Sop Buah

resep sop buah
sop buah
Hari-hari panas begini, memang enak menyantap yang segar-segar seperti sop buah ini. Es buah yang berasa manis segar dengan aneka buah-buahan yang bisa kita tambahkan sesuai dengan selera kita. Dan biasanya ya buah-buahan standar es begini ya. Kalau ditambahkan durian sih boleh-boleh saja tetapi rasanya tentu akan dominan durian dan malah mungkin tidak segar lagi.

Ada nih penjual sop buah yang cukup laris manis di daerah dekat rumah juga, jadi terkadang orang sampai antri. Apalagi kalau sudah masuk bulan puasa, wuih..ramai sekali, memang jenis es yang selalu laris manis kalau bulan puasa. Nah di sana juga menyediakan es teler. Ciri khas sop buah dan es telernya adalah manis sekali..he he he..ya karena penggunaan susu kental manis yang cukup banyak.

Kalau buat sendiri tingkat kemanisan bisa dikira-kira sesuai selera. Jadi saya buatnya kali ini tidak terlalu manis. Tadinya mau buat es teler, eh berhubung malas lagi cari air kelapa, dan juga sudah pernah mencoba membuat es teler sendiri, akhirnya beralih ke sop buah saja.

Dan memang di kulkas ada beberapa buah-buahan, jadi tidak perlu beli ini beli itu dulu. Hanya memang lebih enak kalau ada alpukatnya, sayang tidak ada alpukat. Eh tetapi sop buah yang saya buat ini sudah cukup banyak isinya. Ada semangka, anggur merah, hijau, melon dan nangka. Tambahan selasih jadi makin lengkap deh.

Membuatnya super duper mudah, hanya diberi tambahan sirup cocopandan, air es dan susu kental manis, tinggal campur-campur, beri es batu ataupun es serut, siap disantap.
Nah berikut resep sop buah yang saya buat ya....silakan....

Sop Buah

Bahan :
  • semangka, potong kotak
  • melon, potong kotak
  • nangka, potong kotak
  • anggur merah, belah 2 atau 4
  • anggur hijau, belah 2 atau 4
  • selasih, rendam terlebih dahulu dengan air matang sampai mengembang
  • susu kental manis
  • air es untuk melarutkan sirup, secukupnya saja
  • sirup cocopandan
  • es batu atau es serut

Cara membuat :
  1. Di mangkuk campur semua buah-buahan, sisihkan 
  2. Campur sirup cocopandan dengan air es, cicipi rasanya sesuaikan dengan tingkat kemanisan yang diinginkan
  3. Tuangkan ke dalam campuran buah-buahan
  4. Beri susu kental manis, aduk rata kembali, cicipi rasanya
  5. Beri es batu, siap dihidangkan
  6. Jika menggunakan es serut, maka cara membuat sop buah adalah, campur semua buah-buahan di gelas atau mangkuk saji, beri es serut kemudian beri sirup cocopandan lalu beri susu kental manis, siap dihidangkan
es buah aka sop buah
sop buah
Nah semoga resep sop buah yang super mudah ini bisa bermanfaat juga ya..silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera...

NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Apalagi panas2, ujan2 juga kalo disodorin es buah mah garresssss.....!
    Ga ada alasan buat nolak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha...iya ya...
      ga ngaruh kok ya ujan2 juga...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.