Cara Membuat Sarden Homemade

resep sarden homemade
Sarden Homemade

Akhirnya saya jadi juga membuat sarden homemade nih...kesampaian juga setelah sekian lama punya niatan membuat sarden sendiri. Saya ini suka sekali dengan sarden kalengan, hanya saja ya pastinya tidak boleh sering-sering mengkonsumsi makanan kalengan kan, secara ada pengawetnya dan kadar garamnya cukup tinggi, yang kalau digabungkan bisa membuat saya pusing menyantapnya.

Jadi sudah lama sekali sejak sering pusing kalau menyantap makanan kaleng saya tidak menyantap sarden kalengan lagi, padahal enak..hu hu hu..apalagi tuh kalau dimasak dengan tambahan bawang bombay serta cabai rawit yang cukup banyak. Hmm alamak sedap betul.

Nah ketika ke pasar, lihat ada ikan sarden, wah langsung kepikiran membuat sarden homemade, hanya saja nih, karena masih malas, jadinya ya ikannya saya bersihkan dulu, buang kepada dan ekor serta isi perutnya, lalu saya masukkan dulu ke dalam freezer. Hmm itu satu minggu yang lalu, nah baru sekarang deh membuat sardennya.

Untuk membuat sarden ini, sebaiknya gunakan panci presto secara supaya tulang ikannya lunak juga, jadi persis sarden kalengan. Memasak sarden ini tentu lama waktunya tergantung dari panci prestonya juga ya, tetapi referensi waktu adalah 40 menit. Nah resep kali ini saya gunakan resep sarden homemade hesti's kitchen. Secara dari proses dan bahan cukup mudah. Akhirnya eksekusi lanjut...Siapkan semua bahan, langsung memasak...yipi..

Karena mungkin ada sedikit kelainan pada panci presto saya, maka setelah 40 menit ternyata tulang ikannya masih keras, ya terpaksa tambahkan air lagi dengan sedikit garam, masak kembali sampai 20 menit lagi..eh ternyata tulang bagian tengahnya belum lembut juga, ya sudahlah yang penting tulang-tulang halusnya sudah lembut, jadi kalau makan sarden ini sisihkan tulang tengahnya. Mungkin kalau saya masak lagi bisa lembut juga, ah tapi kok malas ya...

Sarden homemade yang saya buat ini tanpa cabai sama sekali karena saya mau memberikannya buat Sophie santap juga. Bagi yang suka pedas tambahkan cabai merah ya sesuai selera saja. Nah kalau ditambah cabai merah pasti lebih enak dan pasti warnanya lebih merah dan menarik hati deh.

Ok deh, sekarang lanjut ke resepnya ya...

Cara Membuat Sarden Homemade

Bahan :
  • 1 kg ikan sarden, buang kepala dan ekor serta bersihkan (saya gunakan 500gr)
  • 1 buah jeruk nipis
  • garam secukupnya

Bahan saus :
  • 500 gr tomat, rebus sampai mengelupas lalu buang kulitnya
  • 4 buah cabai merah (saya tidak pakai)
  • 5 sendok makan saus tomat

Bumbu :
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong-potong sesuai selera
  • 3 siung bawnag putih, geprek lalu cincang (saya gunakan 5 siung)
  • 1 ruas jahe, geprek
  • 7 butir bawang merah, iris lalu goreng 
  • 5 siung bawang putih, iris lalu goreng
  • merica bubuk secukupnya (saya gunakan 1/4 sendok teh)
  • garam secukupnya (saya gunakan 2 sendok teh)
  • gula pasir secukupnya (saya tidak pakai)
  • 5 sendok makan minyak untuk menumis (saya gunakan 1 sendok makan)

Cara membuat :
  1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan kurang lebih selama 10 menit, bilas lalu tata di dalam panci presto
  2. Blender tomat rebus dan cabai merah
  3. Tumis bawang putih cincang dan bawang bombay serta jahe sampai harum
  4. Masukkan blenderan cabai dan tomat, saus tomat, bawang merah dan bawang putih goreng, aduk rata. Tambahkan garam, gula, merica, aduk rata
  5. Masak sampai meletup-letup
  6. Tuangkan ke dalam panci presto, tambahkan air hingga ikan terendam
  7. Masak selama kurang lebih 40 menit, setelah dingin buka panci presto dan periksa apakah tulang sudah cukup lunak. Jika belum tambahkan air sedikit lagi serta garam, lalu masak kembali sebentar
  8. Angkat dan siap disajikan
  9. Jika mau dimasak kembali, masak seperti halnya kita menumis sarden kalengan, beri bumbu sesuai selera
Ternyata cukup mudah kan membuat sarden homemade ini, silakan mencoba ya..semoga sesuai selera ya..





NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Sip, boleh di coba. mksh y

    ReplyDelete
    Replies
    1. sippp silakan dicoba, terima kasih kembali

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.