Mie Celor Khas Palembang

cara membuat mie celor khas palembang
mie celor

Akhirnya, jadi juga mengeksekusi resep mie celor khas Palembang ini. Setelah memilah-milah mana resep yang akan dijadikan acuan. Secara karena sering menikmati mie celor jadinya paling tidak bisa mengira-ngira bumbunya. Hanya kalau disuruh buat sendiri tanpa ada resep panduan ya kok jadinya tidak percaya diri. Tetap harus ada resep panduan.

Yang pasti nih, kuah mie celor biasanya berasa sekali udangnya, dan itu yang membuat enak. Jadi kuahnya berasal dari kaldu hasil rebusan kulit dan kepala udang. Hmmm sudah terbayang kan rasa udangnya. Nah resep kali ini saya adaptasi dari resep mie celor (ala 26 ilir) dari Dapur Alba milik mba Hannie.

Kalau ceritanya nih, mie celor yang enak dan terkenal sekali adalah mie celor 26 ilir.  Saya sendiri belum pernah nih mencicipi mie celor 26 ilir ini. Seberapa enak ya...nah dengan makan mie celor ini yang rasanya dikatakan mirip, maka ya mungkin seenak itulah mie celor 26 ilir itu ya.

Beberapa hari yang lalu sebelum membuat mie celor ini saya bertanya ke salah satu teman baru di fb, yang sering sekali posting resep-resep makanan khas Palembang, sayangnya tidak ada resep mie celor, tetapi memang dibilang kalau selalu beli mie celor 26 ilir ini dan rasanya enak mantap.

Oh iya, kalau yang belum pernah makan mie celor dan ingin tahu rasa mie celor, tetapi malas membuat mie celor, ada Indomie rebus rasa mie celor, he he he...Ingat sekali nih dulu kalau tidak salah masih sekolah dan masih tinggal di Palembang, Indomie mengeluarkan produk mie rasa mie celor. Nah menurut saya waktu itu ya rasanya tidak beda jauhlah dengan mie celor yang dijual di Palembang.

Tetapi bagi yang penasaran dan ingin mencoba membuat mie celor sendiri, ok deh mari merapat ke sini ya..ini dia resepnya...

Mie Celor Khas Palembang

Bahan :
  •  250 gr udang ukuran sedang
  • 150 ml santan kental (saya gunakan santan instan 65 ml)
  • 2 sendok makan kecap asin (saya gunakan 3 sendok makan)
  • 4 sendok makan tepung terigu larutkan dengan 75 ml air
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok teh gula pasir (saya tidak pakai)
  • 1 sendok teh garam atau sesuaikan dengan selera
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
  • 1250 ml air untuk membuat kaldu udang

Bumbu halus :
  • 1 sendok makan ebi, rendam dengan air hangat selama kurang lebih 5 menit (saya gunakan 1genggam)
  • 6 butir bawang merah (saya gunakan 8 butir)
  • 3 siung bawang putih (saya gunakan 4 siung)

 Bahan pelengkap :
  • Mie kuning (gunakan mie kuning basah atau kering sesuai selera, saya gunakan mie basah, seduh sebentar dengan air panas)
  • Tauge secukupnya, seduh dengan air panas
  • daun bawang, iris
  • daun seledri, iris
  • telur rebus, belah 2 
  • sambal cabai rawit rebus, saya gunakan cabai rawit merah iris
  • bawang goreng untuk taburan

Cara membuat :
  1. Cuci bersih udang, kupas kulitnya dan lepaskan kepalanya, belah bagian punggung dan keluarkan kotorannya
  2. Potong-potong udang ukuran kecil (satu udang potong 4 - 5 bagian)
  3. Cuci kepala dan kulitnya lagi, lalu rebus untuk mendapatkan kaldu udang
  4. Saring kaldu udang, sisihkan
  5. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan potongan udang, masak hingga berubah warna
  6. Masukkan kaldu udang dan santan kental, aduk-aduk dan masak hingga mendidih
  7. Tambahkan kecap asin, merica bubuk, garam dan gula
  8. Beri larutan tepung terigu, aduk rata dan masak hingga mengental, cicipi rasanya

mie celor ala 26 ilir
penyajian mie celor

Untuk menyajikan mie celor:
Tata mie kuning, tauge dan telur rebus, siram dengan kuah dan beri irisan cabai rawit serta taburi dengan irisan daun bawang dan daun seledri serta bawang goreng. Siap dinikmati selagi masih hangat..nyam..nyam..enak...

Nah semoga resep mie celor khas Palembang ini bermanfaat ya, silakan mencoba, semoga sesuai dengan selera...


NewerStories OlderStories Home

12 comments:

  1. Makin keren aja mbak monic foto2 makanannya.. ngilerr jd nyaa.. hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he sekarang fotonya digaya2in sedikit....walaupun fotonya masih pake kamera saku..
      ayo mba Vk Lynn, cobain buat..beneran enak ini...

      Delete
  2. hi monica,
    waduh pagi2 sudah kasi akak terliur aje..
    lagi2 belum sarap ni..hehe
    mie celur ni..ada letak santan ya..mungkin rasanya ada seperti laksa?...
    monica sama seperti akak...kalau tak ada panduan resepi..enggak bisa masak..mungkin juga tak confiden..lagi2 kalau mau coba recipe baru...;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi kak Ayu,
      rasanya sih kayaknya sedikit beda dengan laksa kak..karena ini lebih sedikit jenis bumbu yang digunakan..nah karena kak Ayu bilang laksa, nanti saya mau coba buat laksa juga,nanti coba resep laksa kak Ayu saja he he he...
      karena selama ini belum pernah buat laksa, bisa beli saja ha ha ha..
      iya kak memang tak confiden kalau tanpa panduan resep, terutama untuk resep yang bisa dibilang pasaran...harus tetap ada acuannya..

      Delete
  3. Wow makasih ya resep nyo, agek aku buat lah ini. Aku jugo besak di Palembang :)
    Salam wong kito galo!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. He he he samo ye..besak di palembang..wong kito galo..
      iyo yuk Lumi...cubolah buat mie celor ini, enak seraso makan mie celor di palembang...
      puas...biso nambah2 sepuasnyo..ha ha ha...

      Delete
  4. Kak Monic, kakaknya Susan Rampo ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Wiwien, lho Wiwien kenal Susan ya?
      Wiwien tinggal di Palembang kan?

      Delete
    2. Dulu temen sekolah minggu kak, skrg cuma ketemu setiap minggu hehehe...
      Kemarin cari resep mie celor, klik blog ini. Pas liat foto Kakak kok mirip sekali sm Susan. Ternyata emang beneran kakaknya Susan hehe...
      Aku sdh coba resepnya kak, tp kuahnya gak bs kental :(

      Delete
    3. Mirip Susan ya?he he he...
      kalau suka kuahnya kental, tambahkan takaran terigunya, kalau itu kan sesuai selera ya, kalau takaran di resep ini sih sesuai selera yang buat..he he he..sudah cukup kental menurutku, soalnya di sini malah ga suka kalau kuah terlalu kental.
      Nah coba tambahkan takaran terigunya jadi 5 sendok makan, kalau kurang kental juga tambahkan lagi, tapi kalau menambahkan tepung larutkan dulu dengan sedikit air dulu.

      Delete
  5. wiiiiih enak banget nih jd ngiler :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..beneran enak ini...cobain deh..he he
      Terima kasih sudah mampir ya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.