Resep Korean Rice Cake (Garaetteok)



korean rice cake garaetteok

Jiahhh.... ada angin apa neh saya membuat garaetteok atau korean rice cake ini he he he... secara selama ini belum berminat saja dengan makanan korea yang berbahan dasar rice cake ini. Jadi ceritanya saya cukup penasaran dengan makanan korea berbahan dasar rice cake ini, apakah itu? rabokki.. ya, saya penasaran ingin mencoba sendiri membuat rabokki.

Rabokki itu adalah ramen + tteokbokki. Nah kalau tteokbokki sudah tidak asing lagi kan? sudah banyak yang mencoba juga membuat tteokbokki ini kan..Jadi beberapa waktu lalu kami mencoba makan makanan di salah satu resto korea yang ada di mall di Batam. Sebelumnya memang sering lewat dan ada penerima tamunya di depan resto dan mengundang masuk, tapi selalu malas deh. Tapi penasaran juga dengan spanduk besar di depan restonya yang tertulis diskon 70% untuk beberapa makanan. Walaupun begitu tetap tidak bergeming.

Sampai akhirnya lama-lama penasaran juga, mampir deh, dan salah satu menu diskonnya adalah rabokki, ih penasaran dan eng ing eng, setelah saya cicipi rasanya, duh enak...jadi ketagihan deh. Nah selain rabokki pesan juga gun mandu, isi ayam sayuran dan bihun di mana mandunya ini digoreng. Enak juga..  jadi ceritanya karena penasaran jadinya beberapa menu yang didiskon dipesan ha ha ha...  Dan...baru kali itu saya merasakan yang namanya kimchi...duh duh... komentar saya, ini hanya sawi yang dicabein he he he...

Enaknya memesan menu korea adalah banyaknya sayuran segar yang terhidang karena merupakan satu paket dengan menu yang kita pesan.  Tapi walaupun menu yang kita pesan menu diskon tapi minumannya tidak diskon jadi deh tetap mahal di akhir.

Dan itu pertama kalinya saya makan yang namanya rice cake ini yang kalau disebut bapaknya Sophie adalah lontong he he he. Rasanya kenyal-kenyal tapi tidak ada berasa tepung berasnya. Hmmm saya suka deh.. jadilah sejak saat itu rabokki adalah menu favorit saya. Ada juga sih tteokbokki tapi tidak diskon, lain kali coba kalau diskon ha ha ha...

Di kesempatan berikutnya saya ajak bapaknya Sophie makan lagi di resto korea ini, dan kali ini pilih yang di Kepri Mall. Menu diskonnya masih sama, jadi asyik makan rabokki lagi. Setelah itu beberapa waktu kemudian saya ajak lagi bapaknya Sophie makan di resto ini lagi tapi yang di BCS (Batam City Square) seperti tempat pertama, tapi sayang menu rabokki sudah tidak diskon, ada menu lainnya yang saya tidak ingat namanya, mirip rabokki tapi tanpa rice cake dan mie, hanya banyak sosisnya. Lalu pesan mie dengan ikan pasta hitam, rasanya tidak begitu enak menurut saya.

Akhirnya karena menunya tidak begitu enak, jadi nanti saja tunggu menu diskonnya berubah, siapa tahu ada yang enak. Tapi untuk Sophie karena anak ini sudah pemilih jadi dia suka sekali memilih makanannya sendiri, tentu dengan pertimbangan dari emak bapaknya. Suatu ketika dia memesan kimbab dan ternyata banyak 1 porsinya, dan rasanya enak loh. Dan ternyata menu pesanan dia tidak diskon ha ha ha....

Oh iya bagi yang berdomisili di Batam, ini nih resto korea yang bisa dikunjungi, di BCS lantai 3 dan di Kepri Mall lantai 1, namanya Dang Jang Geum. Dan jangan kuatir, resto ini resto halal ya...

Sudah ah ceritanya ya.. jadi sekarang lanjut ke resep garaetteok ini ya, nah saya membuatnya dengan menggunakan rujukan dari resep garaetteok di blognya Maangchi - garaetteok, cylinder shaped rice cake. Thank you Maangchi for the recipe. Saya menggunakan resep ini karena cukup mudah tidak butuh bread machine untuk menguleni adonan, hanya menggunakan pestle atau penumbuk tanpa perlu diuleni, tapi saya tetap melakukan proses ulen ini untuk membuat adonannya lebih padat dan kenyal.

Nah di resep yang saya cantumkan tidaklah sama takarannya, saya buat lebih sedikit karena baru coba-coba, hasilnya cukuplah, tidak banyak, cukup untuk 1 porsi rabokki. 

Berikut resep garaetteok yang saya buat ya... silakan..

Garaetteok

Bahan :
  • 85 gr tepung beras (saya menggunakan tepung beras rose brand)
  • 120 ml air mendidih
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh minyak wijen (atau bisa gunakan minyak goreng biasa)

Cara membuat :
  1. Di mangkuk, campur garam dan tepung beras, tuangkan air mendidih secara bertahap, penggunaan air di sini bisa lebih atau kurang, sesuaikan dengan tepung berasnya, sampai didapatkan adonan seperti gambar 1. 
  2. Sementara itu panaskan kukusan hingga airnya mendidih, letakkan adonan di kertas roti, kukus selama kurang lebih 20-25 menit dengan api sedang-besar (atau bisa juga olesi saringan kukusan dengan minyak sayur tipis saja, masukkan adonan ke dalam kukusan tanpa menggunakan kertas roti)
  3. Keluarkan dari kukusan, letakkan di alas yang sudah diberi minyak wijen, tumbuk adonan sehingga menjadi kenyal dan menyatu (saya gunakan batu gilingan sambal yang dialasi dengan plastik), lakukan proses ini kurang lebih selama 5 menit
  4. Setelah itu uleni adonan hingga menyatu dan kenyal, gunakan saja tangan untuk menguleninya. Uleni kurang lebih selama 2-3 menit (jika terasa lengket bisa beri sedikit lagi minyak wijen di alas mengulen atau sedikit di permukaan adonan)
  5. Ambil 1/3 adonan, bentuk bulat memanjang dengan cara diroll menggunakan 2 tangan, dengan ukuran diameter kurang lebih 1 cm atau kurang, potong-potong kurang lebih sepanjang 5cm. Lakukan untuk sisa adonan, siap digunakan.
cara membuat garaetteok korean rice cake


Nah semoga resep membuat korean rice cake atau garaetteok ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera.

Tunggu di postingan selanjutnya untuk resep rabokki yang saya buat ya... ini dia resep rabokki yang saya buat di link resep rabokki
rabokki



Selamat mencoba...





NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Makannya pake apa itu mba?

    -Rini

    ReplyDelete
    Replies
    1. makannya dimasak lagi mba dengan bumbu dan bahan lain, mba Rini boleh lihat di postingan rabokki, itu contoh masaknya

      Delete
  2. Lebih suka cilok mbak hehe, tapi kalo soal saus gochujang nya mantep buat bikin ramyun. Saya nge fans dari dulu kalo makan korean..apalagi acara masaknya.. Banyak yg hasil fermentasi dan pengawetan.. Dasarnya sukanpeses jadinya cocok.. Apalagi presentasi hasil makanannya bikin ngiler semua..

    Haduu jadi panjang lebar.. Hehehe maafkeun

    Mi hitam itu jajjangmyoen mbak monic.. Rasanya ya gitu.. Lebih enak bakmi kecap jawa wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iyakah mba Ayu lebih suka cilok he he he.. nah ramyun..baru ngeh setelah googling ha ha ha... dasar ya saya tidak tahu apa2 tentang korea..nah itu kamsahamnida baru ngeh juga setelah googling..
      iya sih setuju masakan korea memang buat ngiler, enaknya tinggal makan ya mba
      oalah namanya jajjangmyoen ya, he eh rasanya gitu ya, bayangan saya sih karena ada warna hitamnya paling tidak ada rasa manisnya, ini ga..jadi sedikit aneh..bener banget mba Ayu lebih enak bakmi kecap jawa ha ha ha..

      Delete
  3. Saya ngakak mba pas baca "sawi dicabein". Oh, ternyata rasanya begitu toh? Kupikir gimanaaa gitu rasanya. Hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Ima rasanya sawi dicabein tapi memang ada sedikit rasa asam sih..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.