Black Pizza : Mayonnaise Mushroom



balck pizza recipe

Setelah mencoba burger hitam, nah yang ini nih yang selanjutnya saya coba buat, pizza hitam atau black pizza. Kali ini toppingnya sederhana saja, hanya jamur kancing yang diberi saus barbeque dan diberi keju mozarella dan mayones pedas. Walaupun begitu sedapnya pizza ini. Empuk lembut dan rasanya mengingatkan saya dengan rasa pizza hitamnya frankfurter di pizza hut, jiahhh... ya walaupun kalau dibandingkan toppingnya tidaklah semeriah topping frankfurter tersebut.

Masih dengan pewarna hitam merk kupu-kupu, maka roti pizza ini saya buat menggunakan resep pizza andalan saya dan ditambahkan dengan pewarna cair ini. Oh iya dan tak lupa khasnya pizza hitam ini, diberi taburan wijen di tepi pizza.

Nah kali ini Sophie sama sekali tidak mau makan pizza ini, jadi hanya saya dan bapaknya, wah lumayan, satu loyang dibagi 2 saja, kenyang..he he he.. Sophie tidak suka karena sausnya itu, dia sebenarnya memang tidak begitu suka dengan saus barbeque, mungkin terasa aneh di lidahnya.

Saus barbeque ini saya gunakan saus botolan merk Del Monte. Saus ini sangat umum ditemukan di swalayan ya, jadi yang mau mencoba juga saus ini, silakan coba cari di swalayan terdekat.

Okey deh... tanpa lama-lama berikut resepnya ya.. silakan..
yang tertarik dengan resep burger hitam, silakan cuss ke link ini ya, crispy chicken black burger

Balck Pizza : Mayonnaise Mushroom

Bahan :
  • 75 ml air hangat
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 50 ml air + 10 ml pewarna hitam
  • 165 gr tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak goreng

Bahan olesan :
  • 3 sendok makan saus barbeque botolan merk Del Monte

Bahan topping :
  • 1/2 kaleng jamur kancing, sekitar 8 butir, bagi menjadi 4 bagian masing-masing
  • 3 sendok makan mayonnaise pedas, atau mayonnaise biasa dicampur saus sambal
  • keju mozarella secukupnya, parut kasar
  • wijen untuk taburan bagian tepi roti pizza

Cara membuat :
Di mangkuk, larutkan gula pasir dengan air hangat, tambahkan ragi instan, aduk dan biarkan hingga larutan berbuih. Di mangkuk ukuran cukup besar, campur tepung terigu dan garam. Tuangkan larutan ragi instan, aduk asal rata, tuangkan campuran air dan pewarna hitam, aduk rata kembali, tambahkan minyak goreng, aduk rata dan uleni sebentar hingga menyatu (catatan : adonan lengket, taburi tangan dengan sedikit tepung atau olesi tangan dengan sedikit minyak goreng). Tutup adonan, diamkan selama kurang lebih 20 menit. Kempiskan adonan, letakkan di loyang pizza dan sebarkan hingga memenuhi loyang dengan cara menekan adonan. 
Beri saus, beri toping, lalu taburi bagian tepi roti dengan wijen. Panggang di oven suhu 200 derajat celcius, di mana oven sudah dipanaskan terlebih dahulu. Panggang selama kurang lebih 10 menit atau sampai keju meleleh dan bagian bawah roti terlihat kecoklatan.



resep pizza hitam jamur mayones

Nah semoga resep pizza hitam jamur mayones ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...


NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Ya Tuhan, jauhkan hamba dari godaan ini. Mupeng pake banget.

    Mbak Monic...
    Tanggungjawab dong! Hehehe...

    Bisa delivery tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha... mba Ima bisa aja

      sedang tidak terima orderan ini mba, halah..

      Delete
  2. Tampilan pizzanya bikin..,gagal fokus 🙄.
    Enaaak dan bikin pengin banget !

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi hi... yang suka pizza memang bakal suka dengan pizza begini mas

      Delete
  3. Kapan ya diriku bikin pizza ? Tiap kali nguleni selalu bikin roti manis. Lha bapaknya gak doyan pizza. Kadang mau bikin sedikit, buat makan sendiri, kok nanggung ya. Mau beli kok sayang. Mahil hihihi (elus-elus dompet).

    Liat pizza gini asli deh cleguk beneran ini hihihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayoooo kapan mba Rina bikin pizza...
      buatnya sedikit aja, yang mini..kalau beli memang mahal, enak buat sendiri he he he

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.