Resep Es Buah (Fruit Cocktail) Murah Meriah

resep fruit cocktail
es buah
Resep es buah atau fruit cocktail yang murah meriah dan mudah dibuat. Hanya menggunakan 3 jenis buah tropis yaitu bengkuang, pepaya dan nanas, ditambah jus jeruk supaya lebih segar. Bisa gunakan jeruk nipis, jeruk limau atau lemon atau juga jeruk mandarin.

Resep es buah begini sih sudah dari dulu saya buat ya seperti ini, hmmm termasuk resep es buah ala ibu saya juga nih. Nah ingat waktu pulang ke Palembang 2 bulan lalu, saya dan adik saya rencana mau buat puding sutra buah, bisa lihat di resep puding sutra buah yang sudah pernah saya posting.

Untuk buahnya menggunakan buah kaleng supaya lebih praktis. Setelah ditimbang-timbang kok ya mahal ya, padahal ya isinya juga tidak begitu memuaskan. Akhirnya saya bilang adik saya lebih baik buat saja fruit cocktailnya. Secara 3 buah utama ini cukup murah harganya di Palembang, apalagi kalau belinya di pasar pagi.
Waktu itu beli nanas ukuran kecil dengan harga 5 ribu untuk 3 buah nanas, murah kan? lalu bengkuang 8 ribu perkilo, beli 1/2 kilo saja, dan beli pepaya ukuran kecil hanya 4 ribu saja. Beli jeruk limau/calamansi 3 ribu, duh suka jeruknya besar-besar dan sepertinya baru dipetik tidak seperti jeruk calamansi di Batam. 

Dan hasilnya banyak sekali, puas deh. Tetapi sempat diprotes ibu saya, kok potongan buahnya besar-besar. Karena waktu itu saya kerjakan sendiri es buahnya, adik saya kerja, jadi karena malas berlama-lama dengan urusan potong memotong buah, jadi saya potong ukuran cukup besar, he he he.

Nah baru kepikiran lagi buat es buah, kali ini tidak mau maruk, buatnya sedikit saja. Dan kali ini karena ada jeruk mandarin di kulkas jadinya saya gunakan jeruk ini saja. Dan hasilnya ya tidak beda jauh sih ya, ada sensasi segar-segarnya. Karena menggunakan jeruk mandarin maka tentu saja jus yang saya gunakan ini lebih banyak daripada jika menggunakan jeruk limau yaitu sekitar 150 ml. Kalau jeruk limau kurang lebih hanya 50-75ml saja, secara lebih asam. Kalau yang ini sih sesuai selera jadi tambahkan perlahan kemudian cicip, hentikan penambahan jus jeruk jika dirasa sudah pas dengan selera.

Berikut resepnya ya, silakan

Es Buah (Fruit Cocktail)

Bahan :
  • 1 buah nanas ukuran kecil
  • 1 buah bengkuang ukuran sedang
  • 1 buah pepaya ukuran kecil
  • 2 buah jeruk mandarin 
  • 200 gr gula pasir
  • 750 ml air
  • es batu secukupnya jika suka

Cara membuat :
  1. Kupas dan bersihkan nanas, bengkuang dan pepaya, potong dadu ukuran kecil sesuai selera, sisihkan
  2. Peras jeruk hingga didapatkan jus jeruk kurang lebih 150ml, sisihkan
  3. Campur air dan gula, lalu didihkan dan pastikan gula benar-benar larut
  4. Campur semua buah di mangkuk ukuran cukup besar, tuangkan larutan gula/sirup gula, aduk rata
  5. Tambahkan jus jeruk, aduk rata, cicipi rasanya
  6. Simpan di dalam kulkas hingga dingin
  7. Atau jika mau segera disajikan, beri es batu secukupnya
  8. Siap dihidangkan

es buah
fruit cocktail
Nah mudah sekali ternyata membuat es buah atau fruit cocktail ini kan, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya.


NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Kalo buah fresh mah selain lbh murce, lebih sehat jg dong pastinya ya mba...

    Hmmm....
    Pepaya Ga pernah kelewat kalo lg masa laktasi nih mba...
    Heheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba bener...lebih sehat ya kalau buah fresh
      wuih mantap mba makan pepaya terus....salam buat dedek Fabi ya..nyam2 bundanya rajin makan buah...

      Delete
  2. Pake jeruk lemon bisa ga mba? Adanya lemon d rmh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok mba Kania, selain lemon, bisa juga jeruk nipis atau juga jeruk limau/lemon cui
      Kadang ya saya pakai itu gonta ganti... tergantung stok

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.