Bakpao Ayam & Wortel dengan Tepung Pao



bakpao ayam wortel tepung pao

Jiahhh sudah bulan Maret aja neh, tidak berasa ya bulan kedua di tahun 2017 sudah kita lewati. Nah postingan saya yang pertama di bulan Maret ini adalah bakpao dengan tepung pao isi tumisan ayam dan wortel.  Hmm ini kali pertama saya membuat bakpao dengan tepung khusus bakpao ini. Penasaran juga saya dengan hasil bakpaonya. Selama ini kalau membuat bakpao selalu menggunakan campuran tepung terigu protein rendah dan sedang. Hasilnya sudah cocok dengan selera saya.

Tapi tidak ada salahnya mencoba sesuatu yang baru kan ya.. nah kebetulan beberapa waktu yang lalu saya iseng melihat tepung pao ini di swalayan, biasanya saya tidak pernah tergerak hati untuk membelinya, tapi kala itu, langsung deh masukkan si kotak tepung bakpao ini ke kereta belanja. Oh iya, ternyata di dalam kotak tepung bakpao ini ada juga ragi instannya 2 bungkus, tapi saya belum coba pakai ragi instannya, belum berani karena baru pertama kali buat bakapo dengan tepung pao ini, lain kali saya coba.

tepung bakpao

Nah semakin penasaran deh mencobanya. Ok deh browsing dulu... dan saya ketemu dengan resep bakpao ini di blognya mba Luluk Williams - best mantau dan bakpao. Tapi kali ini saya mencoba resep bakpaonya saja dulu, mantaunya nanti deh. Terima kasih resepnya mba Luluk.

Hmmm di proses membuat bakpao ini adonan harus diuleni paling tidak selama 20 menit, duh... begitu kata saya dalam hati..ini yang berat kalau harus menguleni lama-lama, padahal kata mba Luluk neh makin lama diuleni makin lembut tekstur paonya. Tapi saya hanya menguleni selama 10 menit saja... ya ya..ya.. memang sih saya pangkas waktu menguleni menjadi hanya setengahnya..bagaimana hasilnya.. menurut saya tetap lembut dan empuk kok. 

bakpao dengan tepung pao

Dan permukaan bakpaonya kalau boleh saya katakan cukup mulus, tidak mengkerut. Dan saya suka dengan bakpao ini. Hmmmm saya coba beri Sophie makan satu buah... ealah tidak lama dia menghampiri lagi... masih ada roti putih tadi ibu? oh masih nak.. mau lagi.. mengangguk sambil tersenyum. 

Nah karena ketika membaca resep mba Luluk di proses menguleni paling tidak selama 20 menit tadi, maka saya mengambil keputusan, buat setengah resep saja. Padahal resep mba Luluk itu hanya menggunakan 300 gr tepung bakpao, tapi saya kurangi lagi menjadi setengahnya, hanya menggunakan 150 gr saja tepung bakpaonya, dan alhasil hanya menghasilkan 5 buah bakpao ukuran sedang. Ya lumayanlah  buat penghuni rumah yang hanya 3 orang ini he he he...

Okey deh,  langsung ke resep ya.. saya tuliskan resep yang saya buat ya.. silakan.. temukan resep bakpao lainnya yang menggunakan tepung terigu di sini... bakpao

Bakpao Ayam & Wortel dengan Tepung Pao

Bahan roti :
  • 1/2 sendok teh ragi instan
  • 90 ml susu cair hangat (atau bisa gunakan air hangat)
  • 150 gr tepung bakpao
  • 25 gr gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh baking powder double action
  • 25 ml minyak goreng (atau bisa gunakan 25 gr mentega putih)
  • tepung untuk taburan (gunakan saja sedikit tepung bakpao)

Cara membuat :
Campur susu cair dan ragi instan, aduk dan biarkan hingga berbuih, di mangkuk ukuran cukup besar, masukkan tepung bakpao, gula pasir, garam dan baking powder, aduk asal tercampur dengan sendok. Tambahkan minyak goreng, aduk asal rata, masukkan campuran ragi dan air, uleni selama kurang lebih 20 menit hingga kalis dan lembut, semakin lama diuleni semakin bagus (saya hanya menguleni selama 10 menit). Tutup adonan dengan plastik wrap atau serbet, diamkan selama kurang lebih 30 - 40 menit atau sampai volumenya menjadi 2 kalinya.


Tumisan Ayam Wortel 

Bahan :
  • 100 gr dada ayam tanpa tulang dan kulit, potong kecil
  • 250 gr wortel, parut kasar
  • 1 buah bawang bombay ukuran kecil, potong dadu kecil
  • 3 siung bawang putih cincang
  • 2 sendok makan dark soy sauce *
  • 1 sendok makan gula pasir * ganti dengan kecap manis + 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok teh saus tiram
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
Tumis bawang putih sampai harum, masukkan bawang bombay, tumis sampai transparan, masukkan potongan dada ayam, aduk hingga berubah warna, masukkan wortel parut, aduk rata, tambahkan kecap asin, gula pasir, saus tiram dan merica bubuk, aduk rata, masak hingga kering, cicipi rasanya, angkat dan biarkan dingin.


Penyelesaian :
Kempiskan adonan bakpao, bagi menjadi 5 bagian, bentuk bulat masing-masing, ambil satu bulatan, gilas dan isi dengan satu sendok makan penuh bahan isian, tutup dan bulatkan kembali, letakkan di kertas roti atau paper cup, lakukan sampai habis. Tutup bakpao dan biarkan mengembang kembali selama kurang lebih 30 menit. Panaskan kukusan hingga mendidih, kukus bakpao dengan api sedang-besar selama kurang lebih 8-10 menit atau sampai matang tergantung ukuran bakpao (alasi tutup kukusan dengan serbet bersih supaya air tidak menetes membasahi bakpao).


resep bakpao ayam wortel tepung pao

Nah semoga resep bakpao ayam dan wortel dengan menggunakan tepung pao ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...




NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Enak ini....keliatan lembut.
    Lebih enak mana mba, pake tepung pau atau terigu biasa?

    Rini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Rini enak mba, lembut..enak mana ya..he he he.. yang pakai tepung pao kayaknya mba, lebih lembut tapi yang pakai tepung terigu juga enak.. ha ha ha bingung deh..

      Delete
  2. Mmmmm.... Yummy...
    Ngiler bin enceesss ngeliat paonya.
    Sayang cuma 5 buah, ngak cukup dibagi-bagi. Heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mba Ima, buatnya sedikit aja.. biar ga capek nguleni..he he he

      Delete
  3. Monic's Simply Kitchen, suka banget cara penyampaiannya, serasa diajak ngobrol di depan meja dapurnya, hehehe....
    Makasih resep2nya mba, aq udah eksekusi pizza mini dan donutnya....
    Pengen jg pau inih lain waktu. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai mba... (eits tapi namanya siapa neh he he he).. wah bisa aja neh mba.. hi hi hi senang deh kalau disuka.. hayuk ah kemari kita masak sambil ngobrol

      sama-sama mba, terima kasih ya karena sudah mencoba dan meluangkan waktu menuliskan komentar di sini.. he eh mba cobain deh lain waktu.. siapa tahu cocok dengan selera

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.