Puding Nanas Lembut Saus Karamel

cara membuat puding nanas
puding nanas saus karamel

Ada stok nanas 1 buah yang sudah cukup matang (kematangan malah...)...tadinya mau buat cake nanas..eh mikir nih..harus hemat gas..jadinya ya sudah buat puding nanas saus karamel saja. Cepat dan pastinya tidak lama dan tidak bakal menghabiskan gas untuk memasaknya.

Sekarang ini..eh bukan sekarang ini saja..sudah beberapa bulan ini...kok untuk beli gas elpiji yang tabung 3kg ya kok susah sekali. Setiap mau beli pasti sudah kehabisan. Nah setiap tanya sama yang jual gasnya belum datang saja.

Beberapa bulan lalu jika tidak mendapatkan gas elpiji 3kg, saya bisa mencari alternatif, beli gas 12 kg gas singapore. Harganya sih masih lebih murah dari harga gas elpiji pertamina 12 kg. Tetapi sekarang ya kok sudah seminggu ditanya sama yang jual kok belum ada saja nih gasnya. Jadi bingung kan. Nah sekarang hanya punya 1 tabung gas elpiji 3kg yang harus dihemat sampai mendapat stok baru.

Halah..kok susah sekali ya...cari gas saja yang merupakan kebutuhan pokok begini ya susah...jadi selalu mikir kalau mau masak yang butuh waktu lama. Hmmm ingin sekali baking tetapi harus ditunda dulu. Secara oven saya adalah oven gas yang cukup banyak menghabiskan gas sekali baking.

Pernah cerita ke sahabat saya yang di Bandung kalau saya susah mendapatkan gas di sini sampai pernah dulu 1 minggu lebih tidak masak..eh dia bilang..sudah Nic..pindah saja kamu ke Bandung...kok susah begitu..ha ha ha...wah masa saya pindah hanya karena gas....oalah...

Nah beberapa hari yang lalu sebelum beruntung bisa membeli gas 1 tabung, sempat 3 hari sama sekali tidak bisa masak donk...eh karena begitu ingin makan jagung rebus, jadinya terpaksa merebus jagungnya dengan rice cooker..he he he...

Hmmmm kepanjangan ya ceritanya..dari puding nanas sampai ke gas elpiji..he he he... sekarang resepnya saja ya...

Puding Nanas Lembut Saus Karamel 

Bahan :
  • 1 bungkus agar-agar bubuk (7gr)
  • 300 gr nanas, potong-potong
  • 1 cup air matang
  • 1 cup susu cair
  • 6 sendok makan gula pasir

Bahan saus karamel :
  • 1/4 cup gula pasir
  • 1/2 cup air panas
  • 1 sendok makan tepung maizena yang dilarukan dengan 1/4 cup air

Cara membuat puding:
  1. Blender nanas dengan 1 cup air matang, saring jika suka (saya tidak saring)
  2. Dalam panci, larutkan agar-agar dengan susu cair, tambahkan gula pasir
  3. Masak dengan api kecil sampai panas
  4. Tambahkan blenderan nanas, masak hingga mendidih
  5. Tuangkan ke dalam cetakan puding yang sudah dibasahi air
  6. Dinginkan

Cara membuat saus karamel :
  1. Masak gula pasir hingga larut dan berserat dan berwarna coklat
  2. Tambahkan air panas, aduk hingga larut
  3. Masukkan larutan maizena, masak hingga kental dan meletup-letup
  4. Angkat dan dinginkan

puding nanas mudah
puding nanas saus karamel

Sajikan puding nanas dengan disiram saus karamel...nah mudah kan membuat puding nanas saus karamel ini..silakan mencoba..semoga suka...
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.