Resep Ontbijtkoek versi Butter Cake



resep ontbijtkoek

Jumpa lagi kita kakak di penghujung tahun 2018 ini... arghh sudah tiba di bulan akhir tahun ini ya.. begitu banyak yang sudah kita lewati. Nah... di awal Desember ini, aishhh awal.. hmmm sudah mau akan pertengahan kali ya.. kali ini saya mau bagikan resep cake berempah yang sedap menurut saya, cake yang mempunyai cita rasa unik, apalagi kalau bukan ontbijtkoek.. duh susah ya menuliskannya. Ya cake yang tetap setia dengan nama Belandanya..

Ini kali kedua saya buat cake ini, yang pertama resep tipe sponge cake, di sini resepnya ontbijtkoek tanpa emulsifier. Yang ini mau buat versi butter cake, dan ternyata enak juga, dua-duanya enak, tapi favorit saya yang ini nih, yang versi butter cake, secara memang tekstur butter cake lebih saya sukai dan pastinya tipe butter cake ini menurut saya mudah dibuat. Walaupun memang cake ini lebih padat dibandingkan dengan tipe sponge cake.

Di rumah ini yang suka cake hanya saya, Sophie biasa saja, kalau ada ya makan, tapi tidak banyak, tetapi bapaknya tidak begitu suka cake, begitu trauma dengan cake yang mencekik leher yang menelannya dibutuhkan air yang cukup banyak, ha ha ha... dasar..  Tapi saya katakan kalau cake ini tidak seret di leher kok, memang padat tapi tidak akan membuat tercekik. Dan ternyata dia mau makan juga, dan lumayanlah.. membantu saya menghabiskan cake yang satu loyang ini.

Selera kami memang berbeda, dia suka yang gurih-gurih renyah sebut saja kerupuk, lalu keripik tentu saja. Kalau yang ini jangan ditanya deh... beda dengan saya, kalau kerupuk atau keripik, saya paling hanya makan beberapa, saya tidak begitu suka. Nah apalagi kalau yang namanya makan nasi dengan kerupuk, beuh jauh deh dari selera saya. Saya tidak suka yang begini ini... lebih baik saya makan dengan nasi saja, lalu kerupuknya saya makan terpisah entah kapan, tunggu mood datang, atau kalau tidak ada lagi yang bisa dicemil selain kerupuk. 

Dan yang ini nih yang masih belum bisa saya terima juga dengan aromanya, ikan asap.. duh kalau bapaknya Sophie makan gulai ikan asap, kalau di sini disebutkanya gulai ikan salai, beuh.. saya sebenarnya tidak tahan dengan baunya, tapi apa boleh buat, bapaknya Sophie doyan. Bahkan dengan yang namanya ikan tongkol yang sebut saja ikan favorit saya, diasapin juga ternyata saya tetap tidak suka. Pernah sekali beli cakalang fufu, pas ada yang jual di salah satu swalayan di Batam ini, tentu saja dengan harga yang cukup mahal kalau menurut saya. Tapi untuk mengobati rasa penasaran dengan cakalang fufu ini saya beli juga. Dan ternyata saya tetap tidak tahan dengan aroma asapnya itu.

Namanya juga selera ya... tidak ada yang salah.. jadi jangan heran dan jangan memandang orang lain aneh kalau ternyata selera orang tidak sama dengan kita, memangnya kita saja yang berhak punya selera sehingga bisa menentukan selera orang lain. Hargai perbedaan, hidup akan lebih indah kalau masing-masing orang menghargai perbedaan, jiahhhhh...

Okey deh.. lanjut ke resep ya.. silakan.. 

Ontbijtkoek versi Butter Cake

Bahan :
  • 200 gr butter atau margarin (saya gunakan blueband cake n cookie)
  • 100 gr gula pasir
  • 80 gr gula palem
  • 4 butir telur
  • 200 gr tepung terigu protein rendah, atau bisa gunakan protein sedang
  • 2 sendok teh bumbu spekuk
  • 1 sendok teh kayumanis bubuk
  • almond iris untuk taburan

Cara membuat :
Siapkan loyang ukuran 20x20cm, oles butter/margarin, taburi tepung tipis, sisihkan. Panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius. Campur tepung, bumbu spekuk dan kayumanis bubuk, sisihkan. Kocok butter/margarin dengan gula hingga pucat dan mengembang. Masukkan satu telur, kocok, hingga semua telur masuk. Kurangi kecepatan mixer, masukkan campuran tepung, kocok sebentar hingga rata. Matikan mixer, tuang ke dalam loyang, taburi dengan almond iris. Panggang selama kurang lebih 30-35 menit atau sesuaikan dengan oven masing-masing. Keluarkan dari oven dan dinginkan, keluarkan dari loyang dan potong sesuai selera.


resep ontbijtkoek versi butter cake

Nah semoga resep ontbijtkoek versi butter cake ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

15 comments:

  1. Aduh kok sulit sekali nyebutin namanya hehehe...
    Kue ini cocok sekali di sore ini yg lagi gerimis utk menemani secangkir kopi mmm yummmy

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he iya mas Aris... susah ya nyebutinnya.. kalau bacanya ontbeit kuk

      iya mas... cocok ya teman ngopi pas gerimis lagi

      Delete
  2. Oh, kue cokelat dan ada taburan almond ini ternyata namanya itu ya ...
    Selama ini kalau aku beli di toko kue tinggal tunjuk ke petugasnya ' yang itu , mas '.
    Hahahaha 😂

    Lagian di toko2 kue, kue satu ini ngga dicantumin namanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mas namanya ontbijtkoek.. ha ha ha... ga tahu nama jadi tunjuk aja ya mas...

      Delete
  3. Nama Resep Ontbijtkoek agak aneh yach, saya baru tahu Mbak. Namun kalau lihat fotonya saya yakin hasilnya puasti enakkkk....

    Trik mmefotonya juga bagus..... sempurna menurut saya.

    Ohy..pernah bikin Bakso rasa durian Mbak ? saya ruquest nich, namanya unik dan rasanya ada aroma durian, kata berita di tivi sich, coba dech search di GOOgle, mungkin saja ada resep membuat bakso rasa durian.

    Di tunggu yach Mbak tantangannya....

    Ohy Mbak satu lagi, gimana sich cara membuat tahu yang isinya melompong ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang aneh namanya kang.. tapi ini cake jadul loh kang.. ha ha ha.. iya kang kalau rasa menurut saya enak kang, soalnya berempah gitu cakenya
      aishhh jadi malu dibilang trik foto bagus, padahal ya begitu-begitu aja kang foto saya mah.. kalau dibanding food blogger lain jauh kang, foto saya minim properti dan propertinya itu lagi, itu lagi..
      tapi makasih loh kang.. he he he..

      nah ini baru googling kang, ada ternyata ya.. ha ha ha dasar.. baru tahu saya kang kalau ada bakso durian

      hmmm tantangannya tidak bisa saya wujudkan dalam waktu dekat kang.. nanti kalau sudah pas waktunya saya coba kang... semangat..

      tahu bulat pong itu kang? kalau tahu bulat kopong saya pernah buat kang, tapi ga kopong melompong banget sih, ada di blog ini juga, tahu bulat kopong

      kalau tahu melompong biasa yang saya baca sih, berhubung belum pernah coba sendiri, goreng tahu sampai kecoklatan, setelah itu masukkan ke dalam air panas, nah ini bisa membuat tahu melompong, setelah dingin peras airnya..dapat deh tahu melompong

      Delete
    2. iya. Mbak tahu bulat pong yg melompong.

      Walau telat, nanti dicoba saja mbak, buat resep bakso duriannya, biar ada tambahan artikel unik dan satu lagi, coba buat Nasi Kuning Tumpeng mini, sepertinya banyak yang cari tuch di mesin pencari... :)

      Delete
    3. Bakso rasa duren, kang Nata 🤔 ?.

      Suerr ..., eh# maksudku betulan ..,
      betulan aku baru denger kali ini ada bakso berbahan dasar duren.

      Wah, ditangan kak Monica kayaknya bisa nih terima tantangan dari kang Nata bikin bakso duren ..., aku tunggu hasil challengenya ya, kak.

      Kalau perlu peserta icip~icip bakso duren, aku bersedia ... ha ha ha 😂

      Delete
    4. ahai iya kang Nata, ntar kalau mood datang boleh dicoba bakso duriannya ha ha ha

      nah tuh dia, dari dulu niat buat tumpeng mini, sudah beli cetakan tumpeng mini segala, tapi sampai hari ini belum terlaksana buat tumpeng mini, semoga mood datang membuat tumpeng mini he he he


      ha ha ha mas Himawan boleh juga nih ngomporinnya... tuh dia mas.. saya belum bisa bilang dalam waktu dekat terima tantangan kang Nata.. nanti.. entah kapan itu ha ha ha

      Delete
  4. Tercium aroma bumbu spekuk dan cinnamon nya....yummy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm sudah kebayang ya mba aromanya.. iya mba yummy deh

      Delete
  5. Bahannya hampir sama dengan kue bolo ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kue bolu ya mas? iya bahannya sama aja sih, cuma ini ada bumbu spekuknya yang bikin beda

      Delete
  6. Ngomongnya saja sulit bnagat namanya, rasanya gak sesulit mengucapkannya ya kak. kirimin dong ke Jakarta, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha iya, tulisannya bahasa belanda gitu ya.. suseh..

      wah sudah habis bang cakenya...he he he

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.