Buttermilk Muffins with Chocochips, Raisin & Peanut Butter



buttermilk muffin

Stop dulu posting masakan korea, secara walaupun masih demam masakan korea, tapi diselingi dulu deh biar pembaca yang mampir ke sini tidak bosan he he he... jadi kali ini saya posting resep muffin saja, yaitu buttermilk muffin dengan chocolate chips, kismis dan selai kacang. Nah ceritanya walaupun masih malas membuatkan bekal untuk Sophie sekolah tapi ya dipaksakan juga, masak sih bekalnya roti tawar berselai terus he he he..

Nah supaya tidak ribut di pagi hari dan tidak repot juga jadi tadi pilihan jatuh kepada muffin ini, lihat-lihat bahan yang ada di dapur, maka jadilah muffin dengan berbagai isi ini. Berlebihan kah? hmmm mungkin iya ya.. tapi rasanya sedap kok.. begitu matang harum wangi muffin ini sampai-sampai Sophie tidak sabar untuk menyantapnya. Walaupun pakai acara ditiup-tiup dulu tapi tetap semangat karena sudah tidak sabar.

Yang namanya muffin tentu saja tahu kan kalau teksturnya padat dan menyantapnya bisa membuat kenyang, satu ukuran besar atau beberapa kalau ukuran kecil. Tapi walaupun padat muffin ini tetap moist kok, tidak serat nah apalagi kalau pakai buttermilk. Bagi yang pertama kali tahu istilah buttermilk ini, membuatnya sangat mudah hanya mencampurkan susu cair dengan cuka atau jus lemon atau air jeruk nipis, diamkan sebentar sampai menggumpal. Nah setelah itu baru deh bisa digunakan.

muffin buttermilk mudah dibuat

Ok sippp, sekarang lanjut ke resep ya... ini dia..

Buttermilk Muffins with Chocochips Raisin & Peanut Butter

Bahan :
  • 375 gr tepung terigu protein rendah, misal merk kunci biru atau hana emas, saya gunakan merk hana emas (atau bisa juga gunakan tepung terigu protein sedang)
  • 1 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 1/2 sendok teh garam (jika menggunakan minyak atau mentega tawar, skip jika menggunakan margarin yang sudah asin)
  • 3 butir telur ukuran sedang berat dengan cangkang kurang lebih @60gr
  • 200 gr gula pasir
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 225 ml buttermilk, campur 220ml susu cair dengan 1 sendok makan cuka atau air jeruk nipis, biarkan selama kurang lebih 10-15 menit sampai menggumpal
  • 150 ml minyak goreng (atau bisa gunakan margarin atau butter leleh dengan takaran yang sama)
  • 50 gr chocochips (sisakan sedikit untuk taburan)
  • 60 gr kismis
  • selai kacang secukupnya
 
Cara membuat :
Siapkan cetakan muffin, alasi dengan paper cup (saya gunakan cetakan bolu kukus yang dialas paper cup). Panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius.
Campur tepung, baking powder, baking soda dan garam, aduk rata dengan balloon whisk, sisihkan. Di mangkuk lain campur telur dan gula serta vanili bubuk, aduk dengan balloon whisk sampai gula sedikit larut, tambahkan minyak dan buttermilk, aduk rata kembali, tuangkan ke dalam mangkuk berisi tepung, aduk cepat asal rata, masukkan kismis dan chocochips, aduk kembali asal rata. Tuangkan sedikit ke paper cup, isi dengan selai kacang kurang lebih 1/2 sendok teh, isi lagi dengan adonan muffin sampai 3/4 penuh, lakukan sampai habis. Taburi dengan chocochips. Tata di loyang, panggang selama kurang lebih 25-30 menit sampai permukaan kuning kecoklatan, lakukan test tusuk. Keluarkan dari oven dan dinginkan.


buttermilk muffin chocochips raisin peanut butter

Nah semoga resep Buttermilk Muffins with Chocochips Raisin & Peanut Butter ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Kok stop sih, mba? Padahal di posting saya yang Roti Gulung Milo baru saya beberkan kalo mba Monic lagi demam masakan Korea yang namanya bikin lidah keseleo,heheheh.

    Muffinnya pasti mantap tuh, mba. Komplit, plit, plit. Ada kismis, chocochips dan selai kacang. Mmmmm.. Yummy

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi hi iya mba, distop dulu, dijeda begitu biar yang baca ga bosan.. korea melulu

      he eh mba muffinnya cukup komplit isinya neh, mumpung ada bahannya campur saja semua.. dan memang yummy he he he

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.