Resep Kue Favorit : Lemper Ayam

lemper ayam
lemper ayam
Satu lagi resep kue favorit saya, yup lemper ayam. Makanan dengan berbahan dasar ketan tetap menjadi favorit saya. Dan ini untuk kedua kalinya saya membuat lemper ayam sendiri. Dulu sekali ketika belum ada blog pernah membuat lemper ayam ini.

Masih sama, edisi lemper tanpa dibungkus daun pisang. Karena untuk mendapatkan daun pisang ya harus beli, dan tidak bisa beli sedikit. Jadi sayang kalau harus beli. Selain itu yang paling utama adalah malas..he he he..ya karena buat konsumsi sendiri jadi ya malas deh kalau harus bungkus membungkus.

Oh iya, yang suka juga dengan ketan-ketanan, ini beberapa resep kue favorit saya yang pernah saya posting : getas ketan hitam, onde-onde, wingko babat. Masih banyak yang belum saya coba sendiri, kembali lagi tunggu mood datang.

Karena dulu pernah buat entah pakai resep siapa, bahan-bahannya ingat tentu saja, hanya takarannya yang tidak ingat..hmmm enaknya lihat punya siapa ya? lihat-lihat lagi deh.. dan ternyata lihat mba Didi ada resepnya..hmmm pakai resep lemper ayam mba Didi deh jadinya..sippp...terima kasih resep lemper ayamnya ya mba..

Okey..berikut resepnya ya..silakan...

Resep Kue Favorit : Lemper Ayam

Bahan :
  • 250 gr ketan putih, cuci lalu rendam 1 jam
  • 150 ml santan dari 1/2 butir kelapa (saya gunakan 65ml santan instan + 85ml air)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 2 lembar daun pandan

Bahan isi :
  • 250 gr dada ayam tanpa tulang dan kulit, rebus sampai matang lalu suwir-suwir
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 150 ml santan dari 1/4 butir kelapa (saya gunakan 65ml santan instan + 85 ml air)
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus :
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri, sangrai
  • 1/4 sendok teh ketumbar, sangrai

Cara membuat :
  1. Untuk ketan : kukus ketan sampai setengah matang kurang lebih selama 10-15 menit, sementara itu rebus santan, garam, gula serta daun pandan hingga mendidih, kemudian masukkan ketan ke dalam panci, aduk-aduk hingga santan terserap ketan. Kukus lagi hingga matang kurang lebih selama 30 menit dengan api sedang
  2. Untuk isi : tumis bumbu halus hingga harum, masukkan semua bahan, aduk hingga rata, masak hingga kering
  3. Penyelesaian : olesi loyang dengan minyak tipis saja (saya gunakan tupperware ukuran 18x18cm) masukkan setengah bagian ketan, tekan-tekan dan padatkan, tuang adonan isi dan sebarkan merata ke semua permukaan ketan, tumpuk dengan ketan sisa, padatkan lagi. Balik ketan atau potong langsung ketika ketan sudah mulai dingin supaya lebih mudah memotongnya. Lilit dengan daun pandan atau bungkus dengan daun pisang jika suka

cara membuat lemper ayam
lemper ayam
Nah semoga resep kue favorit saya, lemper ayam ini bermanfaat ya..silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya...

NewerStories OlderStories Home

10 comments:

  1. kliatannya enak, br liat nih lemper model "naked" bgini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. He he..iya bang Dedy, ini lemper versi 'naked', ga perlu buka2 bungkus lagi, langsung hap.. eh saya ada coba resep mie gomak bang Dedy lho beberapa waktu lalu, top banget deh..thanks resepnya..
      thanks sudah mampir ya..

      Delete
  2. Sipp mba...wah sekarang blognya udah byk banget postingannya ya..moga makin semangat nge blog yaa.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims mba...ini sudah semangat..walaupun bosan tetap menyemangati diri sendiri..he he he.. terima kasih sudah mampir ya mba...

      Delete
  3. Nyam nyaaaammm...
    Sy pribadi lbh milih yg isian ayam d banding yg abon...
    Tp kl ada dua2nya jg doyan sih...

    *maruk amat....
    Heeheehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mba Lina, saya juga doyan yang isian ayam, kalau ga ada lemper ayam, lemper abon pun jadi..he he he...
      dulu kecil malah seringnya makan lemper abon, ketemu lemper ayam jarang banget...
      makasih sudah mampir ya....

      Delete
  4. Mba Mon, ini resepnya tuk berapa buah lemper ya? Fotonya bagus2 bgt mba.. sumpah mupeng bles

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Hera,
      lupa mba jadinya berapa lemper ya, sekitar 12 buah deh mba kayaknya..dengan potongan yang cukup besar
      hi hi hi jadi malu dibilang fotonya bagus2...masih belajar foto2 mba, itu pun kadang masih suka mati gaya...he he he
      btw makasih ya..
      eh tadi aku sudah mampir ke bitter sweet, ayo mba posting masakan dan kue lagi, duh aku ngiler dengan chiz cakenya..

      Delete
    2. Duh jadi malu blog abal2 ku ditengok mba Monic yg sudah handal bgt masaknya hehe.. iya ini lg ngumpulin semangat mba.. sjk punya baby jd ngedrop moodnya.

      Delete
    3. iya mungkin krn punya baby selain sibuk ya sibuk banget ya..he he he..kebayang deh...
      blog mba Hera bisa jadi inspirasi juga lho...kapan2 daku maen lagi ke sana

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.