yang pernah saya buat di sini mini sponge cake tanpa emulsifier. Jadi metode membuat cake ini sama saja hanya tentu di takaran dan bahan yang berbeda. Jadi karena saya membuat cake tipe sponge jadi saya mengocok di mana mangkuk kocok direndam air panas jadi sangat efektif tanpa harus menambahkan emulsifier. Tekstur cake tetap lembut.

Sippp deh, yang belum pernah makan cake rempah ini dan ingin coba bagaimana rasanya, silakan ini saya bagikan resepnya ya... semoga bermanfaat..

Ontbijtkoek

Bahan :
  • 4 butir telur ukuran sedang
  • 100 gr gula pasir
  • 25 gr gula palem
  • 100 gr tepung terigu protein rendah, misal merk kunci biru atau hana emas (atau bisa juga gunakan tepung terigu protein sedang, misal merk segitiga biru atau bola salju)
  • 25 gr tepung maizena
  • 65 gr margarin (lelehkan jangan sampai mendidih, gunakan api sangat kecil)
  • 2 sendok teh bumbu spekoek
  • 1 sendok teh kayumanis bubuk
  • 30 gr almond iris untuk taburan
Cara membuat :
  1. Siapkan cetakan silikon, atau gunakan loyang yang sudah dioles mentega dan ditaburi tepung tipis, atau gunakan paper cup
  2. Panaskan oven, set di suhu 175 derajat Celcius
  3. Campur tepung terigu, tepung maizena, bumbu spekoek dan kayumanis bubuk, aduk saja dengan balloon whisk, sisihkan
  4. Siapkan mangkuk berisi air panas (ukuran mangkuk lebih besar dari ukuran mangkuk untuk mengocok bahan cake). Letakkan mangkuk pengocok di dalam mangkuk berisi air panas, masukkan telur ke dalam mangkuk pengocok.
  5. Dengan menggunakan mixer kecepatan tinggi kocok telur setengah mengembang (kurang lebih selama 3 menit, tergantung mixer masing-masing), kemudian masukkan gula pasir dan gula palem, kocok lagi hingga adonan kental berjejak (kurang lebih 3-5 menit tergantung mixer masing-masing), kurangi kecepatan mixer di kecepatan rendah, tambahkan campuran tepung, kocok sebentar hingga rata, matikan mixer.
  6. Ambil sedikit adonan, kurang lebih 3 sendok sayur, masukkan ke dalam mangkuk berisi margarin leleh, aduk hingga rata dan tercampur baik dengan menggunakan balloon whisk, lalu tuangkan ke dalam adonan cake, aduk rata secara perlahan dengan spatula, gunakan teknik lipat, adonan bagian bawah diaduk ke arah atas, seperti cara melipat.
  7. Tuangkan adonan cake ke dalam cetakan tidak usah sampai penuh, panggang selama kurang lebih 10-15 menit sampai permukaan cake sudah mulai kering dan kuning kecoklatan (sesuaikan dengan oven dan besar kecil cetakan, semakin besar cetakan semakin lama waktu panggang)
  8. Test kematangan dengan menggunakan tusuk sate, keluarkan dari oven dan dinginkan, begitu sudah dingin, keluarkan cake dan cetakan

resep ontbijtkoek

Nah semoga resep ontbijtkoek tanpa emulsifier ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...




NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. mbaaaa...aku suka buanget sama cake ini niih...
    sampe bojoku hapal banget, setiap jalan ke Banyumas, ada tuh satu toko roti yang jual cake ini dia selalu beli buat aku. di pasangin sama teh tawar yang hangat pas bener deh mba hahaha...
    kapan-kapan eksekusi deh ni resep..
    trims buat resepnya ya mbak Monic..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mba Esti suka cake ini ya, iya nih mba memang enak ya ontbijkoek ini, eh tapi aku belum pernah makan cake ini pake teh tawar wah pasti enak ya he he he.. iya mba Esti kapan2 coba buat sendiri, lebih puas
      terima kasih kembali mba Hesti, semoga cocok dengan resepnya..

      Delete
  2. Monica,
    nama kek ini susah disebut ya..hehe
    hampir2 terliat lidah akak..hehe..tapi nampak sedap & lembut gitu..
    pasti baunya juga harumkan...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak Ayu memang susah disebut, bacanya sih kalau tidak salah hanya onbeikuk.. iya kak benar lembut dan harum...enak deh kak

      Delete
  3. Kalau di tempat saya namanya Bolu Rampa mungkin dari kata Bolu Rempah. Saya juga suka banget sama kue-kue yang ada gula merahnya, mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya ya mba bener ini bisa juga disebut bolu rempah... memang enak ya mba kue2 tradisional dengan tambahan gula merah

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.