Cinnamon Sugar Apple Cake - Monic's Simply Kitchen

Monday, November 28, 2016

Cinnamon Sugar Apple Cake



resep cinnamon sugar apple cake

Kemarin saya buat cinnamon sugar apple cake ini untuk bekalnya Sophie hari ini. Tadinya saya mau membuat butter cake lagi, eh tapi berubah pikiran, lihat apel merah yang sudah entah berapa lama di kulkas tidak tersentuh. Hmmm kalau bicara olahan cake apel sih sepertinya banyak ya.. tadinya saya mau pakai resep yang sudah ada di blog ini, eits tapi iseng browsing dulu ah... easy apple cake.. dan tada mata tertuju dengan resep yang kelihatan menggoda.

Akhirnya saya buat deh cinnamon sugar apple cake ini setelah tergoda dengan resepnya Linsay - pinch of yum - cinnamon sugar apple cake. Thank you Lindsay for the recipe. Bahan-bahannya tidak banyak, cara membuatnya gampang dan yang utama adalah ada lapisan gula di atas cake ini yaitu cinnamon sugar ini yang rasanya manis aroma kayumanis tetapi renyah. 

Jadi kemarin malam saya sibuk membuat cake ini, wuih benar loh cake begini sungguh mudah dibuat dan menghasilkan cake yang lembut tapi padat secara penggunaan telur hanya 1 butir, tadinya saya tergoda untuk menambahkan telur lagi, dasar ya..he he he tapi ah ikuti resep dulu ah.. hitung-hitung menghemat telur, lumayan buat sarapan Sophie telurnya...secara sampai saat ini kalau sarapan maunya kalau tidak telur dadar ya telur ceplok. Lalu tergoda lagi untuk menambahkan bumbu spekuk, halah... tapi saya urungkan niat tersebut he he he..

Nah ini nih, belakangan saya terkendala neh dalam mengambil foto, jadi foto-fotonya kurang cling bening secara mendung terus, jadi foto tidak tajam saja, aih jadi tekstur cakenya tidak begitu kelihatan ya, hanya demek-demek tidak jelas ha ha ha... (dan ditambah lagi dengan kemampuan food photography yang pas-pasan)

Dari resepnya Lindsay kan menggunakan takaran cup, nah sudah saya konversi sehingga saya menggunakan takaran gram saja. Sedikit kuatir karena batere timbangan low..jadi cepat-cepat menakar. Oh iya takaran gula juga saya kurangi karena takut terlalu manis, dan hasilnya manisnya pas menurut saya.

cake apel sangat mudah aroma kayu manis

Okey deh berikut resep cinnamon sugar apple cake ini ya... silakan.. dengan sedikit modifikasi dari resep aslinya.

Cinnamon Sugar Apple Cake

Bahan :
  • 280 gr tepung terigu protein rendah (saya gunakan merk hana emas dari bungasari)
  • 1 sendok teh baking soda
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 butir telur
  • 100 gr gula pasir
  • 100 gr gula palem
  • 65 ml minyak sayur
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 240 ml buttermilk (susu cair 240ml + 1 sendok makan cuka atau air jeruk nipis, aduk rata dan diamkan kurang lebih 10-15 menit sampai menggumpal)
  • 2 buah apel, kupas potong dadu (saya menggunakan apel merah), kupas apel terakhir proses supaya tidak menghitam

Topping :
  • 75 gr gula pasir
  • 2 sendok teh kayu manis bubuk (bisa kurangi kalau tidak begitu suka terlalu tajam aroma kayumanisnya)
  • 1 sendok makan butter/mentega atau bisa gunakan margarin (saya gunakan margarin)

Cara membuat :
Panaskan oven, set di suhu 175 derajat celcius, siapkan loyang tulban, oles dengan margarin/butter dan taburi tepung tipis, sisihkan. Siapkan topping terlebih dahulu, di mangkuk campur semua bahan topping hingga menjadi adonan yang menyatu.
Di mangkuk campur tepung terigu dan baking soda, sisihkan. Di mangkuk lain yang cukup besar campur gula pasir, gula palem, telur dan minyak sayur, dan vanili bubuk, aduk rata dengan menggunakan balloon whisk, tambahkan buttermilk, aduk rata kembali, tuangkan tepung ke dalam campuran telur gula, aduk cepat asal rata, biarkan saja walaupun ada gumpalan kecil, masukkan potongan apel, aduk rata kembali sebentar. Tuangkan ke dalam loyang, beri topping secara merata, panggang selama kurang lebih 35-40 menit. Lakukan tes tusuk, keluarkan dari oven dan dinginkan, keluarkan dari loyang dan siap dihidangkan.

Catatan : lebih baik menggunakan loyang di mana cake ini tidak perlu dikeluarkan dari loyang, misalnya menggunakan pinggan tahan panas sehingga ketika dihidangkan cake tidak perlu dibalik dari loyang, jadi cake tinggal dipotong ketika di dalam loyang secara toppingnya cenderung rapuh.

cinnamon sugar apple cake

Nah semoga resep cinnamon suggar apple cake ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...




Selamat mencoba...



6 comments:

  1. Belum pernah makan cake yang ada apelnya. Rasanya gimana, mbak Monic?
    Kalo dicampur ke roti enak tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya sih enak mba, ada krenyes2nya walaupun ga krenyes banget sih..
      kayaknya enak deh dicampur ke roti.. ayo mba Ima buat he he he..

      Delete
  2. Minyak sayur bisa diganti mentega gak ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diganti mentega, mba Prisca, lelehkan dulu ya menteganya

      Delete
  3. Iya, mbak, nanti aku coba deh. Makasih ya, mbak Monic sayang. 😍

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.
EmoticonEmoticon