Donat Paha Ayam



donat paha ayam

Donat paha ayam, namanya cukup unik, dikarenakan bentuknya mirip paha ayam kali ya. Hmmm asal donat ini sebenarnya dari mana ya...tapi dikatakan kalau donat ini asalnya dari Medan, tapi ada juga di Pekanbaru dan ada juga tentunya di Batam.

Saya tidak ingat sih pernah melihat donat begini di tempat lain, tapi dulu di Batam donat paha ayam ini merupakan salah satu jajanan yang dijual di jajanan kue pagi hari. Dan ternyata cukup laris.. walaupun saya tidak begitu menyukainya karena memang biasanya yang dijual taburannya adalah meses berwarna-warni.

Dulu ingat yang menerima titipan kue-kue ini sempat mengatakan kepada saya kalau yang biasanya buat donat paha ayam akan pulang kampung. Jadi si ibu ini bertanya kepada saya, bisa tidak buat donat paha ayam? kalau bisa buat donk, biar jual di sini, laris loh... hmmm bisa tidak ya.. begitu jawaban saya.. tapi dalam hati tidak pernah berniat mencoba membuatnya..he he he..

Dan setelah saya perhatikan memang saya tidak pernah lagi melihat donat paha ayam yang di jual di jajanan pagi hari di tempat saya ini. Sudah lama menghilang dari peredaran, sudah banyak kue-kue baru juga selain tentunya kue-kue yang tak lekang oleh waktu, sebut saja wajik gula merah, lemper, bolu kukus, onde-onde, sala lauak, dll.

Nah beberapa waktu yang lalu lihat mba Vika Lyn posting donat paha ayam, hmm jadi kepikiran mau buat juga, apalagi lihat donat paha ayamnya mba Vika taburannya meses ceres coklat, jadi mengundang selera saya. Akhirnya kemarin coba buat sendiri deh.. tapi bingung mau pakai resep yang mana, periksa stok kentang dulu, eh ada.. jadilah saya memutuskan menggunakan resep donat kentang ncc saja. 

Dan mengenai fotonya, konsepnya mirip juga dengan konsep foto mba Vika, hi hi hi... nyontek konsepnya ya mba... habis cute sih... sederhana tapi buat ngilerin orang yang lihat. Terima kasih ya mba..

Tapi taburan donat paha ayam saya adalah dcc yang diserut pakai parutan keju saja, secara sedang tidak ada stok meses coklat, adanya meses warna-warni, kalau nekat pakai meses warna-warni juga, bakalan tidak ada yang mau makan donk.. akhirnya ya sudah, pakai dcc, dan rasanya enak...enak.. enak..

Dan tetap ya... Sophie dan bapaknya doyan yang tanpa taburan, jadi mereka lebih memilih makan yang polosan. Untungnya saya buat hanya 3 buah yang diberi topping, dua sudah saya santap, sisa satu yang belum tahu kapan mau saya santap lagi he he he...

Sophie sudah makan juga yang donat dengan taburan tapi hanya versi pantomim saja, ketika saya makan donatnya, dia pura-pura mengambil donat saya, lalu pura-pura makan donatnya, ha ha ha... bisa saja nih anak. Gerakan pantomim makan sambil senyum-senyum.

Ok deh... yang mau lihat resepnya ini dia.. silakan...


donat paha ayam khas medan

Donat Paha Ayam
untuk 14 buah donat


Bahan :
  • 250 gr tepung terigu protein tinggi, saya gunakan merk golden eagle
  • 1 1/4 sendok teh ragi instan
  • 50 gr gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 25 gr tepung maizena
  • 100 gr kentang kukus, dinginkan sejenak, haluskan
  • 2 kuning telur
  • 40 gr margarin
  • 75 ml susu cair dingin

Bahan olesan :
  • buttercream abal-abal : 1 sendok makan blueband + 1/2 sendok makan susu kental manis, aduk rata dengan sendok

Bahan taburan :
  • dark cooking coklat serut

Cara membuat :
  1. Di mangkuk, campur tepung terigu, tepung maizena, ragi instan, gula pasir, garam, aduk rata, masukkan kuning telur, kentang, susu cair dingin, uleni hingga adonan menyatu (saya uleni kurang lebih selama 2 menit)
  2. Tambahkan margarin, uleni kembali hingga kalis dan lembut, kurang lebih selama 10 menit (jika mampu, uleni sampai kalis elastis), tutup mangkuk dan biarkan selama kurang lebih 45 menit, kempiskan adonan, bagi menjadi 14 bagian dengan berat kurang lebih 40gr, bulatkan masing-masing, letakkan di alas bertabur tepung tipis. Ambil satu bulatan, bentuk menyerupai paha ayam (bentuk lebih panjang lagi kalau ingin bentuknya tidak begitu bulat), letakkan kembali di wadah bertabur tepung tipis, lakukan sampai selesai diamkan kembali selama kurang lebih 20 menit dalam kondisi tertutup (tutup dengan serbet atau plastik wrap)
    cara membuat donat paha ayam
  3. Panaskan minyak yang cukup banyak dengan api kecil, goreng hingga kuning kecoklatan, balik dan goreng sisi sebaliknya. Angkat dan tiriskan.
    donat stik paha ayam
  4. Beri olesan butter cream dan taburi dengan meses atau dcc parut, tusuk dengan tusuk sate

resep roti donat paha ayam

Nah semoga resep donat paha ayam ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera...


Selamat mencoba...




NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Mba Monic emg rajin, euy...Makin montok deh Sophie hehe....Klo di Medan donat paha ayamnya agak memanjang dikit ke bawah mba...
    Gk tahan liat gbrnya...comot atu ahh!

    -Rini

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mba Rini, kerajinan ya... habis gatel pengen nyoba ini itu neh.. jadi makin montok Sophienya ha ha ha...

      iya mba, seharusnya memang agak memanjang ya.. ini masih terlalu bulet, jadi donat paha ayam montok deh

      silakan dicomot mba..

      Delete
  2. Iiihhh..... Unyu-unyu, mba.
    Saya juga baru tahu mba ada Donat Paha Ayam. Jadi pengen bikin versi panggangnya. Bisa gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi edisi baru tahu ya...he he he..
      bisa sih dibikin versi panggang, tapi nanti jadi kayak roti, dan ada bagian yang datarnya, jadi yang menggembung di bagian depan saja.. ga masalah sih..

      Delete
  3. Iya nih mba ketinggalan kereta eh info tentang Donat Paha Ayam maksudnya. Heheheh....

    Iya juga ya, mba. Pasti gak bulat kalo dipanggang karena satu sisinya datar dan rasanya seperti roti biasa bukan donat. Jadi dilema diriku ini memikirkannya, heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya karena memang tidak umum sih ya di daerah lain

      he eh jadinya roti paha ayam tapi versi gepeng sebelah he he he.. gpp kok.. yang penting kan rasanya toh..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.