Resep Sup Seafood (Ikan) Khas Batam

sup ikan khas batam
sup ikan /seafood khas batam
Akhirnya kesampaian juga mengeksekusi resep sup seafood (ikan) khas Batam ini. Sudah lama ingin mencoba membuat sup ini sendiri. Karena selama ini ya beli terus, secara banyak yang jual..hmmm enaknya jika kita sudah pernah makan, maka paling tidak bisa mengira-ngira bumbunya.

Nah bumbu ini hasil mengira-ngira dan tentunya bertanya juga kepada teman saya yang ibunya cukup sering membuat sup ikan begini. Hmm pas kan, kemudian lihat langsung cara membuatnya, karena ada penjual langganan saya yang setiap saya beli ya saya lihat cara memasaknya. Hanya dari dulu tetap penasaran dengan yang namanya bumbu halus coklat yang dimasukkan ke dalamnya.

Selama saya tinggal di Batam, baru 4 tempat yang saya coba sup seafood atau sup ikannya. Penjual langganan saya yang dekat rumah bisa lihat di sup seafood batam, kemudiann di resto seafood di daerah barelang, lihat di jalan-jalan dan wisata kuliner barelang batam, lalu rumah makan seafood terkenal Yongkee Seafood kemudian satu lagi adalah yang di daerah Aviari. Hmmm sedikit berbeda tetapi bahan utamanya berupa ikan ataupun seafood, sawi asin, tomat hijau dengan tambahan kecap ikan. Nah ini bahan yang cukup penting, kalau bahan ini ditiadakan tentu rasanya akan berbeda. 

Untuk bahan seafood tentu harus yang segar ya, kalau tidak bakalan amis. Karena kami tidak begitu suka dengan cumi, Sophie tidak doyan dengan udang, maka kali ini saya buat sup ikan dan bakso ikan saja. Kalau mau bisa tambahkan sendiri cumi dan udangnya. Dimasak berbarengan dengan ikan dan bakso ikan.

Dan setelah lama akhirnya saya bisa membuat sup ikan ini dan rasanya saya puas..he he he..sudah mirip dengan yang biasa saya makan. Dan secara garis besar saya meniru sup ikan (seafood) penjual langganan saya. Oh iya untuk ikan saya gunakan ikan tenggiri, bisa juga gunakan ikan kakap, enaknya memang ikan berdaging putih.

Bumbu halusnya adalah bawang merah iris, bawang putih iris, kemiri serta udang kering yang direndam dengan air panas sampai mekar lalu digoreng bersamaan sampai kecoklatan. Kemudian dihaluskan menggunakan chopper ataupun bisa dengan blender bahan kering, atau bisa juga menggunakan ulekan.

Nah bagusnya memasak sup ikan (seafood) ini adalah masak sesuai kebutuhan, jadi misalnya kita sudah siapkan kaldu ikan/seafoodnya, ikan yang sudah dipotong-potong, sawi asin yang sudah diiris, dan tomat hijau yang sudah dipotong-potong, bumbu halus dan bahan-bahan pelengkap lain seperti merica dan kecap ikan, jika akan disantap baru dimasak.

Okey, seperti yang saya lakukan, saya hanya akan memasak 2 porsi saja, maka saya ambil kaldu ikan/seafood secukupnya, masak ikan, bakso ikan, sawi asin dan tomat hijau, beri kecap ikan dan bumbu halus, masak hingga ikan matang, sementara itu di mangkuk saji, siapkan daun selada yang sudah disobek-sobek, beri sedikit merica bubuk, beri bawang goreng dan jika suka beri irisan daun seledri, jika kuah sudah matang, tinggal tuang ke mangkuk saji, siap disantap hangat dengan irisan cabai rawit yang diberi kecap asin.

Nah sup ini tidak saya sarankan untuk orang yang menderita hipertensi, karena sup ini cenderung asin. Kecap ikan, kecap asin, sawi asin, udang kering, semua menyumbang rasa asin yang cukup lumayan. Karena memang begini resepnya, tanpa bahan-bahan ini maka hilang ciri khas sup ikan khas batam ini.

Okey, sekarang lanjut ke resep ya..silakan...

Resep Sup Seafood (Ikan) khas Batam
untuk 5 -6 porsi 

Bahan kaldu :
  • 2500 ml air
  • tulang-tulang ikan, kepala dan kulit udang

Bahan sup :
  • 500 gr ikan tenggiri termasuk tulang, pisahkan dagingnya dari tulang (saya gunakan bagian badannya saja secara belinya memang bagian badannya saja)
  • 15 butir bakso ikan, atau tambahkan sesuai selera
  • 10-15 buah udang ukuran sedang (jika pakai), pisahkan kepala dan kupas kulitnya
  • 3 ekor cumi-cumi (jika pakai), potong melintang kurang lebih sebesar 1-2 cm
  • 2 buah jeruk nipis
  • 5-6 buah tomat hijau, masing-masing bagi 6-8
  • 5-6 lembar daun selada
  • 3 batang sawi asin, potong-potong sesuai selera
  • 5-6 sendok teh kecap ikan (satu porsi 1 sendok teh)
  • merica bubuk secukupnya
  • daun seledri secukupnya iris (jika suka)
  • bawang goreng untuk taburan

Bumbu halus :
  • 8 siung bawang putih, iris
  • 5 butir bawang merah, iris
  • 5 butir kemiri
  • 3 sendok makan udang kering, rendam dengan air panas

Bahan sambal : (campur jadi satu)
  • 10 butir cabai rawit, iris
  • 2 sendok makan kecap asin

Cara membuat :
  1. Bersihkan ikan, udang dan cumi, beri air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 5 menit, bilas, pisahkan daging ikan dan tulangnya, potong cumi, pisahkan kepala dan kulit udang, sisihkan
  2. Goreng bumbu hingga kecoklatan, angkat, tiriskan lalu haluskan dengan chopper atau blender kering atau ulekan, sisihkan
  3. Untuk kaldu, masak tulang ikan dan kepala serta kulit udang hingga kaldu mendidih, sisihkan
  4. Untuk memasaknya : masukkan kaldu udang ke panci (350-500 ml kaldu untuk 1 porsi), biarkan mendidih, beri potongan ikan, udang, cumi, bakso ikan, sawi asin, tomat hijau, masukkan bumbu halus (1/2 sendok makan untuk 1 porsi), kecap ikan (1 sendok teh untuk 1 porsi), masak hingga bahan seafood matang, cicipi rasanya
  5. Sementara itu di mangkuk saji beri daun selada yang sudah disobek-sobek, beri merica bubuk, daun seledri, tuangkan seafood matang ke mangkuk saji, beri taburan bawang goreng
    langkah-langkah membuat sup ikan batam
    proses dan bahan sup ikan batam
    bahan sup ikan batam
    bahan sup ikan batam
  6. Siap dinimakti selagi hangat, santap dengan nasi hangat dan sambal cabai rawit

resep sup seafood batam
sup ikan khas batam

Nah semoga resep sup seafood (ikan) khas Batam ini bisa bermanfaat ya..silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera...




NewerStories OlderStories Home

2 comments:

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.