Martabak Manis Teflon (Beda Resep)

cara membuat martabak manis teflon
martabak manis teflon

Kalau wara-wiri di beberapa grup seputar kuliner, maka tentu tidak asing lagi dengan berbagai macam resep martabak manis dengan teflon. Entah sudah ada berapa resep yang berseliweran. Tergantung cocok-cocokan juga ya...

Setelah pernah saya membuat martabak manis sebelumnya, kali ini saya tertarik untuk mencoba resep martabak manis bunda Tuti Yuniati Adiwirya. Nah resep martabak ini sedikit beda, menggunakan tepung terigu protein tinggi, tanpa menggunakan ragi instan dan di adonan menggunakan susu kental manis yang termasuk penting supaya tekstur martabak berserat. Nah berdasarkan penampakan..he he he..banyak sekali gelembung-gelembungnya (bersarang banyak), tentu saja saya penasaran nih...

Alhasil pagi ini saya eksekusi juga resep bunda Tuti. Bunda Tuti, terima kasih ya resepnya, enak...walaupun martabak yang saya buat belum bisa kenyal-kenyal seperti martabak abang jualan. Tetapi dari segi rasa tentu enak...martabak manis rumahan.

Untuk taburan martabak, saya gunakan meses saja, tentunya dengan tambahan susu kental manis juga, nah kali ini rasanya lebih saya suka secara saya tambahkan susu kental manis yang sedikit lebih banyak daripada sebelumnya.

Kunci membuat martabak manis dengan teflon ini adalah gunakan api yang sangat kecil, nah saran dari bunda Tuti adalah alasi teflon dengan loyang kue kering. Tetapi tadi saya tidak alasi dengan loyang kue kering, untunglah martabaknya tidak sampai gosong.

Teflon yang saya gunakan ukuran 16 cm, untuk satu resep di bawah jadi 2 buah martabak. Jadinya martabak ini cukup tebal. Jika tidak mau terlalu tebal, bagi menjadi 3 buah. Atau jika menggunakan teflon yang lebih besar atur pembagian adonan sesuai dengan yang diinginkan.

Ok deh, lanjut ke resep ya...

Martabak Manis Teflon (Beda Resep)

Bahan :
  • 100 gr tepung terigu protein tinggi/cakra kembar
  • 150 ml air
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 butir telur
  • 1 sendok teh soda kue
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • seujung sendok teh garam halus (saya gunakan 1/4 sendok teh)
  • 1/2 sendok teh vanili (saya tidak pakai)
  • 6 sendok makan susu kental manis frisian flag gold (saya gunakan 4 sendok makan susu kental manis frisian flag gold + 2 sendok makan susu kental manis indomilk)

Bahan taburan martabak :
  • kacang tanah goreng tumbuk kasar
  • gula pasir halus
  • meses
  • keju

Bahan olesan :
  • margarin secukupnya

Cara membuat :
  1. Campur semua bahan dengan kocokan spiral sampai rata (saya gunakan balloon whisk)
  2. Diamkan selama 1 jam (adonan yang bagus dan berserat nangtinya jika banyak gelembung-gelembung kecil)
  3. Setelah 1 jam, aduk adonan martabak 1 arah sebentar saja
  4. Tuangkan ke dalam teflon yang sudah dipanaskan sebelumnya (tanpa dioles margarin atau minyak)
  5. Tuangkan 1/2 adonan atau 1/3 adonan sesuai selera, ratakan sampai ke tepi teflon dengan bagian bawah sendok sayur (masak dengan api sangat kecil sekali)
    gelembung udara pada martabak
    adonan martabak
  6. Setelah membentuk sarang, taburi dengan gula pasir halus, tutup dan masak kurang lebih selama 5 - 7 menit sampai permukaan tidak basah
  7. Angkat dan olesi permukaan dengan margarin, beri bahan taburan
  8. Lipat, atau potong 2 kemudian tumpuk martabak
  9. Olesi kulit martabak dengan margarin jika suka
  10. Siap disantap

Nah semoga resep martabak manis dengan teflon kali ini bisa bermanfaat juga ya, semoga tertarik untuk mencobanya dan semoga sesuai selera.....



NewerStories OlderStories Home

10 comments:

  1. weww..jd inget masih punya PR sama martabak manis -.-' :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Oki,
      masih penasaran ya dgn martabak manis....sabar aja masih lama kok PR nya dikumpulin..he he he...semoga ada mood ya...

      Delete
  2. salam kenal mba Monic, saya baru liat blog mba, dan tadi saya nyoba martabak manis pake teflon, eh jadi..nyarang dan empuk seneng banget.., si kembar dan suami juga suka, trims resepnya ya mbaa, besok tak nyoba yang lainnya hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Esti, salam kenal juga..
      wah senang deh semua suka sama martabaknya..

      hi hi hi silakan nyoba yg lain ya..semoga ada resep yg cocok..semoga sesuai selera..makasih sudah mampir...salam buat si kembar ya....

      Delete
  3. baking soda sama soda kue sama ngga mba?

    ReplyDelete
  4. salam kenal.. terimakasih mbak monic, resep2nya membantu banget n bagus2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mba Tri...
      wah senang deh kalau resep di blog saya bisa membantu...
      makasih ya sudah mampir dan sudah meninggalkan komen di sini...

      Delete
  5. Makasih ya mba resepnya :) sekarang jadi bisa bikin martabak sendiri deh di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba Juan Nita...iya senang ya kalau bisa buat sendiri martabak di rumah..ga perlu beli lagi..
      terima kasih sudah mampir ya...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.