Ayam Goreng Pandan


resep ayam goreng daun pandan


Yeayyy... ayam goreng pandan ini adalah postingan saya yang ke-1000, wuih.. ternyata selama lebih dari 3 tahun ini saya bisa menghasilkan 1000 judul posting di blog. Walaupun tahun ini merupakan tahun yang sangat tidak produktif, karena alasan sibuk dan tentu saja yang sulit sekali saya hindari karena alasan malas, duh duh.. yang ini sudah kelewatan juga ya..

Nah saya buat ayam goreng pandan ini sih sudah beberapa waktu yang lalu, pas kebetulan ketika saya ke pasar saya lihat ada daun pandan ukuran besar, hmmmm langsung deh kepikiran buat ayam goreng pandan ini. Dulu pernah buat juga ayam goreng pandan, tapi yang ini agak sedikit beda di bumbunya, hanya garam, merica dan sedikit bubuk kunyit.

Untuk membuat ayam goreng pandan ini gunakan bagian fillet ya, baik dada atau paha karena prosesnya hanya digoreng sebentar saja, kebayang kan kalau digoreng bersama dengan tulangnya juga, tentu tidak akan matang sampai ke bagian dalam.

Pernah saya baca sekali dulu di timeline facebook, jika ingin menggunakan ayam dengan tulang, potong ukuran cukup kecil, beri bumbu lalu bungkus dan kukus dulu hingga ayam matang, baru deh digoreng, nah cara begini adalah cara terbaik untuk mematangkan ayam.

Oh iya di resep ini karena saya menggunakan daun pandan yang cukup besar, daun pandannya agak kokoh jadi untuk menutupnya saya menggunakan tusuk gigi saja, tidak seperti sebelumnya saya menggunakan cara melilitnya karena daun pandannya cukup kecil dan lentur.

Kekurangan daun pandan ukuran besar ini adalah daun ini sedikit kurang wangi dibanding dengan daun kecil, memang sih penjualnya sudah mengatakan kalau mau yang wangi, cari daun pandan yang kecil kak.. begitu kata penjualnya. Tapi walaupun begitu, aroma daun pandannya masih terasa kok..

Wokelah... saya sedang bingung lagi mau menulis apa lagi atau mau cerita apa lagi kali ini, jadi sippp ya langsung ke resep saja... siapa tahu ada yang berminat mau membuat juga..

Ayam Goreng Pandan

Bahan :
  • 350 gr dada ayam tanpa tulang dan kulit, potong kotak
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh kunyit bubuk
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • daun pandan secukupnya, cuci bersih dan potong sekitar 15-20cm
  • minyak goreng yang cukup banyak

Cara membuat :
Campur dada ayam dengan merica bubuk, garam dan kunyit bubuk dan minyak goreng, diamkan selama kurang lebih 15 menit. Ambil satu lembar daun pandan, lipat berbentuk segitiga berkantung, isi dengan potongan dada ayam, tutup dan rekatkan dengan tusuk gigi, lakukan sampai selesai. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sebelumnya dengan api sedang. Goreng hingga daun pandan mulai berubah warna, angkat dan tiriskan.


resep ayam daun pandan

Nah semoga resep ayam goreng daun pandan ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba.....




NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. Belum pernah nih masak ayam daun pandan. Belum nemu pandan yang guede buat bungkus ayamnya. Bikin ngiler, nyammm....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mba, paling mantap pake daun pandan guede, jadi kebungkus ayamnya, hayo mba ntar kalau ketemu daun pandan guede coba buat

      Delete
  2. Congratz mba Monic,,,dah mencapai postingan yg ke-1000 aja 😍😍

    Enak tuh kyk nya ayam goreng ada aroma pandannya...😋😋😋

    ReplyDelete
    Replies
    1. ai ai... terima kasih mba Rini..he he he iya sudah banyak juga ternyata
      he eh mba aromanya itu loh, khas banget ya kalau pandan..

      Delete
  3. Yeeeee...
    Selamat ya, mba.
    Udah sampai 1000 posting.
    Semoga semakin rajin posting resep baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he iya nih mba Ima... terima kasih ya..
      semoga semakin rajin..jiahhh

      Delete
  4. wah syukuran nih, postingan ke 1000 LOL!
    mbak, ayam goreng pandan ini apa sama dengan ayam goreng tangkap di Aceh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha.. bisa aja um..
      ini beda um dengan ayam goreng tangkap aceh, ayam tangkap aceh lebih banyak daun-daunnya dan bumbunya so pasti..dan prosesnya pakai ungkep dulu baru goreng

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.