Saus Tomat Homemade



homemade tomato sauce

Berkali-kali malas, akhirnya saya buat juga saus tomat homemade ini, hmmm akhirnya bisa juga buatkan pizza untuk Sophie. Wah senang sekali dia ketika tahu saya membuat saus tomat ini, berkali-kali bertanya tentang sausnya dan langsung saja menagih pizza.

Akhirnya sore harinya saya buatkan pizza ayam paprika untuknya, tapi sayangnya saya malas untuk mengabadikan pizzanya, secara sudah sore sekali, cahaya matahari sudah tidak banyak lagi, daripada mendapatkan gambar yang buram, ya sudahlah, kapan-kapan lagi saya buat dan saya foto.

Saya buat saus tomat ini tidaklah banyak, hanya menggunakan 300gr tomat, hmmm bukannya karena harga tomat mahal, malah murah, hanya 10 ribu perkilo. Tapi saya ini hanya coba-coba dulu, nah kalau suka baru deh buat lagi. Dan ternyata saya suka, rasanya sudah pas, mirip dengan saus tomat botolan rasanya, hanya tentu saja versi saya tidaklah terlalu halus, masih ada butiran bawang putih dan masih ada biji tomatnya he he he...

Nah tujuan saya membuat saus tomat ini sih sebenarnya memang untuk saus pizza, tapi saya tidak menambahkan oregano di sini, oregano saya campurkan ketika saya sudah mempersiapkan adonan pizzanya, jadi saus tomat homemade ini saya campurkan dengan oregano dan sedikit gula pasir, baru dioles di adonan pizza.

Ceritanya siang hari saya buat saus tomatnya, nah siang harinya Sophie minta segera dibuatkan pizza, tapi saya katakan nanti Pipi tidur dulu ya, jadi ini kan butuh mengembang dulu. Nah ibu buatnya waktu Pipi tidur ya, nanti Pipi bangun pizzanya tinggal dioven. Tadinya saya berniat membuat pizza empuk seperti resep tuna mayo pizza, yang menggunakan resep roti tanpa ulen. Tapi ternyata saya juga ketiduran, he he he. Akhirnya bangun-bangun ingat kalau belum buat rotinya. Hmmm sudah ada yang nagih nih.. pizzanya sudah ibu buat? sudah mengembang? begitu tanyanya.

Ya belum buat nak, ketiduran tadi, ya sudah buat dulu ya... akhirnya supaya cepat saya buat yang versi biasa saja bukan yang empuk, yang pizza praktis, hanya butuh 20 menit untuk proses proofing. Waduh karena tidak sabarnya, Sophie bertanya terus, sudah belum? lalu saya tunjukkan adonan di mangkuk yang sedang proses proofing, tunggu ya.. begitu kata saya... 

Dan tada... akhirnya.. semua bahan sudah saya persiapkan semua, jadi tinggal memberi topping, dan saya ajak Sophie menaburkan bahan topping. Aih senangnya dia.. dan tidak membutuhkan waktu lama, pizzanya matang.. langsung deh panas-panas dipotong, dan ternyata dia menghabiskan 1/2 loyang ukuran 22cm... waduh..memang sih 1 loyang itu saya bagi 6, nah biasanya dia mampunya hanya makan kurang dari 2, nah ini mampu 3 potong, hmmm karena sudah lama ingin makan pizza kali ya, jadi dipuas-puaskan makannya.

Lah.. jadi ngomongin pizza yang tidak ada gambarnya he he he...

Berikut resep saus tomat homemade yang saya buat ya, ini dia.. silakan..

Saus Tomat Homemade

Bahan :
  • 300 gr tomat
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 buah jeruk nipis ukuran sedang

Cara membuat :
Cuci bersih tomat, kerat bagian ujung bawah tomat, buat keratan tanda silang (ini untuk memudahkan mengupas kulitnya setelah direbus), didihkan air, rebus tomat sampai kulitnya terlihat mengelupas, angkat dan masukkan ke dalam air es, biarkan beberapa saat hingga dingin, kupas kulitnya. Memarkan bawang putih (ini yang saya lakukan) atau haluskan supaya tidak berbutir. Potong-potong tomat, masukkkan ke dalam chopper atau blender, tambahkan juga bawang putih, haluskan sampai benar-benar halus atau tidak sampai halus, kembali kepada selera masing-masing. Masak tomat halus sampai mendidih, tambahkan garam dan gula pasir, aduk rata, masak hingga meletup-letup, tambahkan air jeruk nipis, masak kembali hingga kental. Cicipi rasanya, tambahkan garam atau gula jika suka, angkat dan dinginkan. Masukkan ke wadah kedap udara, simpan di kulkas.


resep saus tomat homemade

Nah semoga resep saus tomat homemade ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...




NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Saya juga sudah lama ingin membuat Saus Tomat Homemade yang resepnya saya liat di Dapoer Yuyu, mba. Tapi sampai sekarang belum saya praktekkan. Eh... Liat mba Monic bikin saus tomat ini, jadi semakin ingin membuatnya juga. Soalnya resep dari mba Monic bahannya lebih sederhana. Harus Dicoba nih. Apalagi saya suka makan saus tomat kemasan yang tentunya menggunakan pewarna dan pengawet. Terimakasih banyak ya, mba resep simple-nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya... mba Yuyu dulu pernah buat saus tomat juga, lupa saya mba..
      hayo dipraktekkan mba Ima, mudah buatnya, tapi memang hasilnya tidaklah banyak sih.. untuk 300 gr tomat ini, satu toples kecil saja tidak ada he he he

      sama-sama mba Imba, semoga cocok ya dengan resepnya

      Delete
  2. Untung aja ibunya Sophie rajin yah....klo pengen dibuatin makanan bs cepet dibikinin hehe...

    Rini

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha.. iya mba rajin sih rajin tapi kalau sudah malas dan tidak mood boro-boro... ini kan request pizzanya sudah lama mba.. mau pake saus tomat botolan batuk2 Sophienya, nah baru ini deh buat saus tomat sendiri

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.