Moist Chocolate Cupcake



moist chocolate cupcake

Halooo... apa kabar semua? happy Monday ya.. selamat beraktifitas kembali selama 1 minggu ke depan, tetap sehat, tetap semangat, jiahhhhhhhhh...

Nah di pagi hari yang cerah di Batam ini, saya posting resep chocolate cupcake dulu, ahai sudah beberapa bulan ini cerah terus di Batam, dan siang hari pun panasnya menggila. Merindukan hujan, biar sedikit adem, tapi apa daya, hujan enggan mampir di pulau ini.

Kemarin saya membuat cupcake coklat ini, lalu atas permintaan Sophie, buat sekalian frostingnya. Nah di bagian membuat cupcake dia tidak berminat bantu-bantu. Tetapi begitu membuat buttercream, langsung heboh. Setiap proses menambahkan bahan, selalu katakan Pipi...maksudnya biar dia saja, mulai dari menuangkan coklat, menuangkan gula halus dan susu kental manis. Bahkan yang tidak kalah heboh ikutan menghias cupcake, mulai dari pemilihan spuit, ngotot pakai spuit untuk hiasan pagar, jadinya tuh butter cream datar saja di cupcake, emaknya yang memperbaiki, ganti spuit, dia tidak protes lagi karena sudah tahu pilihan spuit dia tidak bagus, lalu tidak ketinggalan sibuk ketika proses foto-foto.

Atas permintaan dia juga, kalau foto cupcake ini harus menyertakan mainan kecilnya, little petshop, jadi jangan heran tuh beberapa mainan dia nyempil di antara cupcake ini. Dia yang mengatur posisi mainannya, walaupun ya saya pindahkan juga beberapa sesuai dengan keinginan saya.


Ketika cupcake matang, saya cicipi satu buah, eh dia protes, kenapa sudah dimakan duluan, kan belum ada frostingnya, hmmmm dia kuatir kalau saya batal membuat frosting, padahal saya sudah janji. Tapi saya katakan kalau cuma satu kok yang dimakan, kan masih banyak sisa cupcakenya, nanti ya dihias dengan frosting, sabar ya, lagian cupcakenya masih panas. 

Sudah jadi dihias untuk beberapa cupcake, aih sibuk dia bawa satu buah cupcake, mencari bapaknya, mau pamer ceritanya, ealah.. kecewa, bapaknya tertidur, tidak bisa pamer. Tapi terhibur juga ketika diizinkan mengatur mainan dia di area foto. 

Begitu deh cerita di balik pembuatan dan proses foto cupcake ini. Nah kembali ke resep chocolate cupcake ini. Resep ini walaupun dipanggang tapi hasilnya lembab, karena penggunaan minyak dan buttermilk. Buttermilk sendiri bisa dibuat dengan cara mencampur susu cair dan air jeruk nipis ataupun cuka, sehingga susu cair mengental. 

Semua bahan yang digunakan pada suhu ruang ya, tidak ada yang dingin. Kemarin itu sempat kejadian, saya sudah mengeluarkan susu cair dari kulkas, saya biarkan beberapa saat sebelum digunakan, supaya tidak dingin. Hmmmm begitu saya mau gunakan, loh kemana nih kotak susu cair? ealah ternyata dimasukkan lagi ke kulkas oleh bapaknya Sophie. Ini inisiatif sekali bapak ini... tanpa bertanya lagi. Hmmm terpaksa deh keluarkan lagi dan diamkan lagi di suhu ruang, ada-ada saja.

Sipp ah, kembali ke resep ya... ini dia resepnya.. silakan.. oh iya di resep ini menghasilkan 12 buah cup dan 1 buah cup alumunium foil ukuran kecil.

resep chocolate cupcake

Chocolate Cupcake
untuk 13 buah 

Bahan :
  • 100 gr tepung terigu protein sedang
  • 40 gr coklat bubuk
  • 1/4 sendok teh garam
  • 3/4 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 2 butir telur
  • 150 gr gula pasir
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 80 ml minyak goreng
  • 120 ml buttermilk (campur susu cair dengan 1 sendok makan air jeruk nipis atau cuka, aduk dan diamkan sesaat hingga mengental dan sedikit bergumpal)

Cara membuat :
Siapkan loyan muffin/cupcake, alasi dengan paper case. Panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius. Di mangkuk, campur tepung, coklat bubuk, baking powder, baking soda dan garam. Aduk rata dengan balloon whisk atau garpu.
Di mangkuk lain campur telur dan gula pasir dan bubuk vanili, kocok dengan garpu hingga tercampur rata, tambahkan minyak goreng dan buttermilk, aduk rata. 
Tuangkan campuran buttermilk ke dalam campuran bahan kering, aduk cepat asal rata, jangan overmix, adonan agak encer tidak kental. Tuangkan ke dalam paper case sebanyak setengah bagian case. Panggang selama kurang lebih 18-20 menit. Keluarkan dari oven dan dinginkan.



Butter Cream Coklat

Bahan :
  • 250 gr softcream (merk hollman)
  • 3 sendok makan gula halus
  • 5 sendok makan susu kental manis coklat
  • 3 sendok makan coklat bubuk, larutkan dengan 1 sendok makan air panas

Cara membuat :
Kocok soft cream hingga lunak dan mengembang, tambahkan gula halus, kocok kembali, tambahkan susu kental manis dan larutan coklat bubuk, cicipi rasanya, bisa tambahkan susu kental manis jika dirasa kurang manis. Atau jika dirasa tidak suka terlalu manis, sebelum tambahkan susu kental manis cicipi dulu rasanya, baru disesuaikan berapa sendok makan penambahan susu kental manis.

Temukan resep butter cream lain yang bisa dicoba ya... silakan cuss ke link ini butter cream sederhana.


resep moist chocolate cupcake

Nah semoga resep moist chocolate cupcake ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

10 comments:

  1. Wuih Pipie rajin bantuin mami bikin buttercream ya. Beda sama anakku yang maunya makan dowang. Emaknya nguprek bikin ini itu, masa bodo deh dia. Pilih nonton tivi

    Kalo dipikir kenapa diriku sekarang gak pernah bikin cake lgi ya hihihi....kenapa jadi malas mau bikin cake gitu lho. Sekarng lagi demen bikin roti roti dan msak masak deh. Moodnya lg gak nge-cake kayaknya nih hihihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Rina, dia itu suka sekali bantuin kalau dia minat sih...he he he he... apalagi dengan yang namanya sprinkle2 itu minat abis

      hi hi hi emaknya sudah sering banget bikin ini itu jadi ga ngaruh lebih enak nonton tv, toh tanpa dibantu jadi juga he he he

      iya mba jenis yang kita buat tuh emang tergantung mood, jadi orang rumah tinggal menyesuaikan saja dengan mood tukang masaknya hi hi hi

      Delete
    2. Coba bayangkan yang serumah sama saya, mbak. Masa tiap hari makan kue mulu? Makan nasi beserta lauk pauknya kapan? Hahaha....

      Delete
    3. ha ha ha... iya soalnya mba Ima kan ga suka masak, sukanya buat kue...nanti kalau sudah menikah ya harus masak donk mba..jangan buat kue melulu

      Delete
  2. Hahaha...
    Menghibur sekali cerita bikin kuenya bersama si Pipi. Saya pikir susu cairnya diminum Pipi, mbak. Ternyata disimpan ke kulkas lagi sama suami tercinta, hihihi.

    Cantik ih kuenya. Apalagi ada mainan Pipi ikutan foto-foto.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau cerita tentang pipi begini ya heboh sendiri mba Ima he he he, eh ternyata disimpan di kulkas lagi ya...
      iya tuh maksa kalau mainannya harus difoto, malahan tangannya juga mau difoto, cuma kan ga ada butuh megangin cakenya, jadi tangannya ga ikutan

      Delete
  3. Haduh,, ngiler.. Cupcake di daerah Bogor juga unyu2 buat di fhoto.. tapi lupa namanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iyakah mas Idris? ah iya di Bogor mah pasti banyak makanan cantik-cantik ya, pada kreatif di sana

      Delete
  4. aaaa... mau dong.. saya suka makanan yang manis-manis... buka usaha jajanan kue mbak.. mantep kayakx.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah suka makanan yang manis-manis ya mas...enak nih kalau buat makanan manis begini pasti laku ya mas sama mas Juni

      hmmmm mau juga sih kapan2 buka usaha kue... tapi kapan ya he hehe

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.