Puding Roti Pandan Santan



puding roti tawar pandan santan

Kalau ada sisa roti tawar ujung-ujungnya ya dibuat puding roti begini, nah karena beberapa hari terakhir bekal Sophie itu roti tawar berselai maka karena sudah bosan ya sisa deh roti tawarnya. Mau dibiarkan begitu saja sampai expired sayang juga, ya sudahlah buat puding roti lagi saja, nah kali ini buat puding roti pandan bersantan.

Biasanya kan kalau buat puding roti saya selalu menggunakan susu cair, nah karena stok susu cair juga tinggal sedikit ya sudahlah buat versi santan saja. Dan paling enak itu kalau santan dipadupadankan dengan pandan. Berhubung tidak ada stok daun pandan, akhirnya pakai pasta pandan saja. Walaupun lebih afdol kalau pakai daun pandan sih ya.

Biasanya kalau saya ke swalayan, selalu menyempatkan diri membeli daun pandan, tapi biasanya kalau saya sudah membeli daun pandan, mood memasak menggunakan daun pandan itu entah kemana, jadilah selalunya daun pandannya terbuang. Nah kalau di swalayan daun pandan cukup murah, per ikat seharga seribu rupiah saja.

Dan ternyata puding roti pandan bersantan ini rasanya gurih, legit dan lembut sekali, jadi rasanya ketika makan itu kok enak sekali ya... hmmm padahal bahan-bahannya cukup sederhana tapi bisa memberikan kelezatan di lidah seperti itu halah.... he he he..

Nah puding roti pandan ini saya panggang saja, walaupun tadinya saya berniat mau dikukus saja, tapi karena kukusan saya kecil otomatis tidak bisa sekaligus mengukusnya, jadilah kembali lagi ke selera asal, dipanggang, karena memang menurut saya malah lebih praktis dipanggang karena oven saya cukup besar, bisa sekaligus dipanggang. Bagi yang ingin mencoba resep ini tapi tidak mau dipanggang, silakan dikukus ya, rasanya pasti lebih lembut.

Tadi Sophie katakan kalau dia mau lagi puding ini, berhubung tidak ada stok roti tawar jadilah nanti saya sengaja beli deh roti tawarnya khusus untuk membuat puding ini, hmmm memang rasa tidak bisa bohong kan ya..

Sipp berikut resep puding roti pandan santan ya..


resep puding roti pandan santan


Puding Roti Pandan Santan
untuk 9 buah alumunium cup

Bahan :
  • 10 lembar roti tawar berkulit
  • 500 ml santan sedang (saya gunakan 2x65ml santan instan plus air sehingga volumenya menjadi 500ml)
  • 1/4 sendok teh pasta pandan (atau gunakan jus pandan, volumenya disesuaikan dengan jumlah santan, kurangi takaran santan sejumlah jus pandan)
  • 3 butir telur berat dengan cangkang @60gr
  • 175 gr gula pasir
  • 3 sendok makan margarin, lelehkan
  • 50 gr kismis
  • 30 gr keju parut untuk taburan

Cara membuat :
Potong roti tawar sesuai selera, saya potong-potong kotak dimana 1 buah roti tawar saya bagi 8 bagian, sisihkan. Siapkan alumunium cup atau loyang yang dioles minyak atau margarin, panaskan oven set di suhu 180 derajat celcius.
Di mangkuk, kocok telur dan gula dengan balloon whisk sampai gula sedikit larut, tambahkan santan dan pasta pandan, aduk hingga rata, tuangkan margarin cair, aduk rata kembali. Masukkan potongan roti tawar ke dalam alumunium cup atau loyang, tambahkan kismis. Masukkan roti tawar sambil sedikit ditekan supaya padat. Tuangkan campuran santan, gula dan telur, tuangkan sampai hampir penuh dan semua bagian roti terendam oleh cairan. Taburi dengan keju parut, panggang selama kurang lebih 20-25 menit sampai permukaan terlihat kering.. lakukan test tusuk. Keluarkan dari oven dan dinginkan.

Catatan : begitu dipanggang, puding roti akan mengembang tapi begitu sudah dingin akan mengempis kembali.

Lihat olahan roti tawar yang lain berupa puding roti, ini dia.... puding roti tawar


resep puding roti tawar pandan santan

Nah semoga resep puding roti tawar pandan santan ini  bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya..


Selamat mencoba...




NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Mmmmm... Yummy banget kelihatannya. Dulu saya bahkan terkadang sengaja beli roti hanya untuk buat puding.
    Mba Monic bikin aku merana lagi, heheheh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mba Ima... sori ya.. saya posting makanan yang belum bisa mba Ima makan aja... jadi cuma bisa buat ngiler.. he he he sabar ya..

      Delete
  2. Replies
    1. terima kasih.. silakan dicoba..semoga cocok dengan selera ya..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.