Resep Calzone (Pizza Lipat)



resep calzone

Mencoba pizza tapi versi lipat, yup calzone, dari dulu penasaran ingin buat sendiri si pizza lipat ini, tapi selalunya belum mood. Nah mumpung mood datang, segera eksekusi, tapi tidak mau pakai isian yang ribet dan pakai lama, ahai.. ada tuna kaleng yang sandwich spread, ah tidak masalah, yang penting praktis he he he.

tuna spread ayam brand

Jadi olesan hanya saus tomat (tadinya mau dicampur oregano, tapi lupa), isian hanya tuna spread, irisan daun seledri dan keju mozarela. Nah kali ini saya mencoba menggunakan tepung terigu protein sedang dari bungasari, bola salju. Secara tepung terigu protein tinggi dari bungasari juga yaitu merk golden eagle belum muncul lagi di pasaran. Cari di beberapa swalayan besar kok tidak ada ya.. ya sudahlah.. nanti muncul lagi.

Belakangan ini saya merasa lebih cocok pakai produk bungasari ini, teksturnya sesuai dengan selera saya.. bukan tekstur tepung mentahnya ya.. tapi begitu sudah jadi olahan he he he.. Jadi biasanya saya akan menyetok tuh 3 jenis tepung dari bungasari ini. Nah golden eagle itu tepung terigu protein tinggi, bola salju tepung terigu protein sedang, hana emas tepung terigu protein rendah. Uppsss tapi ini bukan iklan loh ya.. hanya pendapat pribadi.

Kalau tepung bola salju ada yang jual di toko sembako di pasar, jadi kalau butuh tinggal cuss ke pasar. Harganya pun lebih murah dibandingkan dengan harga di swalayan. Tapi kembali kepada selera ya, jenis dan merk tepung ini.

Merk yang sudah terkenal tentu saja dari bogasari, cakra kembar untuk tepung terigu protein tinggi, segitiga biru tepung terigu protein sedang dan kunci biru tepung terigu protein rendah. Nah adapun di pasaran merk lainnya, saya tidak begitu ingat.

Nah sudah pada tahu kan kegunaan masing-masing tepung ini, kalau untuk membuat mie dan roti-rotian, gunakan tepung terigu protein tinggi, untuk gorengan ataupun bisa untuk cake dan roti juga gunakan tepung terigu protein sedang, inilah mengapa tepung ini disebut dengan tepung serbaguna. Sedangkan untuk pembuatan cake dan cookies gunakan tepung terigu protein rendah. Karena saya ini hobi membuat macam-macam, jadi selalu sedia tepung ini di dapur, tentu saja tidak ketinggalan tepung beras, tepung ketan dan juga tepung tapioka, halah... koleksinya tepung he  he  he..

Resep calzone ini saya modifikasi dari resep pizza yang biasa saya gunakan ya, yang sudah sering sekali saya tampilkan di blog ini. Hanya karena pizza ini kan mau dilipat, jadi saya tambahkan takaran tepungnya, supaya lebih kokoh adonanannya, tapi ternyata kurang banyak juga tepungnya, adonannya masih belum kokoh, jadi agak susah memindahkannya dari meja ke loyang, butuh bantuan spatula, tapi hasilnya empuk, lembut dan tentu saja enak...enak.. saya suka. Dan Sophie pun sangat menyukainya.. satu buah sudah saya beri sebelum sesi pemotretan, eh di tengah-tengah sesi, kembali lagi kepada saya minta lagi calzonenya, enak katanya..

Ok deh, yang mau intip-intip resepnya, ini dia ya.. silakan..

Pizza Lipat Calzone

Bahan :
  • 120 ml air hangat
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 160 gr tepung terigu protein sedang
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak goreng

Bahan lainnya :
  • kurang lebih 4 sendok makan saus tomat (saya gunakan saus tomat homemade)
  • 1 sendok teh oregano jika suka (saya lupa gunakan)
  • keju mozarela secukupnya, parut kasar (kurang lebih 40 gr)
  • tuna spread dalam kaleng (bisa gunakan isian lainnya, dengan catatan sudah matang ya..)
  • 2 batang daun seledri, iris
  • sedikit susu cair untuk olesan

Cara membuat :
Larutkan gula pasir dengan air hangat, beri ragi instan, aduk rata, diamkan sampai berbuih kurang lebih selama 10-15 menit. Sementara itu di mangkuk cukup besar, campur tepung dan garam, aduk rata, tuangkan larutan ragi, aduk hingga bergumpal (bisa gunakan sendok atau tangan), tambahkan minyak goreng, aduk rata kembali dan uleni perlahan sampai tercampur rata, tidak perlu lama, kurang lebih 1-2 menit saja, bulatkan adonan dan tutup mangkuk, biarkan selama kurang lebih 20 menit.

Campur saus tomat dan oregano jika menggunakan oregano, sisihkan. Begitu adonan sudah mengembang, kempiskan adonan, letakkan di alas bertabur tepung, baluri tangan dengan tepung, karena adonan lengket. Bagi adonan menjadi 6 bagian atau sesuai dengan selera. Bulatkan adonan asal saja dan letakkan di wadah bertabur tepung tipis.

Sementara itu siapkan loyang, olesi dengan minyak tipis saja, panaskan oven set di suhu 200 derajat celcius.

Ambil satu bulatan yang pertama kali dibentuk, pipihkan dengan tangan atau dengan rolling pin, beri olesan saus di bagian tengah, jangan sampai ke tepi bulatan, sisakan bagian tanpa bersaus kurang lebih 2cm. Beri tuna spread, daun seledri dan keju mozarela parut. Tutup adonan dan tekan bagian tepi dengan garpu. Perlahan pindahkan ke loyang, saya gunakan spatula supaya mudah memindahkannya. (Catatan : jangan lupa memberi tepung di alas sebelum memipihkan adonan, supaya adonan mudah dipindahkan) Lakukan sampai selesai (beri jarak calzone di loyang karena adonan akan mengembang).
cara membuat calzone


Olesi pemukaan calzone dengan susu cair, panggang selama kurang lebih 12-15 menit sampai bagian bawah kecoklatan dan bagian atas kuning kecoklatan. Keluarkan dari oven dan siap dinikmati kala hangat.


resep pizza lipat calzone

Nah semoga resep calzone pizza lipat ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya... 


Selamat mencoba..




NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Aku mau, mba. Minta satu dong..., heheheh

    Kalo di sini, saya malah belum pernah liat terigu dari Bungasari, mba. Adanya produk Bogasari dan PT. Interflour.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau ya.. boleh.. tapi dibuatin dulu yang ini sudah habis he he he..

      oh iya belum sampai sana ya.. kalau bogasari sudah sampai mana-mana ya

      tepung dari interflour kayaknya ada juga deh di sini

      Delete
  2. Hi, mbak Monic.
    Nanya donk utk Tuna spread bs diinfo pakainya merk apa ya ?
    Thanks.
    Nana - Densel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Nana, tuna spreadnya saya gunakan ayam brand mba, sudah saya update di postingan ya.. sudah saya sertakan gambar tuna spread kalengnya.

      Terima kasih mba Nana.

      Delete
  3. Kalau Kompas dari Interflour di pasar atau warung dekat rumah banyak, mba. Mungkin karena pabriknya ada di Makassar. Sedangkan produk Bogasari adanya di Alfa Midi atau minimarket tertentu, mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya ya.. karena pabriknya di Makassar jadi banyak di pasaran ya..oh gitu malah bogasari yang ada di minimarket tertentu ya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.