Nasi Goreng Hijau Super Pedas



hot spicy green fried rice

Hari ini saya buat nasi goreng hijau yang boleh dikatakan super pedas, untuk ukuran saya ya..belum tentu ukuran orang lain. Walaupun warnanya tidak begitu hijau, karena kali ini tidak dicampur dengan sayuran hijau baik bayam atau sawi hijau, sedang tidak ada stok, malas ke pasar. Jadi hijaunya hanya bersemu hijau saja, warnanya didapatkan dari cabai hijau keriting dan cabai rawit.

Pedasnya mantap belum lagi ditambah irisan cabai rawit merah, beuh..butuh air yang cukup banyak kalau menyantap nasi goreng satu ini. Oh iya dulu saya pernah buat nasi goreng hijau begini, ada campuran sayuran hijau, dan namanya nasi goreng buto ijo, masih terobsesi kala itu dengan nasi goreng buto ijonya Sahid Gunawangsa Surabaya. Tapi jadinya ya tidak sama plek, sudah ala-ala saya he he he..

Untuk campuran nasi gorengnya kali ini saya gunakan bakso ikan dan ikan tuna kaleng. Buatnya tidak banyak hanya untuk 2 porsi saja, tapi bukan porsi jumbo ya, porsi sedang saja, nasi di rice cooker sisa sedikit soalnya.

Nah kesan saya waktu makan nasi goreng buto ijo Sahid itu ada irisan acar baby cucumber, rasa asamnya memberi rasa tersendiri. Untungnya kemarin ketika ngelayap lagi dengan bapaknya Sophie ketemu deh acar timun ini di swalayan. Jiahhhh sudah kebayang enaknya makan nasi goreng ini pakai acar timun ini. Eh tapi nasi goreng itu diberi acar timun wortel juga sedap, tapi karena malas membuat acar timun wortel lagi, pakai yang ada saja. 

Di sini nasi goreng juga jarang pakai acar timun wortel, biasanya hanya ada tambahan irisan timun, hmmm tapi bagi saya yang penyuka nasi goreng, dengan irisan timun, acar timun wortel, dengan potongan tomat pun tetap sedap selama nasi gorengnya pedas dan kering tidak berminyak.

Kalau mengikuti postingan saya, sudah berapa kali ya saya menampilkan resep nasi goreng, beraneka nasi goreng, silakan lihat-lihat di kategori nasi ya.  Karena menurut saya nasi goreng itu sangat fleksibel, semua bahan bisa masuk, tentu bahan yang masih masuk akal he he he... 

Sampai saat ini saya masih belum bosan dengan nasi goreng, tidak seperti Sophie, sekarang sangat anti dengan nasi goreng, sejak beberapa waktu lalu hampir tiap hari dia saya beri bekal nasi goreng, eh bosan deh, akhirnya sekarang sudah tidak mau dibawakan bekal nasi goreng lagi. 

Pernah suatu pagi, saya sedang membuat telur dadar untuk bekalnya, eh dia bangun, lalu tanya, ibu buat apa? nasi goreng ya? dengan nada curiga, lalu saya jawab, telur dadar kok bukan nasi goreng. Oh bukan nasi goreng ya... lalu dia teriak, bapak, ibu bukan buat nasi goreng, buat telur dadar. Oalah...laporan dengan bapaknya.

Setelah Sophie sekolah bapaknya cerita, tahu tidak hari ini bagaimana cara membangunkan Pipi? bilang aja, bangun sana ibumu masak nasi goreng buat bekalmu. Nah tanpa ba bi bu, langsung bangun ke dapur. Lalu kata saya, oalah pantas kok tiba-tiba tanya buat nasi goreng apa tidak. Lalu bapaknya tertawa, itu cara paling mujarab membangunkan dia langsung tanpa merengek. Biasanya Sophie ini paling susah kalau dibangunkan pagi hari... pasti selalu katakan Pipi masih ngantuk, belum mau bangun, lalu peluk guling erat-erat, tidur lagi. Bisa berkali-kali membangunkan dia. Nah ternyata nasi goreng ini cepat sekali membangunkan dia ha ha ha...

Okeh deh, sekarang lanjut ke resep ya... silakan kreasikan bahan tambahan nasi goreng sesuai kesukaan dan ketersediaan bahan, bisa gunakan daging ayam, sosis, bakso, udang dll.

Nasi Goreng Hijau 

Bahan :
  • 2 porsi nasi
  • 8 butir bakso ikan, potong 2 masing-masing
  • 2 sendok makan tuna kaleng
  • 1 butir telur
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok makan saus tiram
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
  • acar timun, iris untuk taburan
  • cabai rawit merah, iris untuk taburan

Bumbu halus :
  • 4 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 10 buah cabai hijau keriting
  • 15 butir cabai rawit (sesuaikan jumlahnya dengan selera)

Cara membuat :
Haluskan bumbu (saya gunakan chopper, jadi tanpa air). Dengan api besar tumis bumbu halus sampai harum dan tidak langu, ketepikan bumbu, masukkan telur, orak-arik sampai matang, masukkan bakso ikan, tambahkan tuna dan masak sebentar sambil diaduk. Tambahkan nasi, aduk rata dan masak hingga benar-benar tercampur, tambahkan garam dan merica bubuk serta saus tiram, aduk rata, cicipi rasanya. Angkat dan siap dihidangkan dengan taburan.


resep nasi goreng hijau pedas

Nah semoga resep nasi goreng hijau super pedas ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...




Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

12 comments:

  1. Jiahahahhaha....bapaknya punya tips jitu bangunin pipie ya hahahhah...kalo ibunya udah sibuk di pagi hari, jadi aku yakin, udah blank aja gimana cara bangunin anak biar cepet bangun.

    Diriku kok lupa ya mau cobain nasgor hijau gini. Biar gak terlalu pedes, kan bisa juga pakai cabe hijau yang gede gede itu kan ya. Orang rumah gak terlalu doyan pedes sih.

    Eh kalo makan nasgor diriku kok kurang demen acar ya. Lebih demen yang seger. Timun wortel, kadang cabe rawit ijo kecil, tapi pedesnya gila. Tukang nasgor beli di mana itu cabe, kok bisa dapat yang imut imut tapi pedes banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi hi iya bener mba, mantap itu cara bangunin anak doyan tidur..
      iya mba pakai cabe hijau besar aja, di sini kalau mau cari cabe hijau besar cuma di swalayan, cuma karena ga terlalu pedas jadi ga doyan deh..he he he
      walah ga suka nasgor pake acar ya mba, ih padahal enak juga loh.. walaupun yang seger juga enak.. tanya mba dimana belinya cabe pedes gitu, berani ga tanya ha ha ha...

      Delete
  2. waduh super pedas ya mbak.... :) klu saya sich cukup 1 cabe saja :) soalnya ngk tahan pedas... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang, super pedas ini kang, buat yang doyang pedas mantap rasanya..
      hi hi hi kalau ga tahan pedas cabenya dikurangi banyak...

      Delete
  3. Wuiiihh ... mantaaap bener nasi gorengnya, kak 👍

    Namanya juga ngga kalah wow dari inspirasi Nasi goreng buto ijo ...
    Nasi Goreng Hijau Super Pedas ala Monica ... 🤗

    Aku juga suka sama cabe ijo,kak.
    Sampai-sampai bikin mie instan kuahnya kukasi irisan beberapa cabe ijo 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas.. nasi goreng pedas ijo, sayang ga pake sayuran ijo, kalau pake ijonya lebih ngejreng

      toss mas.. suka cabe ijo kita.. enak ya kalau buat mie instan dikasih irisan cabe

      Delete
  4. Saya paling suka makan nasi goreng dengan acar, dilidah itu gimana gitu. Nikmat sekali.
    Nah itu namanya serem banget, kalau ditempat saya namanya nasi goreng gila. lebih serem lagi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss mas.. enak ya makan nasi goreng pakai acar, lebih segar rasanya, apalagi kalau nasi gorengnya pedas

      nasi goreng gila karena pedasnya ya mas? mantap tuh gapapa deh gila nasi gorengnya he he he

      Delete
  5. Nah yang ini mah resepnya bisa saya coba mba, soalnya mudah juga saya sering masak nasgor cuma biasa" aja, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Mayuf, nasi goreng mah gampang ya... silakan dicoba mas resepnya, siapa tahu suka

      Delete
  6. mantaf juga nasi gorengnya , bikin aper nih mbaa

    pengen ngerasain nasgor hijau super pedasnyaa....hheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mas Yuli, nasi goreng pedas buat pecinta pedas mah bisa bikin laper he he he

      coba buat mas, mudah kan buatnya..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.