Pempek Lenggang Khas Palembang

cara membuat pempek lenggang
pempek lenggang
Banyak juga ternyata jenis-jenis masakan khas Palembang dari bahan pempek ya...nah kalau yang satu ini namanya pempek lenggang. Pempek lenggang sendiri ada 2 jenis, satu yang digoreng begini, versi praktis dan satu lagi versi panggang. 

Yang versi panggang menggunakan daun pisang yang dibentuk mangkuk persegi (bentuk takir), baru kemudian diisi dengan campuran pempek lenjer dan telur kocok. Baru kemudian dipanggang hingga matang. Nah kalau makan pempek di Palembang (di warung pempek) yang menyediakan lenggang, versi panggang yang biasa disajikan.

Untuk versi goreng ini, biasanya kalau membuat sendiri di rumah, versi homemade, praktis dan cepat, sama saja seperti kita membuat dadar telur. Nah kalau saya sih seringnya ya membuat versi praktis ini. Kalau versi panggang pernah juga sekali dulu membuatnya.

Pempek lenggang sendiri adalah pempek lenjer kecil yang dipotong-potong lalu dicelupkan ke dalam kocokan telur yang diberi sedikit garam. Rasanya cukup sederhana sih, hanya ya tetap nikmat dengan kuah cukonya tentu saja. Beri taburan ebi sangrai dan irisan timun. Wuih..mantap..

Untuk pempek lenjer yang digunakan bebas-bebas saja ya jenisnya, tergantung selera dan tergantung sedang ada stok pempek apa, tidak menutup kemungkinan menggunakan pempek dos. Yang mau membuat pempek dos bisa lihat di resep pempek dos ala Ny. Liem ya. Nah kali ini saya menggunakan pempek lenjer ikan. Dapat oleh-oleh dari adik ipar paket pempek yang lumayan banyak. Asyik....asyik...

Ok deh, sekarang lanjut ke cara membuatnya ya...silakan...

Pempek Lenggang  Khas Palembang
(1 porsi)

Bahan :
  • 3 buah pempek lenjer kecil, potong-potong melintang
  • 2 butir telur ayam
  • sedikit garam
  • cuko secukupnya
  • irisan timun secukupnya
  • ebi sangrai halus secukupnya

Cara membuat :
  1. Kocok telur  dengan garpu, masukkan potongan pempek lenjer, tambahkan garam
  2. Dadar hingga matang
  3. Sajikan di piring, beri cuko, irisan timun dan ebi sangrai
  4. Siap disantap

Mudah sekali kan membuat pempek lenggang khas Palembang ini, semoga tertarik dengan resepnya ya...silakan mencoba..semoga sesuai selera ya...



NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Replies
    1. Iyo memang pempek wong kito nian ini..lemak nian ye..apolagi kl cukonyo banyak..
      mokasih sudah mampir ye..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.