Cara Membuat Coklat Lolipop Lucu

cara membuat coklat lolipop
Coklat Lolipop

Membuat coklat sendiri memang enak ya...kali ini saya mau share tentang cara membuat coklat lolipop yang lucu.  Coklat lolipop ini bisa dikatakan coklat lucu karena coklat ini bisa berbentuk macam-macam. Tergantung cetakan coklat yang kita punya.

Yang pasti ciri khas lolipop itu adalah coklat dengan tangkai/stick. Nah coklat ini paling disukai anak-anak, apalagi jika kita membuat coklat dengan bentuk tokoh kartun seperti doraemon, spongebob, dora the explorer, atau juga bentuk binatang dan tumbuhan. Begitu banyak jenis cetakan yang bisa kita temui di toko bahan kue. Kalau cetakan coklat lolipop ada alur untuk tempat meletakkan stik jadi jangan keliru dengan cetakan coklat praline ya..he he he...

Nah untuk membuat coklat lolipop ini memang agak dibutuhkan sedikit usaha, terutama untuk pola cetakan tokoh kartun, kalau kita mau sama persis dengan bentuk tokoh kartun maka yang pasti kita harus menyediakan warna coklat yang sama atau setidaknya hampir sama deh.

Untuk membuat coklat lolipop ini tentu saja kita membutuhkan coklat warna, seperti sudah pernah saya posting pada tips dan cara membuat coklat, maka coklat warna bisa kita beli dalam kondisi coklat yang sudah berwarna. Biasa di toko bahan kue merk yang suka dijual adalah merk colatta dan mercolade. Nah untuk coklat warna, kedua merk ini cukup bagus. Hanya saja kalau coklat warna merk mercolade biasa agak lebih kental dibanding dengan coklat merk colatta jika sudah dilelehkan.

Atau jika mau sedikit repot, maka beli saja coklat putih lalu kemudian jika sudah dilelehkan baru diberi pewarna khusus coklat, ini perwarna yang oil base sehingga hasilnya lebih bagus. Saya dulu pernah memakai pewarna ini, hanya saya lupa merknya. Itu pun saya tidak beli di Batam. Kakak sepupu saya mengirimnya dari Jakarta. Yang menjadi kendala menggunakan pewarna ini adalah ketika kita mencampur coklat terkadang kurang rata sehingga ada semburat putih di coklat warna kita. Lalu kadang konsistensi warna agak sedikit berubah-rubah. Karena kadang kita tidak memperhatikan berapa tetes pewarna dan berapa banyak coklat yang digunakan.
Nah supaya gampang ya gunakan saja coklat warna ya..secara sekarang ini sudah banyak sekali jenis warna yang ada.

Kali ini karena saya tidak mau repot, maka saya gunakan saja cetakan coklat yang ada di rak piring, malas untuk membongkar cetakan yang lain. Nah jadilah coklat dengan bentuk ini. Dan karena terlalu malasnya untuk mendetail cetakan maka saya gunakan saja 2 warna. Nah jika suka maka sesuaikan warna yang akan digunakan sesuai cetakan ya. 

cara membuat coklat lolipop ekonomis
candy stick
Untuk coklat yang saya gunakan baik yang berwarna kuning dan coklat dark adalah jenis coklat compound merk mercolade. Semua saya beli di toko bahan kue terdekat. Dan tentu saja karena ini coklat compound tentu saja jadi coklat lolipop yang ekonomis. 

Nah seperti pernah saya bahas pada cara membuat coklat praline isi selai blueberry, maka saya bahas lagi ya...kalau kunci membuat coklat dengan cetakan ini supaya hasilnya mulus adalah pastikan coklat sudah benar-benar keras sempurna, dan pastikan ketika mengisi coklat untuk mengetuk cetakan coklat perlahan supaya tidak ada udara terjebak pada coklat nantinya.

Ok deh sekarang langsung ke cara membuatnya ya...

Cara Membuat Coklat Lolipop Lucu

Bahan :
  • coklat warna kuning secukupnya
  • coklat dark secukupnya
  • tangkai lolipop
  • plastik segitiga 2 buah
  • plastik bening untuk membungkus coklat yang sudah jadi (optional)
  • pita kawat warna (optional)

Alat :
  • cetakan coklat khusus untuk lolipop
  • mangkuk stainless/kaca
  • panci kecil
  • sendok
  • pisau
  • gunting

Cara membuat :
  1. Siapkan panci, isi dengan air secukupnya
  2. Potong coklat warna kuning kecil-kecil lalu masukkan ke dalam mangkuk stailess kemudian lelehkan dengan cara mengetimnya dengan api kecil saja
  3. Masukkan ke dalam kantog segitiga, potong ujungnya kecil saja sekitar 2mm
  4. Siapkan cetakan coklat, lalu isi coklat ke dalam cetakan mengikuti pola cetakan, ketuk perlahan cetakan untuk mengeluarkan udara terjebak
  5. Diamkan hingga keras (bisa masukkan ke freezer atau diamkan saja di suhu ruang)
  6. Begitu coklat sudah keras, mulai mengetim coklat dark
  7. Masukkan ke dalam kantong segitiga dan lubangi ujungnya
  8. Semprotkan ke dalam cetakan, ketuk perlahan
  9. Lalu masukkan stik lolipopnya
    membuat coklat lucu
    proses membuat coklat lolipop
  10. Nah supaya stik tidak naik ke atas dan jadinya keluar dari cetakan maka sebaiknya stik diganjal dengan benda setinggi stik (saya gunakan gunting)
    resep coklat lolipop
    mengganjal tangkai stik coklat
  11. Pastikan coklat cukup keras sehingga stik tidak bergerak baru kemudian kita masukkan ke dalam freezer selama 2 - 4 menit supaya keras sempurna dan bisa dilepaskan dengan mudah dari cetakan
  12. Keluarkan dari freezer, lepaskan dari cetakan
  13. Masukkan ke dalam kantung plastik bening untuk dikemas, lalu ikat dengan pita kawat
    cara membuat coklat
    coklat lolipop yang dikemas

 Nah semoga cara membuat coklat lolipop yang lucu ini bermanfaat ya..silakan mencoba..semoga suka
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.