Resep Kue Favorit : Wajik Ketan Gula Merah

resep wajik ketan gula merah
wajik ketan
Kue favorit yang tidak pernah lekang oleh waktu : wajik ketan gula merah, jiahhh. Entah sudah dari kapan nih keberadaan kue yang satu ini. Dan karena masih tema ketan-ketanan maka kue ini tetap ya menjadi kue favorit saya.

Dulu orang tua saya suka sekali buat wajik ketan gula merah ini, nah mereka kerja sama kalau buat wajik ketan, karena biasanya mereka buatnya tidak sedikit, satu kuali besar. Nah saya ingat betul, mereka akan siapkan tungku khusus untuk membuat wajik ketan ini. 

Cara membuatnya juga kalau tidak salah mereka akan masak gula merah dan santan dulu, diaduk-aduk pakai sendok kayu yang besar, nah saya tanya kenapa harus diaduk terus? ibu saya jawab supaya santan tidak pecah. Hmmm saya jawab oh..tetapi ya belum tahu maksud santan pecah itu bagaimana ya.

Nah setelah ketan dimasukkan baru deh mereka aduk lagi tuh, jadi seingat saya wajik yang mereka buat seperti sedikit berminyak tetapi rasanya yahud. Belum lagi wajik yang mereka buat warnanya lebih gelap. Secara kalau di Palembang kan ada namanya gula merah gula batok, yang biasa dibuat untuk cuka pempek.

Gula batok ini warnanya gelap dan khasnya dari Palembang, secara di Batam saya tidak pernah menemukan gula batok yang seperti ini. Jadi wajik yang saya buat tentu berbeda dengan wajik ala orang tua saya. Gula yang saya gunakan juga tidak gelap warnanya.

Untuk resep supaya mudah saya gunakan saja resep wajik ketan gula merah NCC, saya gunakan setengah resep dibawah, dan santannya saya gunakan santan instan yang dicampur air. Hmmm sepertinya santan yang saya gunakan juga tidak kental sehingga kurang berminyak juga wajiknya. Di resep asli kan menggunakan 350ml santan kental dari 1 butir kelapa. Nah karena setengah resep jadi saya gunakan 65ml santan instan ditambah 110ml air. Kalau mau sesuai resep asli sebaiknya gunakan 175ml santan kental dari 1/2 butir kelapa ya.

Okey berikut resepnya saja ya, silakan.

Wajik Ketan Gula Merah

Bahan :
  • 500 gr ketan putih
  • 350 ml santan kental dari 1 butir kelapa
  • 200 gr gula jawa/gula merah sisir halus
  • 3 lembar daun pandan
  • 1/2 sendok teh garam

Cara membuat :
  1. Rendam ketan putih selama kurang lebih 1 jam
  2. Kukus hingga matang, angkat dan dinginkan sebentar
  3. Masak santan, gula merah, daun pandan dan garam hingga mendidih dan gula merah larut, aduk rata, matikan api (saring jika perlu)
  4. Masukkan beras ketan ke dalam santan, aduk rata hingga santan meresap
  5. Tuang ke dalam loyang 18cmx18cm yang sudah dialasi plastik, tekan-tekan dan padatkan
  6. Dinginkan, potong-potong setelah wajik dingin

Nah semoga resep wajik ketan gula merah ini tetap bisa bermanfaat ya, silakan mencoba resep ini ya, semoga sesuai dengan selera.
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.