Resep Ayam Pop

resep ayam pop enak dan gurih
Resep Ayam Pop Empuk Gurih
Hari ini mengeksekusi resep ayam pop yang empuk dan gurih...akhirnya...setelah sekian lama tertunda. Nah kenapa ya namanya ayam pop? Mulai googling eh ternyata walaupun tidak begitu puas dengan hasil googling tetapi ya paling tidak ada informasi sedikit ya...Ayam pop yang sekarang populer itu ternyata asalnya dari sebuah rumah makan sederhana di kota Bukittinggi yang terletak di dekat pintu gerbang Fort de Kock yaitu benteng peninggalan Hindia Belanda (sumber : detikfood )

Nah sebenarnya nih saya mulai kenal dengan nama ayam pop ini ketika saya kuliah di Bandung. Nah di daerah simpang Dago ada rumah makan padang yang nyelip tuh..tetapi ramai pembeli. Namanya kalau tidak salah ingat Iyobana Kapau..he he he...benar tidak ya..sudah lama sekali sih... Nah dulu ya lumayan sering beli ayam pop di sana. 

Walaupun penampilan ayam pop ini pucat, tetapi rasanya memang enak. Jadinya ya terkesan dengan ayam pop ini. Kalau di Batam sendiri jarang rumah makan padang yang menyediakan ayam pop, setahu saya ya..(untuk daerah Batu Aji). Hanya satu rumah makan yang saya tahu menyediakan ayam pop ini, yaitu rumah makan Tujuah Kato yang terletak di komplek pertokoan dan pasar Aviari Batu Aji. Hanya saja ayam pop yang dijual di sini menggunakan santan. Jadi malah rasanya seperti opor ya..he he he... Dijualnya juga bukan dalam kondisi yang digoreng, tetapi dalam bentuk berkuah..lah jadi persis opor sekali kan. Dari segi rasa ya enak donk...ayamnya empuk dan gurih.
Sudah lama ada keinginan untuk mencoba membuat ayam pop sendiri, sudah mulai hunting resep di internet, dibaca-baca dan dikira-kira resep mana yang mau dicoba. Secara ya..banyak sekali resep yang beredar di internet. Banyak jenisnya, hanya saja tetap khasnya adalah ayam diberi bumbu kemudian diungkep dengan air kelapa. Kemudian resep ayam pop ini selalu disertai dengan resep sambel, hmmm pasangannya kali ya...

Setelah menimbang-nimbang, akhirnya, saya menjatuhkan pilihan kepada resep ayam pop milik kulinerbee, secara sepertinya saya menyukainya karena bumbu-bumbunya lumayan beraneka ragam..he he he.. dan pastinya ada sedikit modifikasi dari saya... Nah bagi yang merasa resep ayam pop yang saya buat kali ini melenceng ya maklum saja ya...secara tadinya mau konsultasi dengan uni Nila langganan saya di pasar eh malah lupa mampir ke sana. Nah bagi yang penasaran dengan uni Nila ini, silakan lihat posting saya Ayam Bakar dan Gulai ala Uni Nila serta Sate Padang ala Uni Nila.

Paling tidak harapan saya ada masukan sedikit ya tentang ayam pop ini, nah entahlah kenapa tadi pagi kok saya melupakan hal penting ini untuk mampir ke kios uni Nila. Hadeuh...ya sudahlah lain kali saja saya bertanya pada uni Nila. Jadinya ya saya tetap gunakan resep kulinerbee saja. Modifikasi dari saya yaitu untuk jahe dan lengkuas ala kulinerbee hanya digeprek saja, tetapi oleh saya jahe dan lengkuasnya saya blender bersama dengan bumbu lainnya. Kemudian saya ada tambahkan serai dan kemiri juga..he he he... Dan yang ini nih yang utama, saya tidak menggunakan ayam kampung, saya gunakan ayam negeri saja, selain mudah didapat juga karena saya tidak pernah masak ayam kampung sebelumnya. Nah rasanya bagaimana? Ya tetap enak lho...he he he..

Untuk sambelnya sendiri, saya tidak gunakan cabai merah, tetapi saya hanya gunakan cabai rawit. Hal ini bukan karena saya sengaja tetapi karena saya lupa kalau stok cabai merah saya sudah habis. Sempat sampai bongkar isi kulkas segala tadi hanya karena saya merasa kalau saya masih menyimpan cabai merah. Ah ternyata tidak ada lagi. Ya tidak mengapa..toh enak juga malah pastinya lebih pedas...sambel yang saya suka..pedas..he he he..

Ok deh berikut langsung lihat resepnya ya.....

Resep Ayam Pop Empuk Gurih

Bahan : 
  • 1 kg ayam negeri, potong sesuai selera, buang kulitnya (yang suka bisa juga tetap mengikutsertakan kulitnya ya)
  • 1 buah jeruk nipis
  • 8 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 3 cm jahe
  • 3 cm lengkuas
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
  • 5 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 750 ml air kelapa
  • 1 sendok teh garam
  • minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
  1. Cuci beraih ayam, lumuri dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit
  2. Haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe, lengkuas dengan cara diblender dengan sedikit air
  3. Tuang ke dalam potongan ayam, beri merica bubuk dan ketumbar bubuk serta garam, aduk rata
  4. Diamkan selama kurang lebih 30 menit
  5. Siapkan panci, rebus ayam yang telah dibumbui beserta air kelapa, daun jeruk, daun salam dan serai.
  6. Masak hingga air kelapa menyusut dan ayam empuk
  7. Angkat, tiriskan ayam
  8. Goreng sebentar lalu angkat dan tiriskan

Sambel Ayam Pop

Bahan :
  • 5 butir bawang merah
  • 30 butir cabai rawit
  • 2 buah tomat ukuran sedang
  • garam secukupnya
  • 1 sendok makan air perasan jeruk nipis
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
  1. Rebus bawang merah, cabai rawit, tomat
  2. Haluskan
  3. Tumis hingga sambal harum, beri garam dan cicipi rasanya
  4. Ketika akan diangkat beri air perasan jeruk nipis

resep ayam pop padang gurih
Ayam pop empuk gurih

Nah sajikan ayam pop ini beserta sambelnya dengan nasi putih hangat..hmmm so yummy....
Silakan mencoba resep ayam pop empuk gurih ini ya..semoga suka...













NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.