Kimchi Bokkeumbap (Nasi Goreng Kimchi)



nasi goreng kimchi

Nah ini dia nih salah satu olahan kimchi yang saya buat, yup nasi goreng kimchi atau kimchi bokkeumbap. Mumpung punya kimchi homemade yang tidak perlu disayang-sayang, he he he... kalau beli kan disayang-sayang, ya dengan menyantapnya dengan nasi hangat sudah enak jadi lebih berasa kimchinya.

Walaupun ini namanya saya sebut kimchi bokkeumbap tapi ini nasi goreng kimchi ala-ala saya sendiri, suka-suka saya memasukkan bahan tambahan yang lain, tapi tetap donk ada kimchinya. Tapi percayalah rasanya enak... top deh.. duh jadi ingin buat lagi. 

Hmmm kalau sudah selesai fermentasi kimchi yang saya buat lagi, nantinya saya akan buat lagi neh nasi goreng kimchinya. Jadi ceritanya saya masih semangat membuat kimchi, jadilah tadi saya membuat lagi kimchi dengan takaran yang lebih banyak he he he.. supaya lebih puas. Nah tadi saya masih gunakan resep yang sama dengan resep kimchi sebelumnya yaitu resep mak kimchi atau simple kimchi. Tadinya tergoda untuk membuat yang versi tradisional ala ibu Hyosun yang menggunakan pasta tepung ketan, tapi nanti deh... lain kali saya coba.

Kalau kimchinya sendiri, disantap dengan nasi hangat begitu saja, bapaknya Sophie tidak doyan, jadi kalau diolah menjadi nasi goreng begini jadinya doyan, secara kalau sudah diolah begini kimchinya tidak begitu berasa asamnya. Asamnya samar saja dan tentunya aroma khas kimchi itu juga samar saja beda kalau dimakan begitu saja, semua rasa kuat semua, asin, asam, dan bau khasnya.

Karena saya itu masih sangat suka dengan kimchi jadilah walaupun sudah ada kimchinya di nasi goreng, tetap ya saya tambahkan juga kimchinya untuk topping, jadilah makin afdol deh rasa nasi gorengnya, tentu saja tidak saya lakukan pada porsi nasi goreng bapaknya Sophie he he he..

Sippp deh, berikut langsung ke resep nasi goreng kimchi atau kimchi fried rice ini ya... silakan..

Nasi Goreng Kimchi

Bahan :
  • 2 piring nasi putih
  • 1 mangkuk kecil kimchi, iris-iris (jumlah kimchi sesuai selera saja ya)
  • 1 genggam teri
  • 1 butir telur
  • 3 siung bawang putih cincang
  • 5 sendok makan air kimchi
  • 1/2 sendok makan saus tiram
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • irisan daun bawang dan daun seledri untuk taburan

Cara membuat :
Dengan api besar, panaskan minyak, goreng teri hingga garing, ketepikan, masukkan bawang putih, tumis hingga harum, ketepikan, masukkan telur, orak-arik sampai matang, masukkan kimchi, aduk rata, masukkan nasi, beri saus tiram dan merica bubuk, aduk rata, tambahkan air kimchi, aduk rata kembali dan masak hingga semua tercampur dengan baik, cicipi rasanya, jika dirasa perlu bisa tambahkan garam, angkat dan beri taburan irisan daun bawang dan daun seledri.


resep nasi goreng kimchi bokkeumbap


Nah semoga resep nasi goreng kimchi atau kimchi bokkeumbap ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Wuih, masih demam Korea nih mba Monic. Heheheh...

    Kimchi kayak Nano Nano dong kalo gitu. Manis, asam, asin rasanya. Heheheh.

    Menggoda euy.... Nasi goreng kimchinya. 👌👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya neh mba Ima, masih lanjut demam koreanya he he he.. iya mba bener kayak nano nano rasanya.. ntar kalau sudah sembuh kalau mood boleh dicoba mba hehehe

      Delete
  2. Keliatannya enak nasgornya ya, mba warna nya merah. Tp mo bikin kimchi kok blm minat aq ya. Krn aq gk gitu doyan sawi putih mba.
    Oiya, tq resep donat labu tanpa ulennya ya mba. Enak dan gk pake tenaga hihi...

    Rini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba merah2 gini nasgornya kliatan enak, tapi ini enak beneran mba, kata saya loh ya..he he he
      oalah ga gitu doyan sawi putih toh... wah jadi ga minat buat kimchi donk ya..
      sama2 mba Rini, wah senang deh saya kalau suka dengan donatnya he he he

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.