Chewy Brownies Shiny Crust (Akhirnya) - Monic's Simply Kitchen

Wednesday, May 31, 2017

Chewy Brownies Shiny Crust (Akhirnya)



resep chewy brownies ala ala brownies kedut

Waduh, ternyata sudah malam ya, postingan cepat saja ya, ini hasil uji coba hari ini, chewy brownies dengan shiny crustnya, ulalaaaa, akhirnya saya bisa juga buat brownies begini, ah lega, untung ketemu dengan resep begini di IG, itulah gunanya instagram ya, ha ha ha... terlambat sih ya ikutan IG-IG-an. Eh ya, kalau dilihat-lihat mirip dengan brownies kedut nih permukaannya, brownies yang ngetren di antara food blogger negeri jiran.

Pakai resep plek nyontoh tidak pakai modifikasi, ketika memanggang intip oven, cie cie sudah muncul shiny crustnya, lega, berhasil, yeay... jadi ceritanya saya pakai resep mba Erlina Lim, sudah banyak juga yang rebake, dan hasilnya memang cantik-cantik, tergoda deh...terima kasih resepnya mba, tidak menyesal deh rebake resep ini, hug hug...

Ahai kebetulan ada oreo mini, jadi pakai ini saja untuk toppingnya, ada yang semangat dengan topping begini nih, jadi begitu saya sudah katakan mau pakai oreonya untuk topping brownies, jadi dari proses awal dia sudah ikutan sibuk di dapur.

Nah sempat kejadian blender saya ngadat, loh kok tidak mau menyala, salahnya di mana ya, coba juga gelas blender untuk jus, loh kenapa tidak bisa juga, ah sempat galau, lalu minta Sophie ambil tool box bapaknya, cari obeng, lepaskan bautnya, tapi hanya 2 baut yang bisa dilepas, yang dua lagi obengnya kurang panjang, ya sudah pasrah, pasang lagi bautnya. 

Sempat berpikir, masak iya sih blender ini sudah rusak, lalu coba lagi yang gelas blender jus, loh bisa kok... hmmm coba lagi gelas blender bahan kering yang kebetulan kali ini saya pakai untuk menghaluskan gula, loh masih tidak bisa, wah pasti masalahnya di gelas ini nih, periksa lagi, oalah ternyata karena saya menutupnya kurang kencang, jadi ketika dimasukkan ke motor blender tidak ada bunyi klek.

Setelah saya perbaiki baru deh, ternyata memang kurang kencang, nah lega donk, bisa lanjut buat brownies ini, tadinya sudah sempat saya mau batalkan saja, karena kan kuncinya itu di pemakaian gula yang halus ini.

Nah teksturnya bagaimana? chewy tentu saja, masih lembab begitu, memang sih memanggangnya saya sengaja tidak terlalu lama, di suhu 150 derajat celcius oven saya, memanggangnya membutuhkan waktu 25 menit, tidak pakai periksa lagi, segera keluarkan dari oven, dan hasilnya mantap.

Okey deh, berikut saya tuliskan resep dari mba Erlina Lim di sini ya, izin share ya mba, terima kasih banyak resepnya...

Chewy Brownies
untuk loyang ukuran 20x20cm
Bahan :
  • 150 gr dark cooking chocolate (saya gunakan merk colatta)
  • 50 gr mentega/butter
  • 40 ml minyak goreng
  • 2 butir telur
  • 150 gr gula halus (saya gunakan gula pasir yang diblender)
  • 100 gr tepung terigu (saya gunakan tepung terigu protein rendah)
  • 35 gr coklat bubuk 
  • oreo mini untuk topping

Cara membuat :
Siapkan loyang, oles margarin, alas kertas roti, sisihkan. Panaskan oven set di suhu 150 derajat celcius. Campur coklat bubuk dan tepung, ayak, sisihkan. Lelehkan dark cooking chocolate, butter dan minyak dengan cara ditim, biarkan hangat. Di mangkuk lain, kocok telur dan gula sampai gula larut dengan menggunakan balloon whisk, masukkan campuran dcc leleh, aduk rata, masukkan campuran tepung terigu dan coklat bubuk, aduk rata kembali. Tuang ke dalam loyang (adonan sangat kental), ratakan, beri topping, panggang selama kurang lebih 25 menit, keluarkan dari oven dan dinginkan, keluarkan dari loyang dan siap dipotong-potong.

resep chewy brownies

Nah semoga resep chewy brownies ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya... 



Selamat mencoba....


29 comments:

  1. Yuhuuuu..... Selamat ya, mba. Ikut senang liatnya. Padahal saya juga belum pernah berhasil buat beginian, hihihih.

    Cantik dan benar-benar menggoda, mba. Pengen comot satu aja deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Ima, akhirnya bisa buat brownies beginian he he he...
      silakan dicomot mba... tenang banyak kok yang ini jadinya, ga pakai rebutan ha ha ha...

      Delete
  2. Aiiiihh...mengkilap bingits. Mmg katanya klo brownies pake gula halus bs keluar shiny crust nya mba... tp aq males mo blender gula.

    RINI

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mba, jadinya mengkilap banget kan ya.. he eh ternyata itu kuncinya, pakai gula halus.. tapi kalau ga penting permukaannya yang penting rasa, lanjut mba tanpa memblender gula ha ha ha..

      Delete
  3. Ngiler...cantiknya,mbak.Apa kabar? Aku udah 7 bln ga posting resep.kangen.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai mba Yuyu, apa kabar mba? aduh rasanya lama sekali ga tegur sapa dengan mba Yuyu, kangen euy.. sibuk banget ya mba?
      he eh nih belum ada update dari mba Yuyu, ditunggu loh mba update resepnya..he he he

      Delete
  4. Aku coba bikin dan rasanya enaaak bgt. Nggak kemanisan, chewy, ckltnya pas tapiiii ada 1 mslh, waktu mo tak pindahin ke loyang lain, browniesnya putus2 jadi bentuk nya ngk kotak lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau buat brownies begini, lebihkan kertas rotinya sampai ke tepi loyang mba, jadi ketika matang, tinggal angkat kertas rotinya perlahan dan hati-hati

      Delete
  5. Halo brownies nya bagus sekali!! Kalau kandungan gula nya di kurangin, akan ngaruh untuk shiny crust nya nga ya? Aku pernah bikin brownies, tapi bawah nya ketika aku keluarin dari loyang, ada bolong2 nya, kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Yenny, terima kasih mba.. iya mba kalau gula dikurangi nanti takutnya ga dapet shiny crustnya

      oh itu bisa jadi karena udara terjebak mba, coba setelah dituang ke loyang, loyangnya agak dihentak2 perlahan, biasanya ntar ada gelembung2 gitu pecah di atas permukaan browniesnya

      Delete
  6. Mau tnya mba..kalai gula nya pkai gula halus biasa (gula tepung) bs shiny ga ? Atau hrus gula putih yg di blender ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu saya belum coba mba, apa bisa shiny, tapi sepertinya bisa karena memang brownies shiny itu gulanya harus larut dalam adonan..

      Delete
  7. hi mbaa
    terima kasih sharing resepnya
    alhamdulillah berhasil :)

    salam,
    wanna

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Wanna, iya berhasil ya mba.. saya sudah lihat hasilnya di IG
      cantik keluar shiny crustnya..

      Delete
  8. halo mbak
    resep nya mak nyus deh
    tpi aku masih kurang pd dengan tektur nya
    tepi nya kering tpi dalam nya masih basah2 lumer gitu

    apa emang seperti itu tekstur nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Avieva, teksturnya memang agak basah mba... tapi ga lumer..dia beremah basah, kalau mau bisa tambahkan lagi waktu panggangnya mba..

      Delete
  9. hi mba, mau tanya, keluar shiny crust saat kapan yah? di awal pemanggangan atau menjelang akhir? terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. Shiny crustnya muncul menjelang akhir ya..

      Sama-sama

      Delete
  10. mba, kalau takaran gula dikurangi apakah masih bisa muncul shiny crust? krn saya tak terlalu suka yg manis2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga muncul mba, pernah ada yg coba kurangi takaran gula akhirnya ga muncul deh shiny crustnya

      Delete
  11. Mbak, ini pakai loyang ukuran berapa

    ReplyDelete
  12. Mba sy sdh coba makasih yaa..jadinya memang tipis begitu ya kurang tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, memang kurang tinggi, kalau mau lebih tinggi gunakan loyang ukuran lebih kecil, hanya perhatikan di waktu panggang ya

      Delete
  13. Mbaa Monic shinynya udh keluar sempurna tapi kok tengahnya turun, ngga rata permukaannya. itu kira2 karena apa ya? Makasih mba monic..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi disebabkan suhu oven kurang rata mba..dan bisa jadi karena mengocok telur dan gula terlalu lama, kocok hanya sampai gula larut, gunakan gula yang halus
      semoga membantu ya mba.. maaf ya baru bisa dibalas karena baru sempat buka blog sekarang

      Delete
  14. Mbaa Monica...pake mentega /butter nya merk apa ya mba..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba, kalau tidak salah saya pakai merk golden churn

      tapi karena saya sudah sering buat brownies pakai resep ini, saya gunakan sesuai stok di dapur, pernah pakai anchor, hollman atau malah pernah pakai margarin, merk palmia, blueband
      atau juga butter margarine merk palmia royal dan blueband cake cookie

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.
EmoticonEmoticon