Salted Egg Yolk Cookies



salted egg yolk cookies recipe

Apa kabar semua, happy Monday, selamat beraktifitas kembali ya. Hari ini saya mau posting resep salted egg yolk cookies atau kukis kuning telur asin. Hayoooo ada yang penasaran dengan rasanya? apa bau khas telur asin masih terasa di kukis ini?

Hmmm kalau saya katakan kukis ini walaupun menggunakan kuning telur asin tapi tidak berasa bau telur asinnya, hanya menyumbang rasa gurih. Jadi menyantap kukis ini sedap, aroma butter tapi gurih dan sedikit manis. Sudah terbayang rasanya?

Kukis ini termasuk kukis yang ngeprul atau meleleh di mulut, atau bahasa kerennya melt in your mouth. Sangat renyah dan rapuh, jadi ukuran kukis ini sebaiknya jangan terlalu besar, sekali suap hap masuk mulut. Saya berpesan ke Sophie kalau makan kukis ini sekali masuk mulut ya nak, tidak pakai digigit setengah-setengah, oke... Sophie menurut dan dia sepertinya malah menikmati makan porsi sekali makan begini, karena dia itu cenderung kalau makan porsi besar masuk ke mulut, sering berkali-kali saya ingatkan, kalau makan sedikit-sedikit jangan banyak-banyak, nanti tersedak. 

Kalau saya dan Sophie suka dengan kukis ini, karena kami suka telur asin, terutama saya, tapi tidak dengan bapaknya Sophie, telur asin adalah makanan yang termasuk dia sangat tidak suka. Dan dia sangat terganggu dengan bau telur asin ini. Namanya juga selera ya, kalau saya sangat tidak suka dengan ikan asap, di mana merupakan makanan kesukaan dia. Terkadang saya sampai menahan nafas karena tidak tahan dengan bau ikan asap. Kalau dia mau makan ikan asap, terkadang dan sering saya suruh goreng sendiri, olah sendiri. Nah kalau angin sedang baik, saya bersedia memasakkannya ikan asap begini, sangat senang tentunya bapak satu ini.

Telur asinnya sendiri saya beli di swalayan, upps lebih tepatnya bapaknya Sophie yang memasukkannya ke kereta belanja karena saya sudah katakan saya mau beli telur asin. Saya masih di bagian sayuran dia sudah meluncur ke bagian telur asin, dan dia sendiri yang memasukkan telur asin ke kereta belanja, tidak tanggung-tanggung beli 10 butir. Dan ada yang ribut, loh bukannya ibu sudah beli telur asin ya di pasar, kok beli lagi, beli 10 lagi, di pasar sudah beli 3, jadi 13 donk telur asin kita, banyak sekali, begitu katanya. Uppsss kamu ketahuan... untung bapaknya Sophie tidak protes, sudah beli telur asin kok minta beli lagi.

Saya memang beli telur asin ini karena sudah ingin mengeksekusi resep kukis ini, penasaran dengan rasanya. Bahan-bahan kukis telur asin ini sangat sederhana, dan prosesnya pun sangat mudah, tidak butuh mixer. Nah kukis jenis ini yang saya suka, tapi memang rata-rata kukis menurut saya tidak membutuhkan mixer, hanya diaduk saja dengan balloon whisk atau garpu sudah cukup. Kukis ini cukup populer ketika menjelang Imlek, banyak sekali yang posting kukis ini di instagram, jadinya saya tergerak ingin mencoba juga.

Membuat kukis ini tidak butuh waktu lama, karena memang satu resep di bawah ini tidak begitu banyak. Hasilnya juga tidak begitu banyak, lumayan, dengan bentuk kukis seperti yang saya buat, menghasilkan 38 buah kukis. Oh iya adonannya cukup lembut ya, jadi ketika mencetak taburi alas, rolling pin dan cookie cutter dengan sedikit tepung, pindahkan perlahan cookies ini ke loyang.

Okey deh... berikut resep yang saya buat ya..sedikit beda di proses dengan resep asli, resep asli di blognya Zoe - melt in your mouth salted egg yolk cookies. Thanks Zoe for the recipe.

Kukis mudah yang layak juga dicoba adalah parmesan cheese butter cookies, kukis renyah berasa gurih keju, mantap.

resep salted egg yolk cookies

Salted Egg Yolk Cookies

Bahan :
  • 85 gr unsalted butter suhu ruang, kondisi lunak
  • 40 gr gula halus (saya gunakan gula pasir yang diblender)
  • 1/8 sendok teh garam
  • 125 gr tepung terigu protein sedang
  • 10 gr tepung maizena
  • 1/8 sendok teh baking powder
  • 2 kuning telur asin matang, lumatkan

Bahan olesan dan taburan :
  • 1 kuning telur + 1/2 sendok teh air atau susu cair, aduk rata
  • wijen hitam

Cara membuat :
Siapkan loyang, oles dengan butter atau margarin tipis, sisihkan. Di mangkuk campur tepung terigu, tepung maizena dan baking powder, aduk rata. Di mangkuk cukup besar, campur butter, garam dan gula halus, aduk dengan balloon whisk hingga tercampur rata dan halus, tambahkan kuning telur asin, aduk kembali dengan balloon whisk sampai halus. Tuangkan campuran tepung, aduk rata kembali, ambil adonan, letakkan di alas bertabur tepung tipis, gilas dengan rolling pin dengan ketebalan kurang lebih 4mm, cetak dengan cookie cutter, letakkan di loyang. Oles dengan kuning telur dan taburi dengan biji wijen hitam, panggang dengan suhu 170 derajat celcius selama kurang lebih 10-15 menit sampai bagian bawah kecoklatan dan bagian kuning telur menggelap (catatan : oven sudah dipanaskan terlebih dahulu). Keluarkan dari oven dan dinginkan, simpan di wadah kedap udara.


resep kukis kuning telur asin

Nah semoga resep salted egg yolk butter cookies ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya....



Selamat mencoba....



NewerStories OlderStories Home

12 comments:

  1. Aku malah gak suka sama telur asin. Bapaknya yang doyan. Sekali beli di tukang sayur min 5 butir, habis sama dia sendiri hahahah.... Kadang diriku ngomel karena takut kolesterolnya naik.

    Belum pernah bikin kukis pake telur asin rebus. Kalo kuning telur rebus biasa, pernah. Lebih gurih emang daripada pakai kuning telur mentah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi hi kebalik ya mba...
      lah aku malah belum pernah coba mba pakai kuning telur rebus biasa.. buat jadi nastar ya mba?

      Delete
  2. enak nih kukis nya bisa dimakan buat cemilan kalau lagi ngblog gini .. biar perut ga keroncongan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mas Nucky, enak memang buat cemilan kukis begini

      terima kasih sudah mampir ya

      Delete
  3. makasih resepnya mba, mau dong yang matengnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas, boleh... nih tangkap ya mas yang matengnya..he he he

      Delete
  4. Dudududu, aku jadi pengin nyoba nih. Kapan hari kl sempet ku coba ah, makasih resepnya yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan dicoba mba Ella, sama-sama mba Ella

      Delete
  5. Duh jadi pengin mba, tapi gak bisa buatnya, hehe
    Kayaknya kalo tinggal makan mah lebih enak ya mba wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha iya mas Mayuf, enak kalau tinggal makan doang, ga perlu buatnya

      Delete
  6. Selamat beraktivitas kembali,kak Monica.
    Resep salt egg yolk butter cookies nya bikin mendadak pengiiin ... 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas Himawan...
      he he he... iya mas enak nyemilin kukis ini

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.