Cake Oatmeal Bit Chocochips

cake oatmeal menggunakan bit
Cake oatmeal bit chocochips

Wah tidak pernah bosan nih saya membuat cake berbahan dasar oatmeal, nah kali ini adalah cake oatmeal bit chocochips. Sebelumnya saya sudah pernah posting cake oatmeal bayam kismis juga, nah jika tertarik silakan dilihat ya.

Sebenarnya bit yang saya punya ini sudah lama sekali mendekam di dalam kulkas, mungkin ada sekitar dua bulan lebih bit ini bercokol di sana. Dulu sih iseng waktu membelinya, sudah terbayang ide mau membuat mie telur sendiri dengan dicampur bit, atau malah membuat red velvet cake. Tetapi kok malas sekali ya untuk mencoba membuat kedua jenis makanan tersebut.

Bit yang saya beli hanya 1 buah saja, dengan berat 300 gr lebih. Nah untungnya bit ini termasuk jenis yang tahan lama jika disimpan di kulkas. Memang terkadang saya ingat memeriksa kondisi bit tersebut. Dan setiap memeriksa kondisi selalu merasa lega, ternyata masih baik-baik saja. Sampai terakhir saya memutuskan untuk mengolahnya kondisi bit tersebut ternyata masih baik-baik saja...ah syukurlah.

Bit sendiri termasuk bahan makanan yang mengandung asam folat cukup tinggi. Asam folat dibutuhkan tubuh untuk pembentukan sel darah merah dan untuk mencegah anemia. Selain itu juga berguna untuk fungsi DNA. Dan yang paling penting nih buat ibu-ibu hamil, sebaiknya selama masa kehamilan harus memperhatikan kecukupan asupan asam folat demi mencegah cacat pada tulang belakang dan cacat otak bayi. Untuk jenis-jenis bahan makanan lain yang mengandung asam folat bisa dilihat di makanan yang mengandung asam folat ya...

Yang saya bayangkan ketika akan membuat cake ini adalah saya bakal mendapat cake yang berwarna merah karena penggunaan bit tersebut. Eh ternyata saya salah...begitu matang cakenya tidak berwarna merah, walaupun sebelum dipanggang berwarna merah.
Sebelumnya saya sempat berpikir kalau saya membuat red velvet cake saya akan gunakan bit saja tanpa diberi tambahan pewarna merah. Nah berdasarkan percobaan cake yang saya buat kali ini, maka kesimpulan saya adalah jika ingin membuat red velvet cake tetap harus menggunakan pewarna walaupun sudah menggunakan bit.

Nah untuk rasa...karena saya baru pertama kali mencoba mengolah bit, ada rasa khas bit yang saya bilang sedikit aneh. Rasanya kuat sekali, makanya begitu saya selesai memblender bit bersama susu cair, saya memutuskan untuk menambahkan takaran bumbu spekuk supaya aroma bit agak tersamarkan. Tetapi bagi yang suka dengan aroma khas bit pastinya tidak masalah ya jika sedikit mengurangi takaran bumbu spekuknya. Atau malah di skip saja tidak masalah.

Untuk cake ini seperti biasa saya masih tetap gunakan minyak canola ya, tetapi jika mau bisa juga gunakan minyak zaitun atau minyak goreng biasa. Atau jika suka bisa juga gunakan margarin atau mentega cair dengan takaran yang sama. Pilih menggunakan yang mana kembali ke selera masing-masing ya.
Tidak seperti cake oatmeal bayam kismis yang saya buat sebelumnya dimana tepungnya hanya menggunakan tepung oatmeal, maka cake bit ini saya campur dengan tepung terigu juga dengan perbandingan 1 1/2 cup tepung oatmeal : 1/2 cup tepung terigu protein sedang.

Ok deh, tanpa berlama-lama lagi, berikut resepnya ya....

Cake Oatmeal Bit Chocochips
(lihat konversi ukuran cup ke gram dan ml)

Bahan :
  • 1 1/2 cup tepung oatmeal (oatmeal instant yang diblender)
  • 1/2 cup tepung terigu protein sedang
  • 2 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh baking soda
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 1/2 sendok teh bumbu spekuk
  • 1 cup susu cair
  • 1 buah bit dengan berat kurang lebih 300gr
  • 1/2 cup minyak canola
  • 2 butir telur
  • 1/2 cup gula pasir
  • 1/3 cup chocochips, sisakan sedikit untuk taburan

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang tulban diameter luar 25 cm, olesi dengan margarin dan taburi tepung, sisihkan
  2. Panaskan oven di suhu 175 derajat celcius
  3. Kupas bit
    cake oatmeal bit
    Bit
  4. Potong-potong bit, blender bersama dengan susu cair (tidak usah terlalu halus tidak apa-apa), sisihkan
  5. Campur di mangkuk ukuran sedang, tepung oatmeal, tepung terigu, baking powder, baking soda, bumbu spekuk dan garam, aduk rata, sisihkan
  6. Di mangkuk ukuran sedang yang lain, campur telur dan gula pasir, kocok dengan garpu hingga gula agak larut
  7. Tambahkan minyak canola, aduk rata
  8. Tuangkan campuran bit dan susu cair, aduk rata
  9. Tuangkan campuran bahan basah ke dalam campuran tepung, aduk cepat asal rata dengan spatula balon.
  10. Masukkan chocochips, aduk rata
  11. Tuangkan ke dalam loyang tulban, taburi dengan chocochips
    resep cake bit oatmeal
    Cake oatmeal bit sebelum dipanggang
  12. Panggang selama kurang lebih 30 - 35 menit
  13. Tes tusuk dengan tusukan sate
  14. Keluarkan dari oven dan dinginkan
  15. Ketika dingin keluarkan cake dari loyangnya
  16. Siap disantap..yummy...

resep cake oatmeal bit chocochips
cake oatmeal bit chocochips

Hanya saja berbeda sekali kan warna cake sebelum dan sesudah matang...  Tetapi tetap saja enak kok..he he he walaupun sedikit berasa aneh khas bit...(menurut saya lho ya...)

Ok deh semoga resep Cake Oatmeal Bit Chocochips berguna ya, silakan mencobanya dan semoga suka...




NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.