Dorayaki Selai Kacang Coklat

kue dorayaki selai kacang coklat
Resep kue dorayaki ini termasuk resep yang sudah lama sekali ingin saya coba, cukup lama sudah ngendon di daftar tunggu resep saya. Saya sendiri baru sekali ini makan dorayaki, padahal sudah tahu ada kue yang namanya dorayaki sudah lama sekali, apalagi kalau bukan tahu dari film kartun terkenal doraemon.

Padahal kalau buat sendiri begini ternyata tidak sulit, tidak perlu cetakan juga, resep kue dorayaki dengan teflon. Dengan bahan sederhana, dengan waktu yang tidak lama juga dan tada...menghasilkan kue yang cocok untuk sarapan. 

Kalau dibandingkan dengan pancake memang lebih padat dorayaki rasanya, dan memang tidak berlemak rasanya, secara memang tidak menggunakan margarin/butter/minyak. Tadi sempat baca lagi resep takut salah resep, eh ternyata memang tidak pakai.

Nah resep ini saya contek dari resep dorayaki resepnya mba Beta Wicaksono dari blognya teh Ayu - momylicious. Nuhun sudah share resepnya teteh...
Dan untuk resep dorayaki ini saya plek gunakan takaran resep mba Beta tanpa modifikasi, hanya saya gunakan measuring cup saja untuk menakar bahan. Eh lupa, saya tambahkan garam sedikit..karena sebenarnya saya lupa dan tidak lihat resep lagi, ternyata resep asli tidak pakai garam, he he he...

Kalau lihat cara membuatnya mirip dengan resep martabak manis dengan teflon deh, jadi permukaan atas adonan dorayaki yang dituang di atas teflon akan bergelembung. Nah bedanya kalau memasak dorayaki ini perlu dibalik jika sudah bergelembung.

Oh iya sebelum saya coba buat sendiri dorayaki ini, saya penasaran sekali kenapa ya dorayaki itu permukaannya bisa mulus begitu, tanpa totol-totol, apa bisa ya saya buat begitu juga? dan ternyata saya bisa saudara-saudara. Dan ternyata kuncinya itu ada di cara membuatnya yang tidak membutuhkan minyak di teflonnya, memang untuk pertama kali hanya cukup mengolesi minyak tipis saja di teflon, kemudian minyaknya dilap, dengan tisu ataupun lap bersih, nah selanjutnya tidak butuh olesan minyak lagi.

Adonan yang dihasilkan cukup kental, jadi ketika dituang di teflon adonan tidak akan melebar kemana-mana. Adonan akan melebar membundar dengan bentuk yang rapi. Ukuran besar kecilnya dorayaki disesuaikan dengan selera saja.

Oh iya, di adonan dorayaki ini ada penggunaan baking soda, nah supaya adonan bisa mengembang dan tidak bantat, sebaiknya gunakan baking soda yang masih bagus. Jika tidak yakin baking soda masih bagus atau tidak bisa dites dengan cara memasukkan baking soda ke dalam air panas, jika air berbuih maka tandanya baking soda masih bagus.

Okey deh berikut resepnya ya, silakan...

Dorayaki Selai Kacang Coklat
untuk 8 buah diameter kurang lebih 10cm

Bahan :
  • 2 butir telur
  • 80 gr gula pasir
  • 1 sendok makan madu
  • 1/2 sendok teh baking soda/soda kue
  • 130 gr tepung terigu protein rendah
  • 50 ml air
  • 1/4 sendok teh garam (saya tambahkan sendiri)

Cara membuat :
  1. Campur baking soda dan tepung, aduk rata, jika perlu diayak, sisihkan
  2. Di mangkuk ukuran sedang, campur telur, madu dan gula, aduk dengan whisk hingga sedikit mengembang dan gula mulai larut (saya kocok kurang lebih selama 3 menit)
  3. Masukkan campuran tepung terigu dan baking soda, aduk dengan whisk asal rata, kemudian tambahkan air, aduk rata kembali dengan cepat, diamkan selama kurang lebih 10 menit
  4. Ketika sudah 10 menit, adonan akan kelihatan muncul gelembung udara di permukaannya, aduk kembali sebentar
  5. Panaskan teflon, olesi minyak tipis saja kemudian lap dengan tisu atau lap bersih
  6. Tuangkan adonan menggunakan sendok sayur, biarkan adonan menyebar membentuk bundar, kemudian tutup teflon, diamkan selama kurang lebih 2 menit sampai muncul gelembung udara di permukaan dorayaki dan bagian tepinya kering
  7. Balikkan dorayaki, masak sebentar saja sampai bagian bawah kecoklatan
  8. Angkat, lakukan sampai adonan habis
resep dorayaki praktis mudah
cara membuat dorayaki

Setelah semua matang, olesi satu bagian dorayaki dengan selai kesukaan atau kalau mau versi original dengan pasta kacang merah. Tutup dengan dorayaki yang lain, siap dihidangkan.

dorayaki resep mudah
dorayaki

Nah semoga resep dorayaki isi selai kacang coklat ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya.



NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. aaaaakkhhhh...keliatannya enak syekaaliiii...aku mau contek ahhh suruh simbak bikinnn...hahahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha....tetep ya..ujung2nya simbak....

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.