Resep Kue Favorit : Onde Onde

resep kue favorit onde onde
onde onde kacang hijau
Satu lagi kue favorit saya..yup..onde onde...kue yang termasuk kue jadul yang sampai sekarang tetap eksis. Memang kue berbahan dasar tepung ketan ataupun ketan adalah kue favorit saya. Rasanya menurut saya ya kok enak ya...

Nah selama ini beli terus onde ondenya...biasa suka beli onde-onde pagi hari di penjual aneka kue. Harga seribu rupiah. Seperti biasa makin lama onde-ondenya makin menciut..he he he...sekarang onde ondenya mungil-mungil. Biasa ada 2 jenis isinya yaitu kacang hijau dengan kulit dan kacang hijau tanpa kulit. Menurut saya lebih enak yang tanpa kulit. Tetapi tetap dua-duanya saya suka.

Kalau mau makan onde onde yang sedikit lebih besar dan rasa yang lumayan enak, ada onde onde yang dijual di Holand Bakery, harga 4.500 rupiah..hmmm lumayan mahal ya... Nah kali ini mau mencoba membuat onde onde sendiri, secara masih ada sisa tepung ketan waktu membuat getas ketan hitam beberapa waktu lalu.

Ternyata membuat onde onde cukup susah..he he he...apalagi bagian membulatkan adonan yang sudah diberi isian kacang hijau. Bentuknya kemana-mana..alamak sempat putus asa dengan bentuknya yang amburadul. Eh ternyata walaupun bentuknya amburadul, begitu sudah digoreng eh bisa membulat juga ya...yipi..senang juga...

Nah resep onde-onde ini saya gunakan resep onde onde mba Diah Didi. Tadinya mau gunakan kentang kukus juga sebagai campuran adonan kulit. Hanya tidak ada stok kentang, lalu mau campur tepung beras seperti resep-resep yang pernah saya baca. Hanya saja takut keras jadinya. Akhirnya gunakan tepung ketan semua, hasilnya ya lembut kenyal sekali.

Hubby sempat bilang ketika mencicipi onde ondenya, kok lembut dan kenyal, dicampur aci ya? Kok tidak campur dengan tepung beras? Halah..tahu saja nih bapak...ya saya bilang kalau campur tepung beras takut keras. Ya sebenarnya onde onde yang saya beli selama ini sepertinya agak keras juga, sepertinya campur tepung beras juga nih...

Ok ok...berikut resep onde ondenya ya...

Onde Onde

Bahan :
  • 250 gr tepung ketan putih
  • 50 gr kentang, kukus lalu haluskan (saya tidak pakai)
  • 65 gr gula pasir halus
  • 1/2 sendok teh garam
  • 175 ml air hangat
  • 100 gr wijen
  • minyak untuk menggoreng

Bahan isi :
  • 250 gr kacang hijau dengan kulit (saya rendam terlebih dahulu semalaman)
  • 150 gr gula pasir
  • 1 lembar daun salam
  • 1/2 sendok teh garam
  • 200 ml santan dari 1/2 kelapa (saya gunakan santan instan 65 ml+air)

Cara membuat :
  1. Untuk isi : Rebus kacang hijau sampai agak lunak dan kering,  tambahkan gula pasir, santan, garam dan daun pandan. Masak sambil diaduk hingga kalis. Angkat, dinginkan lalu bulatkan
  2. Untuk kulit : Campur tepung ketan, kentang, gula pasir halus, garam, aduk rata. Tuang air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis dan licin. Ambil sedikit adonan, pipihkan lalu isi dengan kacang hijau yang sudah dibulatkan, lalu bulatkan kembali, gulingkan di wijen. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api kecil-sedang sampai matang dan kecoklatan. Angkat dan dinginkan

Nah jadi deh onde onde kali ini...yang tertarik untuk mencoba membuat sendiri silakan ya...semoga sesuai selera ya...


NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Hallo, kalo saya juga pakai tepung beras. Tapi pernah juga tanpa tepung beras okeh juga kok;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Lumi,
      he he he iya ya mba...semua ok ya baik tanpa atau dengan tepung beras...
      makasih sudah mampir ya...he he he saya sudah lihat blog mba Lumi...onde-ondenya cantik..pake tepung beras campur kentang juga malah ya...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.