Risoles Ragout Ayam Wortel Kentang - Monic's Simply Kitchen

Friday, August 30, 2019

Risoles Ragout Ayam Wortel Kentang


resep risoles ragout ayam wortel kentang

Hufff  bisa juga menambah jumlah postingan di bulan ini, walaupun sedikit memaksa. Nah kali ini saya hadir dengan resep risoles ragout ayam wortel kentang. Sebenarnya kalau tidak malas, membuat risoles itu mudah saja ya... terkadang memang yang menghambat hanya rasa malas atau memang menunggu mood yang datang dulu baru bisa semangat.


Kalau Sophie itu salah satu snack favorit dia yang sampai sekarang belum bosan juga ya risoles ini. Berhubung banyak sekali yang menjual risoles, dari berbagai harga dan rasa, dari yang isinya minim, tebal kulit saja, rasanyanya hambar atau isinya minim tapi enak, ada juga yang berlimpah isi, kulitnya juga sedap, hmmmm macam-macam.

Jadi kalau di penjual kue pagi hari, ada yang jual risoles harga seribuan atau dua ribuan. Nah walaupun terkadang bentuk sama, ternyata pembuatnya berbeda. Ada juga di tempat lain, berbagai jenis risoles dijual, nah yang ini saya suka beli, lebih berasa kalau itu risoles. Bahkan sekarang di beberapa mall sudah ada stan gorengan, yang dijual tentu saja risoles dengan berbagai isi, sebut saja sayuran, kentang, sosis, kentang kari, bihun, Lalu ada juga donat kentang, tahu isi dan bakwan serta epok-epok atau pastel isi kari kentang. Wah stan ini laris manis deh, dengan harga dibandrol 2.500 rupiah.

Nah beberapa waktu lalu saya iseng membuat risoles. Dulu pernah buat risoles juga, tapi hanya berakhir di kulit dan isi, karena terhalang sesuatu saya lupa, jadi tanpa sempat saya jadikan bentuk risoles. Padahal ya kulit dan isi sudah enak.. nah kalau digabungkan tentu lebih afdol kan ya. 

Lain kali mau coba buat american risoles juga, snack yang entah sudah sedari kapan hendak saya  buat, sampai sekarang belum terlaksana juga. Aihhhh..

Dan yang ini saya buat versi ekonomis, pakai air saja, tidak pakai susu cair, kalau mau lebih creamy, gunakan susu cair ya. Nah di pencelupnya saya hanya menggunakan air yang dicampur tepung terigu, bukan telur kocok, tapi sudah cukup enak kok.

Okeh deh, sekarang lanjut ke resep ya... silakan...

Risoles Ragout Ayam

Bahan kulit :
  • 150 gr tepung terigu protein sedang
  • 2 sendok makan tepung tapioka
  • 2 butir telur, kocok asal tercampur
  • 450 - 500 ml air
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 sendok makan minyak goreng

Bahan isian :
  • 150 gr dada ayam, cincang
  • 1 buah wortel ukuran kecil, potong dadu kecil, rebus sampai empuk
  • 1 buah kentang ukuran sedang, potong dadu kecil, rebus sampai empuk
  • 1 buah bawang bombay ukuran kecil, potong kecil
  • 1 sendok makan margarin
  • 200 ml susu cair
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1/4 sendok teh merica bubuk

Bahan pencelup :
  • 4 sendok makan tepung terigu
  • 120 ml air

Bahan pelapis :
  • tepung roti orange


Cara membuat :
Kulit :
Campur semua bahan hingga adonan mulus, tidak bergerindil, kalau perlu disaring. Panaskan teflon, oles sedikit dengan minyak. Tuang adonan risoles, sebarkan ke seluruh bagian teflon, biarkan sampai bagian tepi sudah kering dan terlepas, langsung balikkan dan jatuh ke atas piring dengan sendirinya. Kulit akan terlepas dengan mudah jika bagian tepi sudah terlepas dari teflon. Lakukan sampai selesai, sisihkan.

Isian :
Panaskan margarin, tumis bawang bombay, masukkan ayam, aduk sampai berubah warna, tambahkan wortel dan kentang, aduk rata, tambahkan tepung terigu, aduk, tuangkan susu cair, beri garam, gula pasir dan merica bubuk.  Masak hingga mengental, matikan api, sisihkan dan biarkan dingin.

Penyelesaian:
Ambil satu lembar kulit risoles, isi dengan bahan isian secukupnya. Lipat lalu gulung. Lakukan sampai selesai. Celupkan ke dalam larutan pencelup, balurkan ke tepung panir. Goreng dengan minyak yang sudah dipanaskan. Goreng dengan api sedang sampai garing. Angkat dan tiriskan.


resep risoles ragout ayam

Nah semoga resep risoles ragout ayam wortel kentang ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba...



12 comments:

  1. Disini harganya juga segitu. Kalau sore hari, ada emak-emak yang keliling menjual resol seperti ini.

    ReplyDelete
  2. Anak sulung saya paling doyan ini nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss Bang Day, anak saya yang sulung ya doyan banget risoles

      Delete
  3. Risol yang saya beli, kurang enak Mbak, entah kalau risol buatan Mbak Moniq, kayaknya makyuzz dan bikin ngiler, hahahah......

    ReplyDelete
  4. Kok saya bikin kulit risoles, darlung sering sobek pas digulung ya mbak huhu...


    Mama Al

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh bisa jadi karena kering kulitnya, atau kurang lentur mama Al.. memang gampang2 susah sih, kalau sudah dapat resep yang pas ya diatur-atur lagi..

      semangat mama Al..

      Delete
  5. Pagi-pagi liat gorengan jadi ngences hehehhe....
    Blognya tampil baru nih yeeee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha iya ya... gorengan pagi-pagi buat ngiler

      he eh mba tampilan baru...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.
EmoticonEmoticon