Resep Fluffy Buttermilk Pancake

resep fluffy buttermilk pancake
Sebenarnya tidak ada niat buat fluffy buttermilk pancake ini, tiba-tiba saja ide ini muncul, langsung deh bilang ke Sophie, yuk buat pancake. Iya..iya..Pipi mix cake..begitu katanya. Wah dia senang sekali kalau sudah diajak sibuk-sibuk di dapur. 

Kemudian bapaknya tanya Sophie, pipi mau buat apa? buat pancake katanya..he he he..duh gaya dia, serasa dia saja yang akan buat. Nah dengan tidak sabar mulai deh dia sibuk ambil bangku yang biasa dia suka pakai kalau dia ikutan sibuk di dapur. 

Sibuk saja dia, berkali-kali saya bilang sabar ya, siapkan bahan-bahan dulu, nanti Pipi yang mix ya..iya ibu..katanya dengan manis. Okeh setelah semua bahan saya siapkan baru deh bagian mengocok telur saya serahkan kepada Sophie, tentu dengan embel-embel, hati-hati jangan sampai tumpah ya, iya..begitu katanya.

Nah ketika sudah bagian mencampur semua bahan, dia hanya saya ijinkan mengaduk sebentar saja supaya dia tahu saja, secara kalau sudah semua bahan dicampur selain banyak juga bahannya, takut tumpah donk, kemudian memang tidak boleh overmix.

Karena dia ikut andil, jadi tidak sabar dia menunggu hasilnya, dan ketika matang, langsung deh potong menjadi beberapa bagian, beri dia sepotong, dia ambil dengan garpu kemudian dia pergi sibuk dengan tabletnya. Ketika habis datang lagi, tambah ibu.. enak?begitu saya tanya dia, iya enak katanya, dan memang setelah saya cicip memang rasa pancake ini sesuai dengan selera Sophie, tidak manis dan ringan lembut. 

Memang biasanya pancake ini disajikan bersama dengan madu atau pun maple sirup ya. Atau taburi dengan gula halus juga enak. Hanya karena Sophie suka yang original, makanya tanpa tambahan apa-apa lagi. Nah tadinya mau foto pancake ini dengan dikucuri madu, ai ai nanti malah saya sendiri yang makan kalau dikucuri madu. Akhirnya ya foto apa adanya saja deh.

Untuk resep kali ini saya gunakan resep dari blognya Monique - Divas Can Cook - Fluffy Homemade Buttermilk Pancake. Dengan resep ini adonan yang dihasilkan sedikit encer ya, jadi kalau mau membuat pancake dengan ukuran yang diinginkan sebaiknya gunakan teflon yang sesuai ukurannya. Nah karena teflon saya diameter 16cm, maka pancake yang dihasilkan besar-besar.

Waktu buat pancake ini serasa buat martabak manis, he he he, jadi adonan pancake benar-benar bergelembung banyak ketika dimasak, wah sudah terbayang nih lembutnya, dan benar memang lembut hasilnya.

resep buttermilk pancake mudah
buttermilk pancake

Okey deh, berikut resepnya ya, silakan...

Resep Fluffy Buttermilk Pancake
untuk 8 buah pancake diameter 15-16cm
Bahan :
  • 2 cup tepung terigu serbaguna/protein sedang/segitiga biru (saya gunakan terpung terigu protein rendah/kunci biru) 
  • 2 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh baking soda
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 2 butir telur ukuran sedang
  • 1 cup susu cair hangat
  • 1 cup buttermilk hangat
  • 1/4 cup butter, lelehkan (jika menggunakan salted butter atau margarin, kurangi garam menjadi 1/2 sendok teh)
  • 1 sendok teh vanilla ekstrak

Cara membuat :
  1. Untuk membuat buttermilk : beri perasan 1 buah jeruk nipis ke dalam 1 cup susu hangat, aduk rata, diamkan kurang lebih selama 10 menit sampai susu bergumpal
  2. Ayak tepung terigu bersama dengan baking powder dan baking soda, kemudian campur dengan garam dan gula, aduk rata
  3. Di mangkuk ukuran sedang, kocok telur hingga ringan asal rata (kocok dengan balloon whisk)
  4. Masukkan susu hangat, buttermilk hangat dan butter leleh serta vanilla, aduk rata
  5. Buat lubang di tengah adonan tepung, perlahan tuangkan campuran telur dan susu, aduk rata dengan balloon whisk, aduk asal rata, jangan overmix (adonan tidak halus benar, masih ada gumpalan-gumpalan kecil)
  6. Panaskan teflon (sesuaikan ukuran teflon dengan ukuran pancake yang dikehendaki), tuang adonan secukupnya, sampai dirasa cukup ketebalannya (saya tuangkan 3 sendok sayur ke dalam teflon ukuran 16cm)
  7. Dengan api kecil, masak hingga permukaan pancake muncul gelembung udara, dan bagian tepi sudah mulai kering dan bagian bawah sudah kecoklatan, balik pancake perlahan dan masak hingga sisi baliknya matang dan kecoklatan
  8. Angkat dan lakukan sampai adonan habis
  9. Siap disantap kala hangat, kucuri dengan madu, sirup maple ataupun taburi dengan gula halus

resep pancake
pancake buttermilk

Tertarik dengan resep pancake yang lain..silakan lihat di pancake oatmeal chocochips, pancake apel ala smitten kitchen, pancake dengan susu kedelai

Nah semoga resep fluffy buttermilk pancake ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya.




NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Di taburi topping strawberry makin sip

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mas bener2..taburi strawberry makin mantap ya mas...sayang waktu itu lagi ga ada strawberrynya...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.