Butter Cream Sederhana

Resep Butter Cream yang Sederhana dan Mudah
Butter Cream Sederhana
Resep butter cream yang biasa saya gunakan adalah resep butter cream sederhana..hanya dengan bahan mentega putih dan susu kental manis. Cara membuat butter cream ternyata sangat mudah hanya dengan mengocoknya sampai mengembang dan lembut.

Tetapi kali ini selain resep butter cream sederhana, saya juga akan menampilkan beberapa resep butter cream yang saya dapatkan dari buku Cara Mudah Menghias Cake oleh Budi Sutomo.

Selain itu ada juga resep butter cream ala chef Juna (tahu donk siapa chef Juna...) Saya pernah coba resep butter cream ala chef Juna, cuma karena waktu membuat tidak ada stok gula halus, jadinya ya sudah, saya blender gula pasir hingga menjadi halus..eh ternyata..belum halus sempurna...

Sehingga ketika butter cream sudah jadi dan sudah dibuat topping cake..ealah...butter creamnya berasa berpasir..he he he... Jadi kalau mau menggunakan gula halus pastikan gulanya benar-benar halus seperti tepung...

Resep butter cream yang lain bisa juga menggunakan simple syrup, hanya saja harus diperhatikan pemakaiannya kalau tidak butter cream bisa menjadi sangat lembek.
Saya sendiri belum pernah mencoba membuat butter cream menggunakan simple syrup.

Tingkat kemanisan butter cream sebenarnya tergantung selera masing-masing ya...kalau saya suka yang tidak terlalu manis, tetapi itu semua berpulang kepada selera...

Berikut resep butter cream sederhana ala saya, butter cream ala Budi Sutomo & butter cream ala chef Juna :

Butter Cream Sederhana

Bahan :
  • 250 gr mentega putih
  • 5 sendok makan susu kental manis

Cara membuat :
  1. Kocok mentega putih menggunakan mixer kecepatan sedang sampai agak lembut
  2. Tambahkan susu kental manis
  3. Kocok lagi hingga lembut dan mengembang
  4. Siap digunakan

 Butter Cream ala Budi Sutomo

Butter Cream Standar 

Bahan :
  • 500 gr mentega putih lokal
  • 100 gr margarin
  • 200 gr gula halus
  • 200 gr susu kental manis putih
  • 1 sendok teh pasta vanili
  • 1/4 sendok teh garam halus

Cara membuat :
  1. Kocok semua bahan dengan mixer kecepatan sedang sampai lembut dan mnegembang
  2. Sisihkan dan siap digunakan

Butter Cream Lembut

Bahan :
  • 600 gr mentega putih impor
  • 250 gr susu kental manis putih
  • 100 ml simple syrup (lihat resep simple syrup)
  • 1/2 sendok teh pasta vanili
  • 2 sendok makan rhum
  • 1/4 sendok teh garam halus

Cara membuat :
  1. Kocok semua bahan dengan mixer kecepatan sedang sampai lembut dan mnegembang
  2. Sisihkan dan siap digunakan

Butter Cream Super

Bahan :
  • 400 gr whipped cream
  • 600 gr mentega putih impor
  • 250 ml simple syrup (lihat resep simple syrup)
  • 100 gr susu kental manis putih
  • 2 sendok makan susu bubuk
  • 2 sendok makan rhum
  • 1/2 sendok teh pasta vanili
  • 1/4 sendok teh garam halus

Cara membuat :
  1. Kocok semua bahan dengan mixer kecepatan sedang sampai lembut dan mnegembang
  2. Sisihkan dan siap digunakan
Catatan :
Mentega putih lokal yaitu mentega putih yang terbuat dari minyak kelapa sawit, sedangkan mentega putih impor adalah yang terbuat dari lemak susu.
  

Butter Cream ala Chef Juna

Bahan :
  • 225 gr mentega putih atau mentega tawar (unsalted butter)
  • 75 gr gula bubuk ayak
  • 1 1/2 sendok makan susu kental manis

Cara membuat :
  1. Kocok mentega menggunakan mixer sampai pucat
  2. Masukkan gula halus kemudian dikocok lagi
  3. Terakhir masukkan susu kental manis dan dikocok lagi
  4. Siap digunakan 

Update :
Dapat info dari koko toko bahan kue langganan, kalau lebih enak menggunakan butter cream dengan campuran merry whip, dan ternyata benar, jadi ketika saya coba sendiri membuatnya, hmmm ternyata enak rasanya, lebih wangi dan lembut jika dibandingkan hanya menggunakan mentega putih.

Butter Cream Modifikasi
ala Monic Simply Kitchen source by TBK Aneka Rasa Batam

Bahan :
  • 250 gr mentega putih
  • 125 gr merry whip
  • 75 gr gula bubuk, diayak
  • 3-4 sendok makan susu kental manis

Cara membuat :
  1. Kocok mentega dan merry whip menggunakan mixer sampai pucat
  2. Masukkan gula halus kemudian dikocok lagi
  3. Terakhir masukkan susu kental manis dan dikocok lagi
  4. Siap digunakan
Catatan : merry whip bisa didapatkan di toko bahan kue, bentuknya seperti mentega putih tetapi lebih harum baunya.
mentega putih dan merry whip

Butter cream ini cukup kokoh, jadi cocok untuk menghias cake dan bentuknya tidak akan berubah di suhu ruang, kecuali ditoel-toel butter creamnya, tidak jamin deh kalau tidak berubah bentuk, he he he...
ombre cake butter cream merry whip
ombre cake dengan menggunakan butter cream modifikasi

Silakan lihat contoh butter cream dengan menggunakan butter cream modifikasi ini untuk menghias ombre cake.



Update :
Butter Cream dengan Margarin (misalnya Blue Band, Palmia, Simas, Forvitta dll)

Butter cream dengan margarin (paling dikenal dengan blue band) yang berwarna kuning tentu saja dan asin rasanya, maka bisa saja kok jika memang mau membuatnya. Nah enaknya butter cream ini menurut saya buat olesan donat dan roti walaupun tidak menutup kemungkinan untuk cake juga. Nah untuk resepnya bisa gunakan resep butter cream sederhana, butter cream ala chef Juna atau butter cream modifikasi. 

Saya sendiri pernah mencoba membuatnya, dan jadinya memang tidak putih ya, kuning pucat warnanya dan rasanya sedikit asin. 

Jadi silakan berkreasi ya dengan butter cream blueband / margarin ini...
Catatan : yang copas artikel saya di bawah ini mohon cantumkan sumber ya, cantumkan link ke blog saya  Monic's Simply Kitchen, kalau mau disebarkan di dunia maya, hargai hasil pekerjaan orang lain.

Update : Cara membuat whipped cream ekonomis dari susu evaporasi dan susu kental manis


Maaf ya..ada beberapa yang komen tentang cara membuat whipped cream, nah tadinya di kolom komentar ada link yang saya beri, berhubung ada beberapa pembaca yang walaupun sudah saya minta tolong supaya tidak memberi link aktif/hidup di kolom komentar, tetap saja bandel. Dengan berbagai cara saya coba tetap memunculkan link tetapi dalam keadaan tidak aktif. Tetapi dari semua cara tidak ada yang berhasil. Dan akhirnya saya menemukan cara menghapus link yang ada, tetapi efeknya semua link di kolom komentar terhapus.

Nah kalau baca di kolom komentar ada membahas tentang cara membuat whipped cream, walaupun saya belum coba, tetapi semoga bisa bermanfaat ya...

Cara untuk membuat whipped cream yang ekonomis bisa dengan cara pertama yaitu menggunakan susu evaporated yang dicampur dengan gula bubuk dan juga vanila. Dengan catatan susu dan pengocok serta mangkuk harus terlebih dahulu dimasukkan ke dalam freezer. 
Setelah 30 menit, tuangkan susu ke mangkuk, kocok dengan kecepatan tinggi sekitar 1 menit atau sampai kental. Lalu tambahkan gula dan vanila, kocok kembali kurang lebih selama 2 menit atau sampai kental dan creamy.
Ini link yang bisa jadi referensi dari shouthernplate-how to make whipped cream with canned evaporated milk.

Di resep yang digunakan untuk membuat whipped cream dari susu evaporated adalah 12 ounces atau sekitar 340 gr susu evaporated, gula halus/gula bubuk sekitar 1/2-3/4 cup, tergantung selera manisnya, lalu vanila (bisa ekstrak, pasta, atau bubuk) sekitar 1 sendok teh, silakan klik link di atas untuk lebih jelasnya.

Atau ada cara kedua membuat whipped cream, dan lebih mudah, hanya dengan menggunakan susu kental manis. Yang diperlukan hanya 1 kaleng susu kental manis, mixer dengan mangkuk dari logam, mangkuk untuk tempat air es, dan es batu dan tidak ketinggalan spatula.

Cara membuatnya hampir sama dengan cara pertama, pertama-tama tuangkan susu kental manis ke mangkuk logam, masukkan mangkuk serta pengocok ke dalam freezer selama 30 menit. 
Kemudian siapkan mangkuk cukup besar, isi dengan air es dan es dengan perbandingan 1 : 1 artinya misalnya es batu 1 mangkuk kecil, air es 1 mangkuk kecil juga
Keluarkan mangkuk serta pengocok dari freezer, letakkan mangkuk di dalam mangkuk berisi es batu, perhatikan jangan sampai permukaan air es dekat sekali dengan tepi mangkuk berisi susu kental manis, jika perlu buang air esnya sedikit.
Kocok susu kental manis dengan mixer kecepatan rendah selama kurang lebih 30 detik sampai muncul gelembung-gelembung
Naikkan kecepatam mixer ke medium, kocok selama kurang lebih 30 detik, naikkan kecepatan ke maksimum sampai menjadi cream dan volume mengembang hingga dua kali semula.
Hentikan mengocok, whipped cream siap digunakan.
Ini link yang bisa jadi referensi dari ehow-how to make whipped cream with canned condensed milk.

Nah semoga bermanfaat ya...bisa jadi referensi cara membuat whipped cream ekonomis dari susu evaporated dan susu kental manis....


Update :
by Monic's Simply Kitchen
Cara membuat whipped cream dengan bubuk whip instan (merk yang banyak beredar di pasaran adalah merk Haan kemasan 200gr)
Bubuk whip ini bisa didapatkan di toko bahan kue ataupun swalayan. Cara membuatnya sebenarnya ada di belakang kemasan, tetapi ini saya tuliskan kembali ya cara membuatnya.....

Whipped cream bubuk instan

Bahan :
  • 200 gr bubuk whip instan
  • 400 ml air es

Cara membuat :
Di mangkuk ukuran cukup besar, tuang bubuk whip instan, tuangkan air es, kemudian aduk rata dengan sendok, lalu dengan mixer kecepatan tinggi, kocok campuran bubuk whip dengan air es hingga mengental dan kaku selama kurang lebih 3-4 menit saja.

Tips : jangan mengocok terlalu lama, whip akan pecah dan tidak akan kaku lagi, cukup sampai whipped cream kaku, tandanya terasa berat ketika mengocok.

Contoh resep black forest cake dengan whipped cream instan, bisa dilihat di postingan saya black forest cake dengan whipped cream ya, semoga tertarik untuk mencobanya sendiri, silakan klik linknya ya....



Update :
by Monic's Simply Kitchen

Membuat butter cream dengan campuran mentega putih dan soft cream hollman. Mentega putih yang saya gunakan kali ini adalah mentega putih top white dari Palmia. Campuran kedua bahan utama ini memberikan rasa mentega putih yang enak, tidak ngendal di lidah dan harum dan yang penting mentega putih ini kokoh walaupun di suhu ruang.
Pada dasarnya, resep butter cream dengan soft cream hollman ini sama dengan resep butter cream modifikasi dengan merry whip.
Ok, berikut resepnya ya.. silakan..

Butter Cream dengan Soft Cream Hollman

Bahan :
  • 500 gr mentega putih
  • 250 gr soft cream hollman
  • 100-150 gr gula halus (sesuaikan dengan selera)
  • 3-5 sendok makan susu kental manis (sesuaikan dengan selera)

Cara membuat :
  1. Kocok mentega dan soft cream menggunakan mixer sampai pucat
  2. Masukkan gula halus kemudian dikocok lagi
  3. Terakhir masukkan susu kental manis dan dikocok lagi, cicipi rasanya, jika kurang manis bisa tambahkan lagi susu kental manisnya
  4. Siap digunakan 

Update :
by Monic's Simply Kitchen
Whipped Cream Coklat

whipped cream coklat
Bahan :
  • 200 gr whipped cream bubuk (saya gunakan merk Haan)
  • 2 sendok makan coklat bubuk
  • 2 sendok makan simple syrup panas
  • 380 ml air es
Cara membuat :
Larutkan coklat bubuk dengan simple syrup panas, pastikan coklat bubuk larut sempurna, diamkan hingga dingin, campur dengan air es. Siapkan mangkuk kocok, campur bubuk whipped cream dengan campuran air es dan coklat, aduk rata, kocok dengan mixer kecepatan tinggi selama kurang lebih 3-4 menit sampai whipped cream kaku dan mengembang, siap digunakan. Jika belum akan digunakan masukkan dulu ke dalam kulkas.
Contoh aplikasi whipped cream coklat ini ada di blackforest cake with chocolate whipped cream.

Simple Syrup
Cara membuat simple syrup : 
Di panci campur 50 gr gula pasir dengan 100 ml air, didihkan hingga gula larut, siap digunakan untuk melarutkan coklat bubuk, sisanya untuk digunakan pada cake.


NewerStories OlderStories Home

146 comments:

  1. Bagaimana cara merubah butter cream selembek whipp cream untuk topping minuman. Klau pakai bubuk whipp cream atau whipp kaleng mahal buat jajanan pinggir jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba/Mas..menurut saya coba resep butter cream yang menggunakan simple syrup..tetapi agak perbanyak simple syrupnya. Mungkin jadi agak sedikit lembut. Tetapi memang terus terang saya belum pernah coba sih.
      Nah saya sempat cari tahu kalau whipped cream itu bisa diganti dengan susu evaporated dan confectioner sugar (gula bubuk/icing sugar) serta vanilla yang dimixer. Tetapi terlebih dahulu susu harus dimasukkan ke freezer selama 30 menit demikian juga mangkuk serta pengocoknya.
      Ini linknya ya (ada video cara membuatnya juga) : http://www.southernplate.com/2013/10/how-to-make-whipped-cream-with-canned-evaporated-milk.html

      atau bisa juga dengan menggunakan susu kental manis yang dimasukkan pada mangkuk mixer dan didiamkan di freezer selama 30 menit. Pengocok juga harus dimasukkan ke freezer. Lalu setelah 30 menit keluarkan dari freezer dan letakkan mangkuk mixer di dalam mangkuk yang sudah diberi air dengan es batu. Kocok hingga mengental. Ini linknya ya (lengkap dengan foto step by step) : http://www.ehow.com/how_8187922_make-sweetened-condensed-canned-milk.html

      nah itu jawaban tercepat yang bisa saya kasih ya..soalnya saya belum coba sendiri....belum kepikiran...eh ada pertanyaan begini malah jadi penasaran ingin mencoba sendiri...he he he..lain kali saya harus coba ini..

      semoga jawaban saya bisa membantu ya....

      terima kasih sudah berkunjung ke blog saya..

      Delete
  2. Mbak kalo misalnya butter creamnya sdh jadi, bagian akhir boleh dikasih pewarna makanan ato essence ga..ato Dark Coklat...jd warnanya ga putih..bisa kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba...
      iya bisa kok mba buttercream nya diberi pewarna atau essence atau dark coklat. Nah kalau diberi warna sebaiknya setetes demi setetes ditambahkan supaya warna tidak terlalu tua. Kalau ditambah dark coklat itu yg leleh ya, kekentalan disesuaikan dengan selera saja ya.

      Delete
  3. Mba mentega putih impor itu bisa dikategorikan unsalted butter ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai...
      mentega putih impor itu setahu saya sih memang unsalted butter/tawar, hanya saja memang jenis mentega putih yang impor tetapi khusus untuk membuat butter cream. Nah biasa di toko bahan kue ada yang jual mentega impor ini, biasa sih dari Australia.
      Pernah baca-baca sih kalau tidak salah merknya REF, nah ada yang bilang mentega putih impor ini berasa sekali susunya.
      Hanya saja nih, saya belum pernah coba mba menggunakan mentega putih impor, secara saya biasa beli mentega putih biasa di toko bahan kue yang harganya lumayan murah.

      Nah semoga membantu ya jawaban saya...kalau iseng ke toko bahan kue bisa coba tanyakan mentega putih ini...

      terima kasih sudah berkunjung ke blog sy ya...

      Delete
  4. Mbak kalo pake mentega kuning aja bikin BC nya kira2 hasil akhirnya gimana?
    Soalnya buat jualan yg harga 1000an..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Dina,
      Dulu saya pernah coba kok mba pk mentega kuning, hasilnya sih ok2 saja
      ya hanya warnanya kuning pucat, nah kalau bc nya mau diberi topping lagi malah semakin ok saja mba
      oh iya kalau mentega putih biasanya di toko bahan kue ada yang murah kok, kalo di batam harganya 13 ribu per kilo, itu jadinya banyak sekali kalau dijadikan bc
      ok mba dina, semoga membantu ya jawaban saya...semoga sukses jualannya ya
      terima kasih sudah mampir ke sini ya...

      Delete
  5. mba klo dkocoknya ga pke mixer bisakah? pke kocokan manual yg pke tangan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mas Didi,

      Bisa aja sih mas kalau mau ngocok pakai kocokan manual, hanya ya pastinya lebih lama, sampai menteganya pucat dan sampai bahan tambahan seperti gula halus atau susu kental manis tercampur rata.
      Kalau kurang lama ngocoknya akan terasa berat dan padat butter creamnya
      semoga membantu ya jawaban saya...
      terima kasih sudah mampir...

      Delete
  6. Pagi mba..mau tanya boleh g bc nya d bwt agak byk llu d simpan d kulkas?bisa y spt itu?klo bsa nti tahan brp lama?apa bsa pengaruh k rasa n wangi nya y?maaf byk tanya...makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba,
      maaf ya baru bisa balas sekarang, sibuk bgt tadi...
      bisa saja mba kalau mau dibuat agak banyak lalu disimpan di kulkas, tetapi harus dalam wadah tertutup ya, tahan berapa lamanya sih bisa satu sampai dua minggu
      kalau mau digunakan, sebaiknya diamkan dulu beberapa saat di suhu ruang, lalu mixer lagi sebentar
      kalau mengenai rasa sih sama saja selama ketika disimpan wadahnya benar-benar tertutup
      nah semoga membantu ya jawaban saya
      terima kasih sudah mampir ya...

      Delete
  7. Mbak, susu kentl manis yg di resep chef juna itu kya susu frisianflag sachet itu ya??? .maav mbak baru latian bikin cake buat jualan nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Darva,
      iya itu maksudnya susu kental manis seperti frisian flag, atau bisa juga indomilk, cap enak, dll merk susu kental manis, bisa yg kalengan juga ya..
      semangat ya latihan..biar cepet bisa jualannya...

      Delete
    2. ini prosesnya :) biar tambah jago https://www.youtube.com/watch?v=ggdsw7GH3bg

      Delete
  8. Kalau buat minuman atau jus enaknya pake yang mana bu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas Komarudin,
      Kalau untuk jus atau minuman enaknya sih pakai whipped cream, nah krn harga whipped creamcenderung mahal maka coba pakai butter cream yang menggunakan simple syrup (butter cream lembut dan butter cream super) hanya perbanyak simple syrupnya..nah yg ini saya blm pernah coba..kalau mas mau coba buat sedikit saja dulu, atau kalau mau membuat whipped cream dari susu kental manis..coba mas lihat komentar paling atas, ada link cara membuat whippedcream..
      nah semoga membantu ya jawaban saya, terima kasih sudah mampir...

      Delete
  9. mba, kalau bikin butter cream gak pake telur ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Wulan,
      untuk butter cream ga pakai gula ya...

      Delete
    2. hi hi hi baru sadar kalau salah balas...butter cream ga pakai telur..bukan gula..ups salah...maaf ya mba Wulan...

      Delete
  10. Hii mbak,, klo untuk isian kue sus sebaiknya pake bc yg mana ?..., yg ekonomis soalnya utk jualan. Thank's :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba Ayya,
      kalau untuk kue sus biasanya kan isi vla ya..nah kalau mau pake butter cream juga, sebaiknya sih dicampur dengan vla juga...jadi tidak murni butter cream...hmmmm biasanya ya..kalau untuk resep butter cream bisa pakai resep butter cream ala chef juna supaya ekonomis, nah tinggal dicampur vla nya...nah ini coba saya kasih link untuk beberapa resep kue sus ya, ada yang dengan vla ekonomis saja tanpa butter cream https://anissanurhidayati.wordpress.com/2011/02/23/kue-sus/
      ada yang campuran vla custard dengan butter cream (resep sus ala merdeka bandung) http://dapur-ningnong.blogspot.com/2006/12/soes-ala-bandung-aka-soes-merdeka.html
      dan ada resep dengan whipped cream dan campuran dark cooking chocolate juga susu (resep sus ala beard papa) http://www.cakefever.com/beard-papa-soes/#axzz3LSDDYJaD
      nah untuk membuat whipped cream ekonomis, saya belum pernah coba, tetapi bisa dilihat di komen paling atas, itu ada saya kasih link buat whipped cream ekonomis dari susu kental manis, nah semoga membantu ya jawaban saya..
      terima kasih sudah mampir ya mba...

      Delete
  11. Mbak aku maunya buat smoothie gitu. Cocoknya pakai cream yg mana ya? Terus memang kocok creamnya hrs pakai mixer ya? Kalau pake sendok aja gmn? Ga ada mixer :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Maharani,
      kalau untuk smoothie bagusnya sih pake whipped cream, karena teksturnya lebih ringan
      untuk whipped cream homemade coba bisa klik link di komen atas, atau kalau mau coba beli whipped cream di toko bahan kue...nah kalau pakai sendok kayaknya ga bakal ngembang creamnya, kalaupun belum punya mixer, coba beli kocokan balloon atau spiral, hanya pastinya jadi lebih lama ngocoknya dan yang pasti pegel tangan..he he he..
      nah semoga membantu ya jawaban saya..makasih sudah mampir ya...

      Delete
  12. Mba Monic, izin salin resepnya ya. Informasinya sangat berguna..
    Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Nur,
      silakan kalau mau disalin, wah senang deh kalau berguna..
      terima kasih sudah mampir ya..

      Delete
  13. ASS mbk monic, saya mau tanya? Gimana caranya agar buttercream terlihat licin ketika kita oleskn ke kue? ,mksh

    ReplyDelete
  14. Ass, saya mau tanya satu lagi sayakan mau buat butter cream ala chef juna, oyah boleh engak kalau saya tambahkan vanili dan baking? ,trs saya lupa yg dipakar itu baking soda atau baking powder ya: D, jwb cpt ya mbk monic makasih sblmnya

    ReplyDelete
  15. Replies
    1. Hai mba Dian,
      wah maaf ya agak lama balasnya....
      kalau mau mulus, diratakan pakai spatula mba, kemudian permukaan cake harus mulus juga
      nah untuk butter cream bisa ditambahkan vanili, tetapi bagusnya yang bentuk pasta (walaupun saya belum pernah coba nih pakai vanili), tidak perlu menambahkan baking soda ataupun baking powder ĺagi ya mba
      karena butter cream kan tidak melalui proses pemasakan/pemanggangan..
      ok semoga membantu ya jawaban saya...

      Delete
  16. Oh jadi gak papa ya kalau gak pakek vanili dn baking, oyah mbk selain buat butter cream ini mbk tau resep rainbow cake? trs takaran yg benar untuk satu loyang ukuran kue pada dasarnya itu brp ya?soalnya saya kebingungan sendiri-,- takutnya buatan kue saya yg perdana ini gagal, tolong bantu ya mbk: ) makasih banyak mbk monic atas jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Dian,
      untuk loyang rainbow cake tergantung berapa loyang dan warna yang digunakan, adonan dibagi sama rata sesuai jumlah loyang.
      Oh iya mba..saya sudah ada resepnya, lama nangkring di draft blog, karena mba Dian tanya akhirnya saya publish saja deh.. ini dia ya resepnya..sekalian tipsnya..
      http://dapursederhanamonic.blogspot.com/2014/12/sophies-birthday-cake-rainbow-cake.html
      semoga bermanfaat ya...

      Delete
  17. Mba monic saya mau tanya kalo buat buttercream pake margarin seperti blue band itu harus pakai mentega putih lagi ya? Kalau enggak bahannya apa aja ya mba? Makasih sebelumnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Sherin,
      kalau mau buat butter cream pakai blueband bisa saja tidak campur mentega putih lagi, hanya rasanya jadi sedikit asin dan pastinya warnanya kuning pucat bukan putih.
      Kalau mau campur mentega putih juga tidak masalah, kalau mau pakai blueband saja, ya terserah mba Sherin mau pakai resep yang mana, tinggal mentega putihnya ganti dengan blueband, bisa pakai resep ala saya, atau pakai resep ala chef juna, atau resep ala budi sutomo. Kalau mau dicampur blueband dengan mentega putih sih saya belum pernah coba, tetapi kalau mau coba pakai perbandingan 1 : 1 bisa, misalnya resep ala chef juna, mentega putih 225 gr, maka bisa gunakan mentega putih 115gr, blueband 115gr
      nah semoga membantu ya jawaban saya
      terima kasih sudah mampir ya

      Delete
    2. Ohh gitu. Oke makasih mba. Saya mau tanya lagi nih mba. Saya mau buat kue yang atasnya disiram coklat. Nah itu coklatnya coklat yang seperti apa? Bisa ya yg merk seperti merk collata?makasi ya mba

      Delete
    3. coklat untuk ganache itu bisa gunakan dark cooking chocolate, bisa coklat compund seperti colatta atau mercolade juga bisa, atau bisa gunakan coklat couverture misal merk tulip yang biasa umum ada di pasaran...
      resep ganache sudah ada kan?

      Delete
    4. Ada mba. Oke makasih ya mba. Jawaban mba sangat membantu

      Delete
  18. Mau tanya mba, apa cake yg mau dihias dengan butter cream itu harus disiram dengan simple syrup dulu ya? Saya pernah buat hasilnya ga mulus/licin, susah ngolesinnya padahal sudah saya siram dengan simple syrup. Apa butter cream yg saya buat kurang lembut dikocoknya? Lama pengocokan butter cream yg tepat itu berapa lama ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Khatarina,
      Tidak harus selalu disiram simple syrup mba, tujuan diberi simple syrup itu supaya cake lembab, apalagi cake panggang, beda dengan cake kukus. Simple syrup biasanya diberi diantara lapisan cake, saya belum pernah beri simple syrup di bagian atas cake.
      Supaya olesan butter cream halus dan mulus, maka butter creamnya harus cukup lembut sehingga mudah untuk dioles. Lakukan teknik pengolesan satu arah, jangan bolak balik.
      Jika permukaan masih kurang halus, coba dengan menggunakan spatula/palet yang hangat, cukup rendam palet/spatula dengan air panas sampai spatula hangat, kemudian lap dengan serbet bersih, baru gunakan kembali untuk menghaluskan permukaan cake.

      Nah kalau lama pengocokan berapa lama saya bingung deh mba jawabnya, tergantung mixer masing-masing mba, kalau saya biasa hanya 10 menit maksimal, dan menurut saya itu sudah mengembang dan ringan
      Jadi kalau dirasa adonan butter cream sudah terasa ringan, lembut dan mengembang, kemudian bisa dicicip, apakah masih ngendal/berat, ya lanjutkan mengocok sebentar lagi sampai dirasa butter creamnya ringan, pakai feeling juga sih mba, dan sesuai selera juga sih, apakah tekstur butter cream yang kita buat sudah cocok dengan selera kita.

      Semoga membantu ya jawaban saya...

      Delete
  19. Mba..salam kenal, mau tanya nih, aku lg belajar buat BC sendiri pake resep ani lizzarni plus modif sendiri pertama mentega putih australi dikocok sampe lembut, trus +skm, simple syrup terakhir holman soft cream, tp hasilnya gak sesuai yg diharapkan, BC nya masih berbau khas mentega putih dan rasanya masih ngendal dilidah, Padahal saya sdh kocok lama dan sdh ditambah vanili..mohon solusinys

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga...oh bc ani lizzarni ya...he he he baru tahu saya dan ternyata bc yang ngetop juga ya...hmmm dari bahan2nya harusnya sih sudah enak bcnya, hmmm air garamnya tidak pakai ya? mungkin ini berpengaruh juga, walaupun saya belum pernah coba. Kalau bc masih terasa ngendal di lidah itu karena mengocok mentega putihnya belum benar-benar ringan dan mengembang, walaupun sudah lama mengocoknya, karena waktu pengocokan tergantung mixer masing2 serta banyaknya butter cream yang dibuat, kalau menurut saya sih, sebelum dicampur bahan2 lain sebaiknya dirasa dulu apakah masih ngendal menteganya, kalau masih kocok lagi sampai terasa ringan, baru masukkan bahan lain, kemudian rasa lagi sebelum memutuskan berhenti mengocok...saya sendiri setiap buat bc tidak pernah tambah vanili, menurut saya ya rasanya ok saja, hmmm mungkin tergantung selera juga kali ya...
      nah walaupun mungkin jawaban saya tidak memuaskan tetapi semoga ada gambaran sedikit ya...nah kalau masih penasaran coba pakai resep bc yang lain...

      Delete
  20. Ass.. maaf mba mau tanya, aku udh liat di youtube video buttercream ala chef juna tapi pakai mentega kuning bukan putih seperti yg mba tulis? apakah rasanya akan sama? Tks infonya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Dini,
      iya mba kalau di youtube memang menggunakan mentega kuning tetapi yang unsalted butter (mentega tawar), hasilnya juga tidak putih kan mba. Nah karena saya biasa pakai mentega putih yang biasa ada di toko bahan kue yang tentu saja unsalted makanya saya tulis mentega putih. Kalau rasa sih selama pakai yang tawar ya sama saja hanya mungkin beda sedikit di rasa kalau menggunakan mentega tawar kulitas bagus atau tidaknya. Beda jika menggunakan mentega asin/salted butter atau juga margarin yang tentu rasanya akan sedikit asin.
      hmmm nanti saya update saja ya butter cream ala chef juna yang saya tulis biar tidak membingungkan..thanks ya sudah bertanya..
      Semoga membantu ya jawaban saya..

      Delete
  21. mba bisa tau ga merk mentega putih lokalnya merk apa? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Sisca,
      aduh maaf mba, saya lupa kalau mentega putih lokal itu merknya apa, dulu pernah tanya sama penjual bahan kue...nanti saya tanya lagi ya mba...tapi kalau mau beli yang lokal, bisa langsung ke toko bahan kue, tinggal tanya mentega putih untuk butter cream, pasti dikasih yang lokal dengan harga yang cukup murah, berkisar belasan ribu-dua puluh ribu rupiah perkilo

      Delete
    2. hai mba Sisca,
      saya sudah tanya ke penjual di toko bahan kue, kalau mentega putih lokal itu biasa merk blueband, palmia, mitra, swallow..dengan variasi harga tentunya, nah coba tanya ke toko bahan kue terdekat ya...terima kasih sudah mampir ke blog saya ya..

      Delete
  22. Mbak kalo untuk bagian top pudding lebih cocok whipped cream atau butter cream ya? saya masih rada bingung perbedaan antara keduanya. Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk puding lebih cocok whipped cream, kalau butter cream cocok untuk cake karena lebih kokoh teksturnya, dan lebih tahan panas dibanding whipped cream. Walaupun kadang untuk cake juga bisa pakai whipped cream, hanya bagusnya untuk cake dalam kondisi dingin. Jeleknya whipped cream untuk cake kalau di suhu panas biasanya suka meleleh, jadi tidak bisa mempertahankan bentuk hiasan
      okeh..semoga cukup jelas ya...

      Delete
  23. Siang mb monic...saya bru blajar bkn kue nh..sya mau tanya bisakah kue tart dbuat dg cra di kukus? (Soalnya sya blm pnya open) truz lbh baik pke whipped cream ato butter cream?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Aya..bisa kok buat kue tart dikukus, sama enaknya, malah kalau dikukus lebih lembab kue tartnya, jadi tidak perlu tambah-tambah simple syrup lagi.
      Kalau enaknya yang mana antara butter cream dan whipped cream sih menurut saya lebih enak whipped cream dari segi rasa. Hanya pemilihan butter cream atau whipped cream tergantung mau kokoh atau tidak hiasan cakenya. Kalau pakai butter cream hiasan akan bagus dan tidak akan berubah bentuk (meleleh) jika suhu ruangan cukup panas atau mau dibawa dalam perjalanan. Nah kalau whipped cream cenderung tidak tahan panas, jadi panas sedikt akan meleleh sehingga jangan heran kalau hiasan whipped cream akan amburadul, jadi sesuai dengan kebutuhan saja mba mau pakai yang mana...walaupun dengan butter cream juga sudah cukup enak kok...

      Delete
  24. Hai mba klu untuk buat bunga mawar pakai bc yg mana ya
    Sy sering buat tp ga bs kokoh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba...
      kalau untuk bunga mawar bisa buat dari resep butter cream sederhana hanya dari mentega putih/shortening atau juga butter cream cheff juna hanya jangan gunakan butter, gunakan mentega putih shortening juga... selama ini mba pakai bc yang mana?

      Delete
  25. Halo mbak monic..saya baru mo nyoba pertama kali bikin ombre cake *ketinggalan moment banget* hehehe...mau nanya
    filling cake nya sama dng topping/pelapis luar nya apa ga mbak ? Misal pake BC yg di kasih pewarna
    trus kalo' filling / topping pakai whipped cream aja bisa ga mbak ?
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Meetha, wah hebat mba mau nyoba buat ombre cake, saya malah belum pernah buat dan belum ada keinginan buat...he he he...
      Untuk filling cake sih terserah mba Meetha mau sama atau tidak. Kalau filling pakai whipped cream enak tuh mba, nah pelapis luar baru pakai BC biar kokoh hiasan cakenya...
      wah semoga sukses mba ombre cakenya...jadi penasaran buat juga..tapi kapan ya...he he he...

      Delete
  26. Hai, mau tanya dong kalo mis kan ga pakai susu kental manis bs ga ya? Soal nya buat ortu dan ortu ga suka susu. Makasih ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, bisa kok kalau tidak pakai susu kental manis, coba pakai resep butter cream ala chef Juna tetapi skip susu kental manisnya. Resep bc chef Juna ini sedikit pemakaian susu kental manisnya, jadi menurut saya sih tidak berasa sekali susunya, hanya kalau mau diskip tentu tidak masalah...

      Delete
  27. Hai miss monica,
    Saya ini dr Malaysia,sering membaca komen dan pendapat dr ruangan anda..sy amat berminat dan segala persoalan dijawab dengan jelas skali...dan keterangannya jg mudah difahami..trima kasih kerna berkongsi ilmu....

    ReplyDelete
  28. Hai miss monica,
    Sy dr malaysia.sy sering mmbaca komen di ruangan anda.sy dapati djawab dgn baik,jujur dan jelas sekali.sy jadi enjoy mmbaca segala keterangan anda yg amat sy fahami..terima kasih kerna kongsi ilmunya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai....
      wah senang sekali karena sudi mampir ke blog saya dan enjoy membaca komen-komen yang ada....
      terima kasih ya untuk komentar manisnya...jadi berbunga-bunga...he he he...
      kalau tidak ada komen jadi sepi...terima kasih lagi ya...

      Delete
  29. Halo Mbak Monic
    Mbak, semalam saya buat BC pake resep BC sederhana. Maksud hati pengen bikin hiasan kembang untuk pinggiran cake pake spuit. Tapi hasilnya setelah keluar dari spuit BC-nya gak bisa membentuk kembang. Kira2 kenapa ya Mbak?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Endah...
      hmmm mungkin bcnya belum mengembang banget mba..jadi mungkin masih padat, spuitnya sudah dicek belum, karena kadang spuit juga berpengaruh dengan bentuknya...kadang mungkin ada yang tertinggal di ujung spuit.
      terkadang saya juga mengalami hal ini, jadi biasa saya tidak langsung hias di cakenya, saya keluarkan dulu butter cream dari spuit sampai saya dapatkan hasil yang mulus baru dicoba bentuk hiasan...
      kurang lebih begitu ya mba....

      Delete
  30. asalamalaikum mba ,,,saya mau nih nanya cream yang dipake buat toping pop ice blender itu sama gk ya,,yang dipke untuk cream kek.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam, toping pop ice blender itu pakai whipped cream, teksturnya lebih lembut daripada buttercream untuk cake...jadi tidak sama ya cream minuman dan cream cake...

      Delete
  31. Salam kenal mb monic. Infonya lengkap banget, really helpful for me as newbie in baking ;) Mau tanya mba, kalo untuk 1 resep bolu gulung ukuran 24 pake 1 resep atau setengahnya ya (Resep BC sederhana)? Makasih sebelumnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mba Dinda...
      maaf ya lama balas komen mba Dinda...wah senang deh bisa bermanfaat..
      untuk bolu gulung sih saya belum pernah buat mba..hanya ya mengira-ngira sepertinya untuk ukuran 24 setengah resep sudah cukup mba..
      semoga membantu ya...
      terima kasih sudah mampir ya mba Dinda...

      Delete
  32. salam kenal mbk Monic, izin copas boleh tdk? mks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Sri,
      salam kenal juga, boleh mba silakan dicopas ya...Kalau untuk keperluan pribadi silakan sekali mba...hanya kalau dicopas di dunia maya, jangan lupa cantumkan sumber ya mba...
      makasih ya sudah mampir....

      Delete
  33. Halo mba....senang baca blog mba....mba mohon bantuanx...klo mau buat BC dr whipping cream yg cair biar jd kokoh untuk lapisan blackforest gmn ya mba....biar bisa tahan lama diluar kulkas,mba merry whip itu apa.? Maaf ya mba newbie mshx....makasi sblm nya mba. @lilies

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Lilies,
      terima kasih sudah senang baca blog saya ya...
      memang kalau buat bc dari whipped cream tidak bisa dijamin kokoh mba, whipped cream rentan amburadul kalau terkena panas, jadi kalau pun mau tahan lama di luar kulkas paling tidak suhu ruangan tidak panas, nah kalau di Batam, tidak jamin tuh bakal utuh kalau lama di luar kulkas kecuali ruangan ber-AC he he.
      Merry whip itu whip shortening mba, mirip dengan mentega putih, hanya bc lebih enak kalau dicampur dengan merry whip. Kalau menggunakan merry whip hasil bc tentu lebih kokoh daripada dengan whipped cream.
      Kalau ke toko bahan kue, bisa tanyakan tentang merry whip ini mba.
      Okey, semoga membantu ya jawaban saya

      Delete
  34. Hi Mba Monica, Saya coba butter cream sederhana tapi dalam waktu 2 jam meleleh..kenapa ya ? dalam ruangan AC

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ko Edy,
      kok bisa ya meleleh, saya buat butter cream sederhana bisa tahan 2 hari lho di suhu ruang, tanpa berubah bentuk kecuali ditoel-toel he he...
      pakai mentega apa? biasanya kalau pakai whipped cream baru deh ga tahan lama..

      Delete
  35. Haloo mbak monic...
    Salam kenal yaaa
    Saya juga domisli di batam..
    Punya referensi tbk yg lengkap ga???
    Pipit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Pipit, salam kenal juga
      sama tinggal di batam donk ya kita, referensi tbk yang lengkap bisa lihat di http://www.monicsimplykitchen.com/2014/01/toko-bahan-kue-di-batam.html

      makasih sudah mampir ya...

      Delete
  36. hai mba mau tanya niih whepid cream yg di gunakan yg biasa di jual sdh dlm bentuk kaleng atau yg bubuk mba...mksh yaa mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Devi,
      Ada yang jual yang bentuk kaleng mba, biasanya sih itu buat minuman karena praktis tinggal semprot walaupun untuk cake juga bisa, apalagi untuk cupcake pas sekali tuh
      Nah kalau yang umum juga sih bentuk bubuk mba, di supermarket dan toko bahan kue banyak yang jual mba
      Kalau yang bubuk harus dicampur dengan air es kemudian dikocok hingga mengembang, petunjuk membuatnya ada di kemasan.

      Delete
  37. kalau ingin membuat butter cream dengan rasa cheese itu gimana min? apakah menggunakan perasa saja atau menggunakan cheese aslinya juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau gunakan cream cheese aja, gunakan resep cream cheese frosting, hanya saya belum pernah coba buat sendiri neh...
      nah kalau mau bisa juga tinggal campur butter cream dengan keju cheddar parut, gunakan resep butter cream andalan, kemudian masukkan keju parutnya juga, sekalian dikocok dengan bahan lain

      Delete
  38. nanya dong, pisang yang bagus utk dimasukan dalam resep hummingbird itu pisang apaaa yaaaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk resep cake/muffin hummingbird, pisang yg bisa digunakan adalah pisang yang biasa disantap begitu saja seperti pisang ambon, cavendish, atau pisang barangan yang biasanya digunakan juga untuk cake pisang lainnya

      Delete
  39. hai, mbak monic..

    aku lagi browsing tentang whipping cream trus nongol deh blog mbak monic. dan ternyata banyak info berguna di dalamnya.. thanks sebelumnya yah.. :)
    yang mau saya tanyakan, barusan ini saya coba bikin bc dari whip cream (nyontek resep di youtube), awalnya jadi, teksturnya pas tapi masih kurang kental menurut saya. ketika saya lagi kocok tiba2 langsung mencair bc-nya. itu kenapa yah? apa saya salah pakai whip cream, atau memang tidak boleh terlalu lama di kocoknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Ranie,
      maaf kelamaan ya balas komentar mba Ranie,
      kalau untuk whipped cream sih bukan salah atau benar sih mba, selama mba mengikuti petunjuk cara pembuatan di kemasan sih tidak masalah ya..
      nah kalau kasus seperti yang mba Ranie alami memang sepertinya terlalu lama mengocok, kalau sudah kaku sebaiknya hentikan, nah cara mengetes sudah kaku atau belum dengan cara membalikkan wadah, jika tidak tumpah berarti sudah ok
      semoga membantu ya mba...soalnya saya memang tidak ahli deh tentang whipped cream ini, jarang pakai whipped cream mba..he he he...
      Tapi terima kasih ya sudah mampir dan mau tanya2...

      Delete
  40. Misi mba mau tanya lengkapnya ukuran buat whip cream tu seberapa ya? susu kental manis 1 kaleng lgs dihabisin? sm es batu nya bentuk kotak2/ yg besar2 jg bisa? sama perbandingan antara susu dan es batu nya brp ya? hehe sorry banyak tnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai...
      untuk membuat whipped cream resep di atas menggunakan susu kental manis 1 kaleng, tetapi kalau mau buat sedikit bisa gunakan 1/2 kaleng, hanya hasilnya pasti sedikit.
      Untuk es batu bisa gunakan es kotak atau es batu ukuran apa saja selama tidak berbentuk balok gede, he he he..
      sebenarnya takaran es batu tidak ada kaitan dengan takaran susu, jadi fungsi es batu ini hanya mendinginkan susu kental manis ketika dikocok sehingga susu kental manis bisa mengental dan berbentuk cream
      Jadi es batu bisa digunakan kurang lebih 1 mangkuk dan air es 1 mangkuk, campur letakkan di mangkuk ukuran cukup besar, ketika mengocok susu kental manis, letakkan mangkuk berisi susu kental manis di atas mangkuk berisi air dan es, jadi selama proses pengocokan susu kental manis tetap dingin karena mangkuknya terendam air dan es batu
      (jadi gunakan 2 mangkuk ya, satu untuk susu kental manis yang sudah dimasukkan ke dalam freezer sebelumnya dan satu lagi untuk es batu dan air es)
      nah semoga membantu dan bisa memberi pencerahan ya, terima kasih sudah mampir..

      Delete
  41. Mba, vanili dgn vanila itu sm atau ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Khusniah,
      vanili itu sama saja dengan vanila, hanya sepertinya sekarang lebih sering penggunaan kata vanila yang dipakai dalam resep2...

      Delete
  42. Mau tanya dong mba monic, merry whip itu premiks whipped cream instan sama ato bukan? Maaf nih, baru belajar mau hikin cake..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Soraya,
      merry whipped itu beda dengan whipped cream instan, merry whipped itu bentuknya sama dengan mentega putih hanya dia lebih wangi susu...dan kalau dicampur rasanya lebih enak butter creamnya dibanding jika hanya pakai mentega putih shortening...
      kalau mau pakai whipped cream instan, gunakan saja itu mba, gunakan sesuai petunjuk di kemasan ya mba...

      Delete
  43. Mba sy dgn Linda.. sy mau nanya donk.. klo sy mau buat butter cream pake merry whip itu biasa perbandingan merry whip sm mentega putihnya gmn ya? Trs klo gula bubuk diganti pake gula jelly bs kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Linda, salam kenal...
      perbandingan merry whipp : mentega putih = 1 : 2 jadi misal merry whip 250 gr, mentega putih 500gr
      bisa kok mba gula bubuk diganti gula jeli, susu kental manisnya bisa diskip kayaknya supaya butter cream tidak terlalu lembek... atau kalau masih mau pakai susu kental manisnya, dicoba sedikit dulu pemakaiannya...

      Delete
  44. Oh gt ya mba.. nanya lg donk ya mba..hehehe
    Klo mis utk black forest, klo sy buatnya yg kukus gpp kah mba klo ga dipakein simple syrup? Kan klo kukus ud lmyn lembab ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak... kalau buat black forest kukus tidak perlu lagi simple syrup, cake sudah cukup lembab....
      terima kasih kunjungannya pak....

      Delete
  45. Lagi mencari resep buttercream, pas sekali mampir blog resep yang lezat dan sederhana dari mbak monic. thanks mbak buat infonya, sangat membantu saya dalam pembuatan buttercreamnya. Salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salam kenal juga...
      Terima kasih sudah mampir ya, senang rasanya info di blog saya bisa berguna.

      Terima kasih atas kunjungannya, terima kasih atas komentarnya...

      Delete
  46. Salam Kenal Mba Monica, mau nanya kalau bikin BC ala chef juna dng campuran merry whip (supaya lebih wangi&lembut), apakah nanti BC nya bisa tetep kokoh jika untuk hiasan tart (ms.mawar dll) ? Kalau boleh tau perbandingan mentega putih dng merry whip nya berapa banding berapa ya?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mba Maulida....
      Bisa kok mba kalau dengan campuran merry whip butter creamnya tetap kokoh, merry whip sendiri teksturnya kokoh kok, mirip mentega putih hanya lebih harum dan berasa susu.

      Untuk menggunakan resep butter cream chef Juna dengan merry whip,
      mentega tawar atau mentega putih 150gr
      merry whip 75gr
      gula bubuk 75gr
      susu kental manis 3-4 sendok makan

      okey deh mba Maulida, semoga bermanfaat ya, semoga sukses ya....

      Delete
  47. Salam kenal mba. Saya mau tanya nih.. saya coba bikin BC pakai mentega puti, gula halus dan SKM. Kenapa masih berpasir dan terasa ngendal ya. Padahal saya sdh mixer (m****o) hampir 30 menit. Kalau sdh begitu solusinya bagaimana ya mba supaya BC saya bisa lebih halus dan jadinya bisa saya pakai. Sebab, kalo buat orang lain takut mengecewakan kalau BCnya gak halus. Terima Kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mba Estri, kalau buat BC dan terasa masih berpasir itu karena gula halusnya masih bertekstur kasar mba jadi masih ada rasa berpasir, coba cari gula halus yang benar-benar halus di toko bahan kue, selama ini saya mengalami BC berpasir kalau saya gunakan gula pasir yang diblender, kalau pakai gula halus beli tidak ada rasa berpasir. Atau kalau mau coba gunakan resep dengan menggunakan simple syrup saja...
      Nah kalau masalah ngendal walaupun sudah dikocok cukup lama, itu berarti masalah dengan mentega putihnya, coba gunakan mentega putih kualitas bagus, mentega putih impor, coba bisa tanyakan di toko bahan kue terdekat juga.
      Atau kalau mau enak sekalian gunakan butter unsalted atau mentega tawar supaya hasilnya memuaskan, bisa gunakan merk orchid, anchor, wysman, elle vire, lurpak, dll, kalau ini rasanya akan enak dan tidak ngendal di lidah...
      Karena menurut saya dari segi waktu pengocokan sih 30 menit itu sudah cukup lama, hmmmm karena saya biasanya tidak selama itu, sekitar 10-15 menit saja sudah ringan dan menurut saya tidak ngendal (nah ngendal tidaknya ini mungkin masalah selera juga kali ya).
      Tapi memang mba kalau mau didapatkan butter cream yang sesuai harus coba-coba sih mba...nah mba coba cari lagi resep butter cream yang lain yang bahannya lebih kompleks yang sekiranya cocok dengan selera, misalnya yang dicampur softcream juga, hmmm ini ada rujukan, tinggal googgling ya, butter cream dapur Itara, butter cream dapur Solia, dan butter cream Irene's Kitchen, nah banyak aneka resep butter creamnya, semoga ada resep yang cocok ya...
      Terima kasih mba Estri...

      Delete
  48. mau coba tapi baca2 dulu infonya biar ga buta banget... wah keren juga setiap koment di balas... mantappp

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Vina, silakan mba...semoga terbantu dengan infonya ya...
      he he he, yang komen ga banyak sih mba, jadi masih bisa dibalas satu-satu...terima kasih ya sudah mampir...

      Delete
  49. makasii byk mb monic krna resep2ny apalg detail bgt dan minimalis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mba Hayya...terima kasih sudah mampir ya...

      Delete
  50. Mbak, mentega putihnya dikocok dulu baru dimasukkan gula dll atau dari awal mentega putih dikocok sama gula dll?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Ratih,
      kalau dari resep butter cream di atas yang saya tuliskan, caranya beda-beda, tergantung mba pakai resep yang mana, kalau resep butter cream sederhana, bc chef juna, bc modifikasi, mentega putih dikocok dulu sampai mengembang baru bahan lain dimasukkan, sedangkan bc budi sutomo, semua bahan langsung dikocok bersama...jadi silakan baca step resep yang digunakan ya...
      semoga membantu ya...terima kasih...

      Delete
  51. Mba mau tanya, kalo resep whipe cream yang pake susu evaporated itu takarannya gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Ria, sudah saya update ya takarannya, yang saya copykan dari link yang sudah saya beri di atas dari website southern plate

      untuk lebih jelas, boleh klik langsung linknya
      semoga membantu ya..

      Delete
  52. Siang Mba, saya mau curhat ttg BC ala Budi Sutomonya. Saya hendak membuat rainbow cake utk ultah anak-anakku. Saya tertarik dengan BC ala Budi Sutomo, tapi bisa tidak vanilinya saya ganti dengan ekstrak lemon supaya wangi lemon, jika bisa brp bnyknya?
    Yang kedua, untuk BC yang Mba modifikasi pakai meery whip, bisa aku ganti dengan whip cream bubuk tidak, seperti Haan.
    Sekian mba, curhatnya. Maaf kepanjangan... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Santi, duh maaf ya lama baru saya bisa reply komentar mba Santi, secara baru bisa online malam ini mba.
      Kalau mau buat BC ala Budi Sutomo dan mau ganti vanili, coba takarannya buat sama dulu dengan takaran vanilinya, kalau dirasa kurang silakan tambahkan sedikit demi sedikit mba...
      Kalau mau pakai BC modifikasi pakai merry whip sebaiknya jangan ganti dengan whipped cream bubuk mba, kalau mau pakai whipped cream, lebih baik pakai whipped cream aja semua, tinggal ikuti cara membuatnya di kemasan.
      Tekstur merry whipped ini mirip dengan mentega putih soalnya, jadi hanya memperkuat rasa BC, jadi beda dengan whipped cream bubuk.
      Kalau mau pakai ekstrak lemon, dicampur saja dengan air dinginnya baru deh dikocok hingga mengembang.
      Semoga membantu ya mba.... ga papa kepanjangan mba...walaupun panjang tetap saya baca he he he....saya balas juga selalu panjang

      Delete
  53. Makasih makasih makasih fast responnya mba... 1 lg mba yg bikin jd pertanyaanku, klo pake cream bubuk sy khawatir cpt mleleh. Dl aq prnh bikin blackforrest, bc nya hnya pk cream bubuk, tp ga bs dibentuk malah mencair. Hehehe, namanya jg baker amatir... Jd aq pngn aga kokoh trs rasanya enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mba....oh iya mba Santi memang kalau pakai whipped cream bubuk itu cepat meleleh, begitu dioles di cake harus di ruangan dingin kalau tidak amburadul jadinya.
      Oh kalau mau yang agak enak butter cream kombinasi pakai merry whip cukup enak mba (menurut saya loh ya), selain itu kokoh BC nya, jadi boleh mba meluncur ke TBK buat tanya merry whip, bentuknya mirip mentega putih mba

      Delete
  54. Mba monic maaf tanya.. sya tinggal di mlys. Sya nyoba tanya hollman softcream n merry whip ke TBK disini ko kaya pada ga tau gitu yah. Atau itu cuma produk yg ada di indo aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Nina,

      wah kalau itu kurang tahu deh mba saya, mungkin saja ya mba

      atau coba mba tanya tentang cream well, sepertinya kalau saya lihat gambarnya mirip dengan merry whip

      kalau susah mendapatkan merry whip, coba gunakan campuran butter dan cream well ini, butter cream akan menjadi cukup kokoh dan cocok untuk membuat dekorasi cake

      Delete
  55. Hi mbak, salam kenal
    mbk kalo pake resep yg modifikasi mbak punya yg ada merry whip itu hasilnya kokoh ya mbak? bisa untuk ngebentuk mawar ga mbak?
    (ira)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Ira, salam kenal
      iya mba kalau untuk butter cream modifikasi dengan merry whip cukup kokoh, bisa lihat gambar di atas ya, sudah saya update contoh cake dengan penggunaan butter cream modifikasi ini, dan sepertinya bisa ya untuk membentuk mawar

      Delete
  56. hai mbak, mau tanya, ciri2 buttercream yg pas itu seperti apa bentuknya? tiap kali.buat koq kayanya gak pas aja ya? sy sdh pernah bbrp kali pakai whippingcream tapi sering berubah cair krn dimixernya terlalu lama.. pakai mentega putih jg sama, buttercreamnya sering cair kenapa ya mbak? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba atau mas neh...
      hmmm bagaimana ya bentuknya? ya bentuknya sih cream lembut, dan cukup ringan karena sudah mengembang
      kalau membuat cream dari whipping cream memang tidak boleh terlalu lama dimix, cukup asal dia sudah kaku, mengembang dan ringan, hentikan mengocok
      kalau menggunakan mentega putih, selama menggunakan takaran yang pas dan bahan yang pas juga, sepertinya tidak akan cair
      kalau mau membuat butter cream dari mentega putih, coba pakai resep chef juna, saya biasanya pakai resep ini dan tidak ada masalah dan rasanya cukup ok

      oh iya, btw maaf ya komennya masuk di spam, baru sempat saya cek komennya...jadi lama baru dibalas...

      Delete
  57. Hai mbak monic, saya mau nanya kenapa ya setiap saya membuat butter cream, rasa menteganya itu masih ketara, dan rasanya itu masih tingal dimulut, masih ngendal gitu mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Ajeng, kalau itu kemungkinan karena mentega putihnya mba atau karena kurang lama dikocok, mentega putihnya masih berat
      kalau mau coba gunakan butter/mentega, nah bandingkan rasanya.. atau coba mentega putih merek lain, karena mentega putih pun berbeda rasa antara satu merek dengan yang lain, nah kurang lebih begitu mba Ajeng

      Delete
  58. Hai mbak.. Sy mau tanya soal whipcream bubuk yg merk haan itu.. Kan bahan campurannya air, apa bisa untuk hiasan cake ? Dan apa aman di suhu ruang ? Dulu sy pakai haan whipcream untuk pudding. Terima kasih,mohon pencerahanx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba/mas... iya benar whipcream bubuk haan itu campurannya air es, tapi bisa untuk hiasan cake dan rasanya enak menurut saya, hanya memang tidak tahan di suhu ruang, penyimpanan cake harus di suhu dingin, di rak khusus cake dingin ataupun di kulkas, kalau di suhu ruang yang panas, hiasan cake dengan whipcream akan amburadul
      semoga membantu ya...terima kasih..

      Delete
  59. Mbak maaf 1 lg. Kalau yg resep modifikasi itu pakai mentega putih semua tanpa merry whip tetap enak dan kokoh gak?
    Lalu klo saya mau hias kue dummy, apakah ada resep butter cream yg lbh murah namun kokoh sekali? Mohon jawabannya ya mbak.. makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Vany,
      untuk buttercream modifikasi bisa kok pakai mentega putih saja, akan tetap kokoh, tapi yang jelas tidak akan seenak kalau dicampur dengan merry whip
      kalau mau hias cake dummy, coba pakai resep butter cream sederhana, murah dibanding butter crem lain, hanya mentega putih dan susu kental manis, dan ini kokoh sekali

      Delete
  60. Mbak maaf saya ulang komen tkt td eror ga masuk.. krn pnting hihi.
    Salam kenal mbak.. saya Stevany.. mau tanya ttg butter cream Modifikasi resep mbak.. kira2 kokoh ga utk hias kue tart model Ruffle/renda numpuk disekelilingnya? Apakah ruffle nya akan kokoh dan gak turun leleh klo di suhu ruang? Sbnrnya utk hias kue dummy. Utk ultah anak sy.. Trs kalau saya hias kue 3 hari sebelumnya lalu kuenya di kulkasin gak apa2 gak mbak? (Jaga2 klo gagal msh smpet pesen ke bakery haha). Atau apakah mbak ada saran resep butter cream yg lbh kokoh utk hias Ruffle?
    Mohon jawabannya ya mbak.. krn penting utk ultah anak saya.. hehe..
    Oya ada 1 postingan prtanyaan lg ya mbak ttg merry whip dan gula icing.. td sdh terkirim.. mohon jawabannya ya mbak.. makasih banyak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai lagi mba Vany,
      kalau menurut saya sih butter cream modifikasi ini kokoh dan sepertinya bisa untuk tart model ruffle, hanya memang saya belum pernah coba buat yang model ruffle sih mba, tapi sepengalaman saya sih memang butter cream ini cukup kokoh di suhu ruang

      kalau mba Vany mau coba cari resep butter cream khusus ruffle, tadi saya sempat baca ada resep perfect frosting for ruffle cake dari bestfriendsforfrosting.com, tinggal googling saja mba

      kalau kuenya 3 hari dikulkasin sih tidak masalah mba, hanya sebelum digunakan keluarkan beberapa jam dari kulkas supaya tidak keras, he he he bagus juga tuh jaga2 biar bisa pesen ke bakery
      iya mba gula halus itu gula icing atau gula bubuk..

      Delete
  61. Wah trimakasih ya mbak jawabannya sungguh cepat dan sangat lengkap. Baik mbak monic nti saya komen2 lagikalau berhasil bikin ruffle nya yahh.. tp yg pasti saya mau hias cupcake2 pakai resep modifikasi nya mbak monic. Kelihatan simple dan kokoh ya.. Makasi ya mbak...untuk jawaban dan waktunya =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai lagi mba Vany... he he he cepat ya.. habis kesannya kan top urgent begitu, jadi balasnya juga harus top urgent (ya selama saya bisa balas cepat, saya usahakan mba..)
      sippp mba, ditunggu ya hasil rufflenya, jadi ikutan penasaran ingin coba juga buat ruffle tapi kapan ya, he he he
      sukses mba buat cake ruffle dan cupcakenya ya..

      Delete
  62. Hi mb monic..mau tanya mbk tinggal di daerah/ perumahan apa di batam..apa mb punya toko kue,sp tau bs mampir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Endah, saya tinggal di perumahan sentosa perdana/sp mba.. di daerah batuaji
      wah sayang mba sampai saat ini saya belum punya toko kue he he he.. hanya masak sebatas hobi mba..
      lah emang mba Endah tinggal di Batam juga ya?

      Delete
  63. iya mba,salam kenal y..dekatan ya ternyata,sy di genta..mo nanya beli merry whipnya dmn?toko kue di pasar Sp itu y?pingin bljr bkn cake nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mba Endah, wah di genta ya.. genta 1 bukan? iya mba belinya di toko bahan kue di pasar sp itu, di toko aneka rasa.. tapi kayaknya ada juga deh di toko bahan kue pak raden yang di genta 1..
      sippp mba..semangat belajar buat cakenya...

      Delete
  64. salam kenal mba...nama saya theny. saya klo buat bc bahannya: mentega putih, hollman, gula bubuk, susu cair. sy mau tanya apa beda hasil nya jika buat bc menggunakan skm dan susu cair? lalu apakah hollman dan merry whip itu sama? jika beda, bgm perbandingan penggunaan merry whip dng holman dan mentega putih. terimakasih seblmnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Theny, salam kenal juga mba..
      wah saya garuk-garuk kepala dengan pertanyaan mba Thenny, he he he, secara saya belum pernah coba pakai hollman ini, hollman softcream kan mba yang mba Theny maksud?
      kalau menurut saya sih beda mba Hollman soft cream dan merry whip itu, nah perbandingannya saya belum pernah coba kalau yang pakai hollman, jadi saya tidak bisa jawab kali ini mba... maaf ya... kalau menurut saya, bc yang mba Theny buat ini kalau sudah enak dan sesuai dengan selera mba Theny, ya tidak masalah pakai yang ini saja, nah kalau mau coba versi merry whip, boleh lihat yang resep di atas, kalau mau modifikasi coba sebagian merry whip diganti hollman..
      hmmm jadi saya hanya bisa bantu jawab begitu ya mba... maaf sekali lagi ya.. terima kasih mba Theny

      Delete
  65. Siang mba, salam kenal sy fenny. Baru nyoba buat cupcake dg bc. Yg mau sy tanyakan kalau menggunakan bc yg mba share bs tahan brp lama di luar kulkas atau suhu normal? Thx mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Fenny, salam kenal juga..
      saya sih baru coba bc sederhana, bc ala chef juna, bc dengan merry whip, bc dengan sc hollman..
      sejauh ini seingat saya bisa tahan 3-4 hari di suhu ruang kalau tidak salah mba..
      yang baru-baru ini saya buat, hanya bertahan 2 hari secara cakenya habis dalam 2 hari saja he he he...
      tapi suhu ruangnya tidak panas ya mba, dalam artian tidak terkena cahaya matahari langsung atau dekat dengan kompor, oven dll benda panas
      semoga membantu ya mba..

      Delete
  66. Mba mohon pencerahan, saya mau buat es krim 1000an pake whip krim dari SKM, saya lihat itu 1 kaleng SKM diproses jadi whip krim tanpa ada penambahan air sama sekali, apa biayanya gak jadi tinggi ketimbang bikin dari whip krim bubuk merk2 terkenal. Kalo bisa saya minta resep es krim pake whip krim dari susu kentalnya kalau bisa mba. Tak lupa saya ucapkan banyak terima kasih atas ilmu2nya.....keren mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba/mas neh.. iya memang kalau yang ini whipped cream dari skm tanpa penambahan apa2 lagi, kayaknya lebih banyak hasilnya kalau menggunakan whip cream bubuk misal merk haan itu, nah kalau mau resep es krim yang ekonomis, coba mba/mas googling di website langsung enak, di kategori minuman, banyak sekali resep es krim yang cocok untuk usaha
      maaf ya kalau saya tidak bisa membantu, soalnya saya memang belum pernah buat es krim dari skm ini, paling2 dari whip cream bubuk itu saja..

      Delete
  67. mbak, kalau pakai mentega putih dan gula cair yg udah dibbeli gmn? misal gula cair merk rosebrand. Gmn perbandingan takarannya? Trm kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk penggunaan gula cair ini sama dengan penggunaan simple syrup mba, untuk takaran coba lihat di resep butter cream lembut yang tercantum di postingan. Kalau hanya menggunakan mentega putih dan gula cair disesuaikan dengan tingkat kecairan gula dan kemanisan gula cairnya. Saya belum pernah coba buat bc dengan gula cair tersebut mba jadi belum bisa kasih takaran pasti. Mba bisa coba dulu tambahkan 2 sendok makan, dicicip dan dilihat teksturnya, jika kurang manis dan tekstur bc masih ok, bisa tambahkan lagi tapi jika kurang manis tapi teksturnya sudah kelembutan bisa tambahkan susu kental manis saja. Jadi untuk pastinya saya belum tahu ya mba. Tapi semoga ada gambaran ya mba..maaf kalau kurang berkenan jawaban saya.

      Delete
  68. Mba monic saya mau tanya klau bc bisa buat toping pisang goreng?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Nissa, saya belum pernah coba pisang goreng diberi topping bc, tapi sepertinya bisa2 saja mba, setelah diberi bc baru deh diberi keju, meses dll, nah kayaknya makin yahud malah rasanya..

      Delete
  69. Mbak sy mau tny dlm resep butter cream super menggunakan whipped cream jenis bubuk atau cair? Thx
    Mariana - B. Lampung

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Mariana, sebelumnya saya minta maaf ya mba, saya terlupa mengecek komentar spam, dan ternyata komentar mba Mariana masuk di sana, jadilah baru bisa saya publish sekarang..sekali lagi maaf ya mba..

      nah tuh dia mba, saya juga jadi bingung itu pakai whipped cream apa..karena saya tidak mencobanya sendiri tapi menurut saya sih menggunakan yang cair mba, karena semua bahan kan dicampur jadi satu, kalau yang bubuk kan harus ditambah air lagi..

      Delete
  70. Halo mba Monic..
    mo tanya bc yg plg kokoh utk korean flower biasanya resep yg mn yah? tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum pernah coba buat korean flower mba, tapi kayaknya sih yang paling kokoh yang butter cream sederhana, atau kalau dari segi rasa yang pakai merry whip tetap ok dan kokoh mba

      Delete
  71. Sis klo yg resep bc pake merrywhip tanpa skm gpp kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Silvia, tidak masalah kok mba tidak pakai skm, hanya sesuaikan saja lagi takaran gula bubuknya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.