Donat Kentang

cara membuat donat kentang
Donat Kentang


donat kentang empuk
Donat Kentang

Nah ya..resep donat kentang sepertinya bukan hal yang istimewa lagi ya..secara saya yakin nih banyak orang sudah pernah membuat bahkan mahir malah membuat donat kentang ini. Sebenarnya dari saya masih SD sudah kenal dengan namanya donat kentang. Dulu teman sepupu saya yang namanya Mba Tirza pernah mempraktekkan cara membuat donat kentang di rumah.

Halah kenapa masih ingat ya..he he he secara dari dulu saya suka dengan kegiatan membuat kue-kuean ini jadi suka melihat-lihat kegiatan masak memasak serta membuat kue di rumah. Nah dulu kan hanya tahunya melihat cara membuatnya kemudian pastinya tahu makannya saja he he he.. Kalau disuruh buat sendiri ya mana bisa. Lagian itu kan sudah lama sekali. Kalau membuat sekarang tentu saja ya patokannya lihat di internet saja..betul...betul..betul...

Nah untuk donat kentang kali ini saya menggunakan resep donat kentang mba Endang JTT ...nah betul lho karena memang donat kentang jadi hasilnya lembut, empuk dan pastinya enak..tetapi ya agak berbeda dengan donat kentang yang suka dijual di stand mall-mall yang biasa ada di Batam. Kalau donat kentang yang itu begitu lembut dan cenderung kempes kalau kita menggigitnya. Nah beda dengan donat yang ini ya.. yang jelas donat kentang ini walaupun empuk dan lembut kita tetap bisa kenyang dengan puas ketika menyantapnya..he he he..


Karena saya sudah membeli cetakan kue donat, makanya kali ini membuat donatnya menggunakan cetakan donat tersebut. Sebelum-sebelumnya sih hanya dengan dibolongin saja pakai tangan. Sekali-sekali mau mencoba deh cetakan donat ini..secara penasaran apakah hasilnya lebih bagus atau tidak. Ternyata memang lebih bagus dan lebih rapi pastinya. Kemudian kita dapat ekstra bola-bola sisa bagian tengah donat he he he..Yang ini enak kalau kita jadikan sate donat, tinggal tusuk beberapa buah dengan tusuk sate kemudian baru diberi topping. Nah tetapi kali ini saya tidak sempat membuat sate donat ini karena sudah habis duluan tanpa diberi topping, jadi tidak lama setelah digoreng langsung saja dimakan. Oleh siapa? tentunya olah hubby dan saya serta juga oleh Sophie.

cetakan kue donat kentang
Cetakan Donat

Nah membuat donat ini mudah ya, dengan sekali coba akhirnya saya berhasil membuat donat kentang sendiri..yipiiiii.....
Kalau begitu langsung saja ke resep donat kentang ini ya...

Donat Kentang

Bahan :
  • 500 gr tepung terigu protein tinggi (4 1/2 cup)
  • 50 gr susu bubuk (1/3 cup, jadi saya gunakan hanya 40gr)
  • 200 gr kentang
  • 100 gr gula pasir (1/2 cup, jadi saya gunakan 115gr)
  • 11 gr ragi instant (1 sachet)
  • 75 gr mentega (saya gunakan margarin) (1/3 cup)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 butir telur, kocok lepas

Cara membuat :
  1. Kupas kentang, potong-potong dan kukus hingga empuk, haluskan dengan blender tanpa tambahan air. Saya gunakan blender untuk biji-bijian (bagian blender yang kecil).
  2. Dinginkan kentang
  3. Sementara itu siapkan mangkuk ukuran besar, campur tepung terigu, susu bubuk, ragi instant serta gula pasir, aduk rata dengan sendok atau spatula.
  4. Masukkan kentang dan telur kocok
  5. Uleni hingga rata dan agak kalis kira-kira selama 10 menit.
  6. Kemudian masukkan mentega/margarin dan garam, uleni kembali hingga kalis (kurang lebih 10-15 menit)
  7. Menguleni bisa tetap di dalam mangkuk atau bisa pindahkan ke meja yang sudah ditaburi tepung
  8. Taburi tepung sedikit demi sedikit jika adonan terlalu basah
  9. Jika adonan sudah kalis dimana adonan bisa dengan mudah dibentuk tanpa lengket sama sekali maka bentuk adonan menjadi bola kemudian tempatkan di dalam mangkuk beroles minyak
  10. Tutup mangkuk dengan kain lap bersih atau dengan plastik wrap.
  11. Diamkan selama kurang lebih 1 jam atau hingga adonan cukup waktu fermentasi dengan cara menusukkan jari kita yang sudah ditaburi tepung ke tengah adonan.
  12. Jika lubang yang kita bentuk tidak menutup maka tandanya fermentasi sudah cukup
  13. Kempiskan adonan, bagi menjadi beberapa bulatan kurang lebih agak lebih besar dari bola golf, halah bingung soalnya saya main kira-kira, tidak pakai nimbang (atau jika mempunyai timbangan bagi menjadi bulatan dengan berat 50gr)
  14. Bulatkan adonan hingga permukaannya mulus
  15. Letakkan bulatan tersebut di tempat yang ditaburi tepung
  16. Diamkan selama kurang lebih 30 menit sampai bulatan tersebut mengembang kira-kira dua kalinya
  17. Cetak bulatan dengan cetakan donat
  18. Goreng donat dengan minyak yang banyak dan selalu gunakan api yang kecil sehingga donat matang sempurna sampai bagian dalam tetapi bagian luar tidak gosong.
  19. Angkat donat jika sudah matang dan tiriskan
  20. Dinginkan
  21. Taburi dengan gula halus atau beri topping sesukanya
Cara membuat donat kentang lembut
Donat Kentang
Nah semoga resep membuat donat kentang ini mudah dimengerti ya dan bagi yang tertarik silakan mencobanya..semoga suka..





NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Halo Mbk, Mbk gimana caranya supaya donat tetep mengembang GX kisut gitu setelah di goreng. Makasih.sasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Sasa.. supaya ga kisut kuncinya di proses proofingnya mba, jangan sampai terlalu lama, ikuti patokan resep tapi lihat juga kondisi ruangan, kalau terlalu panas, kurangi waktu proofingnya

      semoga membantu ya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.