Godok Pisang (Kuih Kodok/Deep Fried Banana Balls)

jemput-jemput pisang
godok pisang
Ahai...buat snack jadul dulu yak...godok pisang atau kuih kodok atau deep fried banana balls. Cemilan jadul yang saya yakin nih semua orang pasti kenal dengan makanan satu ini. Kalau dulu ibu saya suka buat untuk menyelamatkan pisang yang kematangan. 

Biasa pisang matang sekali dihancurkan, campur dengan gula pasir, tambahkan dengan tepung terigu dan sedikit garam, lalu goreng deh. Nah saya lupa kalau di Palembang apa ya namanya. Kalau versi ibu saya ya hanya seperti itu, ada lagi versi lain yang ditambahkan kelapa parut.

Di Batam, godok pisang ini menjadi salah satu kue yang tidak pernah absen di penjual kue-kue pagi hari. Biasa dijual harga seribu dengan ukuran yang cukup besar, hanya tentu saja tepungnya lebih dominan daripada pisangnya, dan ada penambahan kelapa parut juga.

Kebetulan ada pisang cavendish yang sudah matang sekali, jadi kepikiran buat godok pisang ini, penasaran dengan kuih kodok-nya Esther Lau-Copycake-Kitchen, jadilah saya buat godok pisang ini menggunakan referensi resepnya. Thanks for sharing Esther.... Walaupun ya takaran saya gunakan sendiri dan kurang lebih samalah ya...dan tanpa kelapa parut juga nih...
Kalau di Malaysia, godok pisang ini istilahnya kuih kodok atau jemput-jemput pisang, nah nama boleh beda tetapi pada dasarnya ya sama saja, hmmm karena memang ada persamaan makanan antara Malaysia dan Indonesia. 

Di Batam sendiri saya pernah juga menemui makanan yang bernama godok ketan hitam, jadi bola-bola ketan hitam yang dilumuri tepung kemudian digoreng, eits lupa, ada isiannya juga berupa kelapa parut dengan campuran gula pasir. Kemudian ada godok singkong, singkong kukus atau rebus yang dihaluskan kemudian dicampur gula lalu dibentuk bola dan dilumuri adonan tepung kemudian digoreng. Kalau yang ini versi padang ya setahu saya, soalnya lihat yang jual orang padang dan hanya di tempat tertentu jualnya.

Untuk membuat cemilan enak itu dari bahan sederhana ya pasti bisa donk, nah ternyata memang enak sekali godok pisang ini...membuatnya mudah...yang tertarik membuat cemilan mudah ini, ini dia resepnya ya...silakan...


Godok Pisang 
Bahan :
  • 2 buah pisang cavendish ukuran besar yang matang sekali
  • 2 sendok makan gula pasir (sesuaikan dengan tingkat kemanisan pisang)
  • 3/4 cup tepung terigu protein sedang
  • 1/4 cup tepung beras
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam

Cara membuat :
  1. Haluskan pisang di mangkuk ukuran sedang, campur dengan gula pasir dan garam, aduk rata
  2. Campur tepung terigu, tepung beras dan baking powder, ayak jika suka (saya hanya aduk rata saja dengan balloon whisk)
  3. Tuangkan tepung ke campuran pisang dan gula garam, aduk rata dengan balloon whisk, diamkan selama kurang lebih 10-15 menit
  4. Panaskan minyak yang cukup banyak, ambil satu sendok adonan, kemudian dengan menggunakan sendok satu lagi dorong adonan ke penggorengan
  5. Adonan akan mengembang dan menjadi bulat jika sudah mulai kekuningan
  6. Goreng dengan api kecil-sedang hingga kecoklatan
  7. Angkat dan tiriskan, siap dinikmati kala hangat
godok pisang
gegodok pisang

Nah semoga resep godok pisang atau kuih kodok atau gegodok pisang atau jemput-jemput pisang ini bisa bermanfaat ya..silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya...
NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Suami saya asli Palembang , kalau minta dibikinkan pisang goreng mintanya yg seperti Mbak Monic bikin. "Ma, bikin pisgornya pake pisang yg udah mbenyek trus terigunya dikit aja" giti katanya :D
    Trus katanya lagi, ada cemilan dari kacang merah yang ditumbuk lalu dipadetin. Barangkali Mbak Monic tau resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he...boleh juga tuh suami mba Endah....suka godok pisang juga...mungkin maksudnya kumbu kacang merah bukan ya..kalau ga salah pernah makan juga...tapi sudah lama sekali ga..jadi lupa saya...
      itu sama kayak kumbu kacang hijau hanya pakai kacang merah...bener ga ya..kumbu kacang merah...tanya lagi sama suami mba Endah dulu he he he...kalau kumbu kacang merah ya kacang merah direndam kemudian direbus sampe lunak, tambahin gula dan santan, kemudian masak sampe kering, baru dibulet-bulet atau setelah dibuletkan dipipihkan kemudian dicelup adonan terigu+tepung beras+air, baru digoreng...yg itu bukan ya...

      Delete
  2. Replies
    1. he eh mba Vari..ga cuma ketok'e...iki asli lejattt...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.