Pempek Dos (Kapal Selam & Lenjer)

cara membuat pempek dos
pempek dos

Kesampaian juga membuat pempek dos, akhirnya...selama ini penasaran saja. Ternyata memang mudah membuat pempek dos ini. Dan hasilnya empuk lembut, enak, dan pasti ekonomis. Nah pempek dos itu ya terkenalnya pempek tanpa ikan, jika ada yang belum pernah dengar pempek dos ya. Rasa gurih didapatkan dari kaldu bubuk.

Dulu di Palembang ya sering juga menyantap pempek dos ini, pempek dos itu termasuk pempek murah meriah. Tetapi eits jangan salah..tetap enak ya, apalagi jika sudah disantap dengan cuko, slurp..slurp..lemak nian...

Adonan pempek dos kali ini saya buat menjadi pempek kapal selam (telok besak) dan pempek lenjer saja. Secara sepertinya ini cukup mudah dan cepat. Nah kalau membuat pempek kapal selam harus cukup hati-hati supaya telur tidak keluar. Supaya mudah, adonan setelah dibulatkan, bentuk corong/sumur yang cukup dalam. 

Untuk mengisi telurnya, berdasarkan yang pernah saya lihat nih, beberapa telur dipecahkan dulu di dalam mangkuk dengan catatan kuning telur tetap utuh. Lalu jika akan mengisinya ke dalam adonan pempek, cukup disendokkan saja kuningnya dengan sendok sayur, maka akan ada sedikit putih telur yang ikut. Jadi tidak semua putih telur dimasukkan, secara akan kepenuhan. Nah dengan begini, telur tidak akan bocor, kita juga mudah untuk merekatkan adonan.

Resep kali ini saya gunakan resep yang sudah cukup terkenal dan wara-wiri di beberapa food blog, resep pempek dos Ny. Liem, dishare oleh mba Endang pempek dos JTT. Hanya karena saya malas menggunakan mixer dan food processor, akhirnya mengulen telur dan adonan terigu manual saja, walaupun tangan sedikit kepanasan..he he he..

Pempek yang saya hasilkan untuk resep di bawah ada 3 buah pempek kapal selam dan 10 buah pempek lenjer. Lumayan banyak juga ternyata.  Untuk cuko saya masih gunakan resep cuko sebelumnya yang pernah saya posting di pempek godo-godo atau pempek adaan udang.

Ok deh yang penasaran dengan resepnya ini dia ya..silakan...

Pempek Dos (Kapal Selam & Lenjer)

Bahan :
  • 250 ml air
  • 2 sendok teh garam
  • 1 1/2 sendok teh kaldu bubuk
  • 125 gr tepung terigu proterin sedang/segitiga biru
  • 200 gr tepung kanji/tepung tapioka
  • 2 butir telur

Bahan isi :
  • 3 butir telur (atau sesuai jumlah pempek kapal selam)

Bahan cuko :
  • 200 gr gula merah
  • 30 butir cabai rawit (sesuaikan dengan selera)
  • 4 siung bawang putih
  • 50 gr ebi
  • 1 sendok makan asam jawa
  • 2 sendok makan cuka masak
  • 500 ml air
  • garam secukupnya

Cara membuat :
  1. Didihkan air, garam dan kaldu bubuk, kecilkan api
  2. Masukkan tepung terigu secara bertahap sambil diaduk dengan sendok kayu hingga tercampur rata, angkat dan dinginkan sejenak, pindahkan ke dalam mangkuk cukup besar
  3. Tambahkan telur kemudian dimixer atau masukkan ke dalam food processor atau aduk manual dengan tangan sampai tercampur rata. Tambahkan telur berikutnya, aduk kembali
  4. Tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil diulen dengan tangan sampai kalis
  5. Ambil adonan secukupnya kira-kira cukup besar untuk ukuran pempek kapal selam, lebih kecil dari bola kasti, lebih besar dari bola golf, bulatkan
  6. Buat lubang di tengah kemudian tekan-tekan hingga dalam dan melebar
  7. Sendokkan kuning telur dengan sedikit putih telur, masukkan ke dalam lubang adonan
    cara membuat pempek kapal selam
    cara mengisi telur pempek kapal selam
  8. Tutup adonan dan rekatkan tepi-tepinya
  9. Lakukan hingga adonan habis atau sesuai jumlah pempek kapal selam yang diinginkan
    pempek telok besak
    pempek dos kapal selam
  10. Untuk pempek lenjer, ambil adonan secukupnya, bentuk silinder
  11. Didihkan air, masukkan pempek yang sudah dibentuk secara perlahan, kecilkan api
  12. Masak kurang lebih 20 menit
  13. Angkat dan tiriskan
    pempek dos kapal selam lenjer
    pempek dos matang
  14. Goreng dalam minyak panas hingga garing

Cara membuat cuko :
  1. Rendam ebi dengan air panas selama kurang lebih 15 menit
  2. Potong-potong gula merah ukuran sedang
  3. Haluskan bawang putih, cabai rawit, gula merah dan ebi dengan blender yang diberi air 500 ml
  4. Lalu tuangkan ke dalam panci, beri asam jawa, masak hingga mendidih
  5. Tambahkan garam, aduk rata
  6. Tambahkan cuka masak, aduk sebentar dan masak kembali, cicipi rasanya
  7. Matikan api kompor
  8. Dinginkan cuko dan simpan di wadah tertutup
  9. Jika mau disantap baru disaring (atau jika suka langsung saja ketika dingin langsung disaring)

Ternyata tidak susah kan membuat pempek dos kapal selam dan lenjer ini, semoga tertarik ya untuk mencoba membuatnya sendiri..semoga sesuai selera ya...

NewerStories OlderStories Home

10 comments:

  1. mbaaa.....aku dah buat pempek dos ini, biarpun ga pake tengiri tapi tetep enak soalnya ketutup ma cuko yang pake ebi banyak hehehe, kata kembar dan suami "enak bu.." seneng deh liat mereka pada lahap makannya, trims buat resepnya ya mbaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Esti...
      wah senang deh mba Esti nyoba resep pempek dos ini juga..seneng juga kl sesuai selera..
      makasih ya sdh nyoba beberapa resep dari dapur maya ku ya mba...salam buat keluarga ya mba..

      Delete
  2. Waaahhh mbk monic...
    barusaja aq eksekusi ni resep...
    Senangnya, hasilnya memuaskan seperti yg ada di bayanganku :D
    soalnya pernah bikin pake resep ngawur tp hasilnya nihil (wkwkwkw)
    thnks mbk, next time mengeksekusi resep yg lainya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah senangnya kalau berhasil dan sesuai dengan selera ya...
      terima kasih sudah coba resep ini dan kasih laporan..
      semoga resep2 lain juga cocok..he he he...

      Delete
  3. Mbk monic.. kldu ny pake merk apa ya?

    ReplyDelete
  4. Hai mba Merlina, ini pake royko mba yg rasa ayam...

    ReplyDelete
  5. pempek isi telor... huwaaa... pas banget nemu blog ini, yang nulisnya lengkap dengan gambarnya... kemarin baru nyoba buat pempek belah isi sambal ebi... besok giliran nyoba pempek isi telor dah... #belajar dari internet

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuihh pempek belah isi sambal ebi....enak tuh....
      apalagi kalau pedas..makin mantap, di sini kalau mau makan pempek belah untung masih ada yang jual, jadi belum coba buat sendiri he he he...

      Delete
  6. hmmm..besok mau coba ahh...pasti enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Indayani,
      silakan coba mba...enak mba walaupun tanpa ikan...
      makasih sudah mampir ya...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.