Donat Kentang NCC



donat kentang ncc

Okey deh tidak jauh-jauh dari roti-rotian lagi, masih saudaranya juga, yup.. donat, nah kali ini saya posting dulu resep donat kentang fenomenal, apalagi kalau bukan donat kentang NCC. Jadi saya yakin neh yang namanya donat kentang, banyak yang pakai resep patokan donat kentangnya bu Fatmah Bahalwan ini.

Dari segi tekstur memang donat kentang terkenal ya kelembutannya. Dulu saya pernah buat donat kentang juga dan sudah diposting di blog ini, hanya dulu itu donat kentang-nya JTT, sama memang, he he he ternyata ya mba Endang pakai resep ini juga, halah... tapi kalau kita ketik keyword di google, donat kentang, ada beberapa suggestion, donat kentang ncc, donat kentang jtt, dll.. nah ternyata walaupun sama resepnya, donat kentang jtt juga fenomenal.

Mengulang membuat donat kentang lagi, hanya tadi sempat deh mau sedikit improvisasi resep, supaya tidak mengulen terlalu lama, karena kalau sudah ada kata uleni sampai kalis elastis, ini saya sungguh menyerah. Dan selama ini kalau harus menguleni sampai kalis elastis, tekstur donat atau roti yang saya buat tidaklah begitu sesuai dengan yang saya harapkan, walaupun tetap lembut. Sebut saja roti fenomenal juga, killer soft bread resep Victoria Bakes, yang pernah saya coba, lembut memang tapi tidaklah seperti tekstur kalau diuleni sampai kalis elastis.

Nah sama juga dengan donat kentang NCC ini, teksturnya lembut tapi tetap beda ya kalau diuleni sampai kalis elastis. Nah kalis elastis itu adalah kondisi dimana kalau adonan roti ditarik, adonannya transparan, ditarik tidak sobek. Kalau sudah sampai kondisi ini maka tentu adonan roti akan menghasilkan tekstur roti yang lembut.

Hmmm tadi sempat mau campur tepung terigu protein rendah atau protein sedang, mau pakai air hangat saja, bukan air es. Tapi ah sudahlah ikuti resep saja dulu deh.. nanti kalau saya rubah-rubah bukan donat kentang NCC deh. Eits, tapi tetap saja ada yang saya rubah dink, air es saya ganti susu cair dingin...susu bubuk saya ganti dengan tepung maizena.. nah loh...wakakak.. ini sih tetap memodifikasi resep kakak...ai ai...

Nah kali ini saya buat donat kentang tidak menggunakan cetakan donat, hanya dibulatkan dengan jari tangan saja, lebih mudah dan hasilnya tidak kalah bagus dengan donat yang menggunakan cetakan. Dan untuk kali ini saya hanya buat setengah resep. Untung buat hanya setengah resep, ini saja sudah banyak jadinya. 

Dengan setengah resep, lumayan juga rasanya menguleni, secara karena sudah terbiasa dengan resep roti-rotian tanpa ulen, ealah ketika harus mengulen, rasanya sangat berat, halah...semoga nanti saya ada keinginan buat memodifikasi resep donat kentang ini menjadi resep donat kentang tanpa ulen, seperti donat labu kuning tanpa ulen, hmmm kurang lebih begini kali nanti resep donat tanpa ulennya, he he he... next time saya coba, semoga memuaskan hasilnya.

Berikut resep donat kentang NCC yang sudah saya modifikasi ya...

Donat Kentang NCC
modified by Monic
untuk 15 buah donat

Bahan :
  • 250 gr tepung terigu protein tinggi, saya gunakan merk golden eagle
  • 1 1/4 sendok teh ragi instan
  • 50 gr gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 25 gr tepung maizena
  • 100 gr kentang kukus, dinginkan sejenak, haluskan
  • 2 kuning telur
  • 40 gr margarin
  • 75 ml susu cair dingin

Cara membuat :
  1. Di mangkuk, campur tepung terigu, tepung maizena, ragi instan, gula pasir, garam, aduk rata, masukkan kuning telur, kentang, susu cair dingin, uleni hingga adonan menyatu (saya uleni kurang lebih selama 2 menit)
  2. Tambahkan margarin, uleni kembali hingga kalis dan lembut, kurang lebih selama 10 menit (jika mampu, uleni sampai kalis elastis), tutup mangkuk dan biarkan selama kurang lebih 30 menit, kempiskan adonan, bagi menjadi 15 bagian dengan berat kurang lebih 40gr, bulatkan masing-masing, letakkan di alas bertabur tepung tipis, diamkan kembali selama kurang lebih 30 menit dalam kondisi tertutup (tutup dengan serbet atau plastik wrap)
  3. Panaskan minyak yang cukup banyak dengan api kecil, ambil bulatan adonan, lubangi dengan jari, putar-putar dengan jari sehingga lubang membesar (atau gunakan cetakan donat), goreng hingga kuning kecoklatan, balik dan goreng sisi sebaliknya
  4. Angkat dan tiriskan, sajikan dengan taburan gula halus, atau beri topping sesuai dengan selera


resep donat kentang ncc empuk

Nah semoga resep donat kentang NCC modifikasi ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya..


Selamat mencoba...




NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.